Download Kisi-kisi Materi PLPG Tahun 2017 Bidang Studi Mata Pelajaran Bahasa Arab
Berikut yakni tautan download kisi-kisi materi PLPG tahun 2017 Bahasa Arab untuk acuan Anda:Berikut kami cuplikkan sebagian isi dari kisi-kisi bahan PLPG tersebut:
No | Kompetensi Utama | Standar Kompetensi Guru (SKG) | Indikator PencapaianKompetensi (IPK) | |
---|---|---|---|---|
Kompetensi Inti Guru(KI) | Kompetensi Guru MataPelajaran (KD) | |||
A | B | C | D | E |
1 | Pedagogik | 1. Menguasai karakteristik akseptor didik dari aspek fisik,moral, spiritual,sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristik akseptor didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | 1.1.3 Mengidentifikasikan karakteristik perkembangan sosial- emosional akseptor didik. |
Pedagogik | 1. Menguasai karakteristik akseptor didik dari aspek fisik,moral, spiritual,sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.4 Mengidentifikasi kesulitan berguru akseptor didik dalam mata pelajaran yang diampu | 1.4.2 Menganalisiskesulitan berguru yang dialami oleh akseptor didik | |
Pedagogik | 2. Menguasai teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | 2.2. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. | 2.2.4 Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik dalam pembelajaran bahasa. | |
Pedagogik | 3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. | 3.3 Menentukan pengalaman berguru yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. | 3.3.2 Menjelaskan langkah- langkah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran | |
Pedagogik | 3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu. | 3.4 Memilih bahan pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman berguru dan tujuan pembelajaran. | 3.4.2 Menentukan bahan pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD | |
Pedagogik | 4.Menyelenggaraka n pembelajaran yang mendidik. | 4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | 4.3.1 Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | |
Pedagogik | 4.Menyelenggaraka n pembelajaran yang mendidik. | 4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. | 4.4.1 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. | |
Pedagogik | 4.Menyelenggaraka n pembelajaran yang mendidik. | 4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber berguru yang relevan dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secarautuh. | 4.5.2 Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber berguru yang relevan dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapaitujuan pembelajaransecara utuh. | |
Pedagogik | 5. Memanfaatkan teknologi gosip dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik. | 5.1 Memanfaatkan teknologi gosip dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik | 5.1.4 Memanfaatkan TIKdalam pembelajaran | |
Pedagogik | 6. Memfasilitasi pengembangan potensi akseptor didik untuk mengaktualisasik an banyak sekali potensi yang dimiliki. | 6.1. Menyediakan banyak sekali kegiatan pembelajaran untuk mendorong akseptor didik mencapai prestasi secara optimal. | 6.1.3. Menentukan model pembelajaran untuk mendorong akseptor didik mencapai prestasi optimal | |
Pedagogik | 7. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan akseptor didik. | 7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan akseptor didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari: | 7.2.3 Melakukan komunikasi secara efektif | |
Pedagogik | 8.Menyelenggaraka n penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil berguru yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristikmata pelajaran yangdiampu. | 8.2.4 Mengidentifikasi aspek penilaianketerampilan | |
Pedagogik | 8.Menyelenggaraka n penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.4.3 Menyusun instrumen penilaian proses dan hasil belajar | |
Pedagogik | 8.Menyelenggaraka n penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.7 Melakukan penilaian proses dan hasil belajar. | 8.7.1 Menentukan pencapaian kompetensi | |
Pedagogik | 9. Memanfaatkan hasil penilaian | 9.1 Menggunakan gosip hasil penilaian dan | 9.1.2 Menganalisis ketercapaian KKM | |
dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran. | evaluasi untuk memilih ketuntasan belajar | |||
Pedagogik | 9. Memanfaatkan hasil penilaian dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran. | 9.2 Menggunakan gosip hasil penilaian dan penilaian untuk merancang kegiatan remedial dan pengayaan. | 9.2.1 Merancang kegiatan remedial menurut hasil penilaian | |
Pedagogik | 10. Melakukan tindakan reflektif untukpeningkatan kualitas pembelajaran. | 10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | 10.1.5 Menjelaskan tingkat ketercapaian hasil pembelajaran | |
Pedagogik | 10. Melakukan tindakan reflektif untukpeningkatan kualitas pembelajaran. | 10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. | 10.3.3 Membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | |
Pedagogik | 10. Melakukan tindakan reflektif untukpeningkatankualitas pembelajaran. | 10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. | 10.3.3 Membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan . | |
Pedagogik | 10. Melakukan tindakan reflektif untukpeningkatan kualitas pembelajaran. | 10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. | 10.3.7 Menyusun LaporanPTK. | |
Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | 20.1. Memiliki pengetahuan perihal banyak sekali aspek kebahasaan dalam bahasa Arab (linguistik, wacana, sosiolinguistik, dan strategis). | 20.1.1. Mengidentifikasi unsur kebahasaan dan budaya yang terdapat dalam teks bahasa Arab dan/atau karya sastra sederhana | |
Profesional | 20.2. Menguasai bahasa Arab verbal dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik, dan strategis). | 20.2.1. Menggunakan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan),memperkenalkan diri(ta’âruf), mengucapkan terimakasih (taqdim al-syukr), meminta maaf (al-isti’fa), dan berpamitan (wadâ’an), dengan |
Demikian goresan pena tentang:
0 comments