Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran

2/22/2019
Dalam istilah pendidikan, dikenal beberapa istilah yang terkait dengan pembelajaran. Istilah-istilah tersebut antara lain: pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Sekilas, enam istilah tersebut ibarat mempunyai makna yang sama. Padahal, apabila dikaji lebih lanjut, mempunyai maksud dan tujuan berbeda. Apa perbedaan antara pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran?, silakan simak pengertiannya masing-masing.

Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran
 dikenal beberapa istilah yang terkait dengan pembelajaran Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran
1. Pengertian Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran merupakan suatu sudut pandang terhadap proses pembelajaran. Sudut pandang ini bisa merujuk pada proses terjadinya suatu insiden umum yang sanggup mewadahi, mengispirasi, menguatkan, serta melatari metode pembelajaran memakai cakupan teoritis tertentu.

Dilihat dari pendekatannya, sistem pembelajaran dibagi menjadi dua, yaitu:
a. Pendekatan yang berorientasi pada siswa (student centered approach).
b. Pendekatan yang berorientasi pada guru (student centered approach).

2. Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran sanggup diartikan sebagai sebuah upaya yang dilakukan oleh pendidik biar siswa sanggup mencapai tujuan dari konsep pembelajaran dan pendidikan yang dibentuk. Strategi pembelajaran sanggup berupa penggunaan metode dan pendekatan sistem belajar. Hal ini dikarenakan taktik pembelajan masih bersifat konseptual.

Untuk tetapkan taktik pembelajaran, ada 4 unsur yang perlu dilakukan, seperti:

a. Mengidentifikasi serta mengkualifikasi sasaran, hasil, dan tujuan dari pembelajaran dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat.

b. Mempertimbangkan kemudian menentukan jalan pendekatan yang paling dasar atau utama guna mencapai target dengan efektif.

c. Mempertimbangkan kemudian tetapkan langkah-langkah yang akan dipakai dari titik awal hingga mencapai sasaran.

d. Mempertimbangkan kemudian tetapkan kriteria (tolok ukur) dan standar (patokan) yang dipakai untuk mengukur tingkat keberhasilan dari siswa.

3. Pengertian Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yaitu cara yang dipakai untuk mengimplementasikan taktik pembelajaran yang telah dibuat biar tujuan pembelajaran sanggup tercapai dengan efektif.

Beberapa rujukan metode pembelajaran yang paling sering dipakai pada sistem pembelajaran di Indonesia, yaitu:

a. Metode Ceramah
Metode yang memakai klarifikasi bahan secara verbal oleh pengajar.

b. Metode Demonstrasi
Metode yang memakai penyajian peragaan dari bahan yang diajarkan.

c. Metode Diskusi
Metode yang menghadapkan siswa pada suatu situasi duduk kasus biar sanggup mencari solusinya sendiri.

d. Metode Simulasi
Metode yang menyajikan situasi tiruan biar siswa sanggup memahami konsep dan bahan yang disampaikan dengan proses simulasi.

e. Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab bisa dilakukan dengan multi-cara, seperti: tanya jawab guru dengan siswa dan tanya jawab siswa dengan siswa.

4. Pengertian Teknik Pembelajaran
Teknik pembelajaran didefinisikan sebagai cara yang dilakukan untuk mengimplemantasikan metode pembelajaran secara spesifik. Teknik yang dipakai pada setiap metode pembelajaran tentunya berbeda. Misalnya, untuk memakai metode ceramah diharapkan teknik khusus ibarat bunyi yang lantang dan penyusunan bahasa yang baik.

Contoh lain, untuk metode diskusi diharapkan teknik khusus biar topik diskusi menarik, tidak meluas hingga keluar dari topik, serta tidak menimbulkan kontroversi ketika jajak pendapat.

5. Pengertian Taktik Pembelajaran
Pengertian taktik pembelajaran ialah sebuah gaya atau ciri khas dari seorang individu dalam melakukan metode dan teknik pembelajaran. Karena taktik erat kaitannya dengan karakter, maka taktik pengajar satu dengan pengajar lain akan berbeda.

Misalnya, dalam penggunaan metode ceramah terdapat dua pengajar yang mempunyai abjad dan taktik berbeda. Pengajar satu yaitu tipe humoris yang sering menyelipkan humor di tengah klarifikasi bahan biar siswa tidak bosan. Sedangkan, pengajar dua bukanlah tipe humoris namun mempunyai kemampuan pada bidang IT. Jadi, pada ketika menjelaskan materi, pengajar dua akan menarik perhatian siswa dengan keberadaan media elektronik yang digunakan.

6. Pengertian Model Pembelajaran
Model pembelajaran merupakan sistem pembelajaran yang terbentuk dari awal hinggal simpulan kemudian disajikan oleh pengajar di dalam kelas. Model pembelajaran sanggup dikelompokkan menjadi 4, yaitu:

a. Model interaksi sosial
b. Model pengolahan informasi
c. Model personal-humanistik
d. Model modifikasi tingkah laku

0 comments