Download Silabus Akidah Akhlak MTs Kelas 8 (Delapan/VIII) Semester1 dan 2 Kurikulum 2013
SILABUS PEMBELAJARAN : AKIDAH AKHLAK Silabus Akidah Akhlak MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Semester 1
Mata Pelajaran : AKIDAH AHLAK Satuan pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Kelas : VIII (delapan) Semester : Ganjil
KOMPETENSI INTI :
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
SILABUS PEMBELAJARAN Akidah Akhlak MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Semester 2
AKIDAH AKHLAK
Mata Pelajaran : AKIDAH AHLAK Satuan pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Kelas : VIII (Delapan) Semester : Genap
KOMPETENSI INTI :
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Berikut yakni tautan Download Silabus Akidah Akhlak MTs Kelas 8 (Delapan/VIII) Semester1 dan 2 Kurikulum 2013:
Berikut yakni kutipan dari Silabus Akidah Akhlak MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 tersebut:
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKAS IWAKTU | SUMBER BELAJAR |
---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
1.1. Meyakini adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah Swt | Penanaman nilai-nilai keimanan terhadap keberadaan dan kebenaran kitab-kitab Allah Swt | - Penilaian diri- Penilaian Sejawat- Observasi- Catatan Jurnal | |||
2.1. Menampilkan sikap yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah Swt | Pembimbingan dalam pembiasaanberperilaku positif yang sesuai dengan keimanan terhadap keberadaan dan kebenaran kitab Allah Swt | - Penilaian diri- Penilaian Sejawat- Observasi- Catatan Jurnal | |||
3.1. Memahami hakikat beriman kepada kitab- kitab Allah Swt | Hakikat berimankepada kitab-kitab serta suhuf-suhuf Allah Swt | Mengamati:-engamati gambar kitab-kitab Allah Swt dan ayat perihal kitab Allah SwtMenanya: | - Penugasan- Tes Tes tulis Lisan | 6 x 40 Menit | - Buku pegangansiswa mata pelajaran AkidahAkhlak kelas VII,- Buku pedoman guru matapelajaran AkidahAkhlak kelas VII, |
-elakukan tanya jawab tentang:gambar yang telah diamati-si kandungan ayat perihal kitab-kitab Allah Swt-engertian,macam, dan perbedaan antara kitab dan suhuf Allah SwtMengeksplorasi:- Membaca dari banyak sekali sumber bahan perihal kitab- kitab dan suhuf-suhuf Allah Swt- Mencari dari banyak sekali media dan fenomena kehidupan perihal sikap orang yang mengimani kitab-kitab Allah Swt dan suhuf-suhuf-NyaMengasosiasi:- Mendiskusikan secara kelompok pesan yang tersirat mengimani kitab-kitab dan suhuf-suhuf Allah Swt-embuat kesimpulan makna dalil, pengertian,macam, perbedaan, serta hikmah | - Buku EnsiklopediIslam,- Al-Quran danTafsir,- Lingkungan alam yang mendukung- Akses internet yang mendukung | ||||
4.1. Menyajikan data dari banyak sekali sumber perihal kebenaran kitab-kitab Allah Swt | beriman kepada kitab-kitabdan suhuf-suhuf Allah Swt.- Membuat kesimpulan fenomena-fenomena perihal sikap orang yang mengimani kitab-kitab dan suhuf-suhuf Allah SwtMengkomunikasikan:-enyajikan data hasil pencarian, penyimpulan, dan diskusi perihal segala hal yang berkaitan dengan kebenaran kitab-kitab dan suhuf-suhuf Allah Swt | - Produk- Unjuk kerja- Portofolio- proyek | |||
1.2. Menghayati nilai tawakal,ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai perintah syariat | Penanaman nilai-nilai tawakal,ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ahsesuai perintah syariat | - Penilaian diri- Penilaian Sejawat- Observasi- Catatan Jurnal | 6 x 40 Menit | ||
2.2. Berperilaku tawakal,ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai perintah syariat | Pembimbingan pembiasaanberperilaku tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai perintah syariat | - Penilaian diri- Penilaian Sejawat- Observasi- Catatan Jurnal | |||
3.2. Memahami pengertian,contoh, dan dampak positif sifat tawakal, ikhtiar, sabar, syukuur dan qana’ah | Akhlak terpuji padadiri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah) | Mengamati:- Mengamati gambar dan atauvideo Akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah)- Mengamati banyak sekali berbagai insiden yang berkaitan Akhlak terpuji pada dirisendiri (tawakal, ikhtiar, sabar,syukur dan qana’ah)Menanya:-elakukan tanya jawab perihal gambar dan atau video yang telah diamati yang sesuai dengan topik pembahasan Akhlak terpuji pada dirisendiri (tawakal, ikhtiar, sabar,syukur dan qana’ah)Mengeksplorasi:- Membaca banyak sekali literaturtentang Akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah)- Mengumpulkan banyak sekali macam warta dari banyak sekali macam media dan hasil pengamatan fenomena yang terjadi dalam kehidupan yang berkaitan dengan akhlakterpuji pada diri sendiri | - Penugasan- Tes Tes tulis Lisan | - Buku pegangansiswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,- Buku pedoman guru matapelajaran AkidahAkhlak kelas VII,- Buku EnsiklopediIslam,- Al-Quran danTafsir,- Lingkungan alam yang mendukung- Akses internet yang mendukung | |
4.2. Menunjukkan contoh- teladan sikap budbahasa terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah) | (tawakal, ikhtiar, sabar, syukurdan qana’ah)Mengasosiasi:- Saling mencocokkan rumusan perihal pengertian dan teladan budbahasa terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah)- Membuat kesimpulan perihal dampak positif budbahasa terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah) dalam kehidupan sehari-hariMengkomunikasikan:- Menyajikan teladan sikap budbahasa terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah) dalam kehidupan sehari-hari | - Produk- Unjuk kerja- Portofolio- Proyek | |||
1.3. Menolak perilakuananiah, putus asa,gadab, dan tamak | Penanaman keyakinan tentangkewajiban menolak sikap ananiah, putus asa, gadab, dan tamak | - Penilaian diri- Penilaian Sejawat- Observasi- Catatan Jurnal | 6 x 40 Menit | ||
2.3. Membiasakan dirimenghindari perilakuananiah, putus asa, | Pembimbingan pembiasaanmenghindari sikap ananiah, putus asa, gadab, dan tamak | - Penilaian diri- Penilaian Sejawat- Observasi- Catatan Jurnal | |||
gadab, dan tamak | |||||
3.3. Memahami pengertian,contoh, dan dampak negatif sifat ananiah, putus asa, gadab, dan tamak | Akhlak tercelapada diri sendiri (sifat ananiah, putus asa, gadab, dan tamak) | Mengamati:- Mengamati gambar dan atauvideo budbahasa tercela pada diri sendiri (sifat ananiah, putus asa, gadab, dan tamak) beserta dampaknya- Mengamati banyak sekali insiden yang berkaitan budbahasa tercela pada diri sendiri (sifatananiah, putus asa, gadab, dan tamak)Menanya:-elakukan tanya jawab perihal gambar dan atau video yang telah diamati yang sesuai dengan topik pembahasan budbahasa tercela pada diri sendiri (sifat ananiah, putus asa, gadab, dan tamak)Mengeksplorasi:- Membaca banyak sekali literaturtentang budbahasa tercela pada diri sendiri (sifat ananiah, putus asa, gadab, dan tamak)- Mengumpulkan banyak sekali macam warta dari banyak sekali macam media dan hasil | - Penugasan- Tes Tes tulis Lisan | - Buku pegangansiswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,- Buku pedoman guru matapelajaran AkidahAkhlak kelas VII,- Buku EnsiklopediIslam,- Al-Quran danTafsir,- Lingkungan alam yang mendukung- Akses internetyang mendukung | |
4.3. Mensimulasikan akhir jelek budbahasa tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak dalam kehidupan sehari-hari | pengamatan fenomena yangterjadi dalam kehidupan yang berkaitan dengan budbahasa tercela pada diri sendiri (sifatananiah, putus asa, gadab, dan tamak)Mengasosiasi:- Mencoba menemukan kekerabatan budbahasa tercela yang satu dengan yang lainnya (sifat ananiah, putus asa, gadab, dan tamak)- Membuat kesimpulan perihal dampak dampak negatif dari budbahasa tercela pada diri sendiri (sifat ananiah, putus asa, gadab, dan tamak)Mengkomunikasikan:- Mensimulasikan secara berkelompok di depan kelas akhir jelek budbahasa tercela ananiah, putus asa, gadab, dan tamak dalam kehidupan sehari- hari | - Produk- Unjuk kerja- Portofolio- Proyek | |||
1.4. Menghayati budbahasa yangbaik kepada kepada orang renta dan guru | Penanaman keyakinan tentangkewajiban menerapkan menerapkan budbahasa yang baik kepada kepada orang renta dan guru | - Penilaian diri- Penilaian Sejawat- Observasi- Catatan Jurnal | |||
2.4. Terbiasa beradab yang | Pembimbingan dalam pembiasaan | - Penilaian diri- Penilaian Sejawat- Observasi- Catatan Jurnal | |||
baik kepada orang renta danguru | menerapkan budbahasa yang baikkepada kepada orang renta dan guru | ||||
3.4. Memahami budbahasa kepadakepada orang renta dan guru4.4. Mensimulasikan budbahasa kepada orang renta dan guru | Adab kepada orangtua dan guru | Mengamati:-engamati gambar dan atau video perihal budbahasa terhadap orang renta dan guru-enyimak klarifikasi guru perihal budbahasa terhadap orang renta dan guruMenanya:-enanyakan ulang perihal budbahasa terhadap orang renta dan guru-elakukan tanya jawab terkait dengan bahan budbahasa terhadap orang renta dan guruMengeksplorasi:-enggali warta perihal terhadap orang renta dan guruMengasosiasi:-erdiskusi perihal budbahasa terhadap orang renta dan guru- Mengaitkan apa yang diperolehdan klarifikasi guru.- Menyimpulkan hasil diskusi perihal budbahasa terhadap orang tuadan guru | - Penugasan- Tes Tes tulis Lisan- Produk- Unjuk kerja- Portofolio | 6 x 40 Menit | - Buku pegangansiswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,- Buku pedoman guru matapelajaran AkidahAkhlak kelas VII,- Buku EnsiklopediIslam,- Al-Quran danTafsir,- Lingkungan alam yang mendukung- Akses internetyang mendukung |
Mengkomunikasikan:- Mensimulasikan secaraberkelompok di depan kelas budbahasa kepada orang renta dan guru | - Proyek | ||||
1.5. Menghayati kisahketeladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub | Penyadaran terhadap pentingnyakisah meneladani Nabi Yunus danNabi Ayub | - Penilaian diri- Penilaian Sejawat- Observasi- Catatan Jurnal | |||
2.5. Terbiasa meneladani kisahketeladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub | Pembimbingan pembiasaanberperilaku mencontoh NabiYunus dan Nabi Ayub | - Penilaian diri- Penilaian Sejawat- Observasi- Catatan Jurnal | |||
3.5. Menganalisis kisahketeladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub | Kisah keteladananNabi Yunus danNabi Ayub | Mengamati:- Memperhatikan tayangan kisahNabi Yunus dan Nabi AyubMenanya:-emberi umpan balik perihal kisahNabi Yunus dan Nabi AyubEksplorasi:-enggali warta perihal kisah Nabi Yunus dan Nabi Ayub dari buku sumber,majalah, internetMengasosiasikan:-endiskusikan keteladanan kisahNabi Yunus dan Nabi Ayub- Mengidentifikasi keteladanan | - Penugasan- Tes Tes tulis Lisan | 4 x 40 Menit | - Buku pegangansiswa mata pelajaran AkidahAkhlak kelas VII,- Buku pedoman guru matapelajaran AkidahAkhlak kelas VII,- Buku EnsiklopediIslam,- Al-Quran danTafsir,- Lingkungan alam yang mendukung- Akses internetyang mendukung |
4.5. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Ayub | kisah Nabi Yunus dan NabiAyub-enyimpulkan contoh-contoh kisahNabi Yunus dan Nabi Ayubdari kisah-kisah yang dibacaMengkomunikasikan:-enceritakan teladan keteladanankisah Nabi Yunus dan NabiAyub | - Produk- Unjuk kerja- Portofolio- Proyek |
Demikian goresan pena perihal
0 comments