Petunjuk Teknis (Juknis) Evaluasi Hasil Mencar Ilmu Pada Mi Mts

8/28/2019

Penilaian merupakan salah satu potongan penting dalam pengelolaan pendidikan untuk mendapat isu perkembangan akseptor didik serta pencapaian standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan. Penilaian oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan berguru akseptor didik serta untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Pola evaluasi yang bermutu dibutuhkan sanggup menjadi pemandu pada proses pembelajaran sesuai tuntutan penilaian. Penilaian dengan soal HOTS akan memandu proses pembelajaran dengan memakai strategi, metode dan teknik pembelajaran yang HOTS juga. Dengan demikian evaluasi bukan hanya untuk mengetahui kuman berguru tapi juga memperbaiki mutu proses pembelajaran.

Penilaian oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan dan/atau salah satu penentu kelulusan akseptor didik. Penilaian oleh pemerintah dan/atau forum berdikari bertujuan untuk pemetaan dan penjaminan mutu pendidikan di suatu satuan pendidikan.

Dengan diterbitkan Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar ini, dibutuhkan menjadi salah satu panduan bagi pendidik, satuan pendidikan dan seluruh stakeholder madrasah dalam melakukan evaluasi hasil berguru di madrasah. Dan dalam panduan ini juga terdapat beberapa teladan format evaluasi sebagai berikut:

  1. Contoh Rekap nilai Pengetahuan dan Keterampilan
  2. Contoh Interpretasi Hasil Analisis
  3. Contoh hasil rekap evaluasi tematik
  4. Contoh penulisan Kompetensi perilaku pada raport
  5. Contoh perilaku KI-1 dan indikatornya
  6. Contoh perilaku KI-2 dan indikatornya
  7. Contoh Penilaian Produk
  8. Contoh Penilaian Proyek
  9. Contoh Tes Praktik Menghafal surah Al Kautsar
  10. Contoh soal bentuk uraian
  11. Contoh Soal Pilihan Ganda
  12. Contoh Penilaian Antar Teman
  13. Contoh Lembar Penilaian Diri memakai daftar cek (checklist) Pada acara kelompok
  14. Contoh Jurnal Penilaian Sikap Sosial
  15. Contoh Jurnal Penilaian Sikap Spiritual
  16. Contoh format dan pengisian jurnal guru mata pelajaran

Download Petunjuk Teknis (Juknis) Penilaian Hasil Belajar Pada MI MTs

Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Juknis Penilaian MI
Juknis Penilaian MTs

Penilaian otentik (authentic assessment) ialah proses pengumpulan dan pengolahan isu untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik, yang dilakukan secara komprehensif yang mencakup ranah perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan dan keterampilan.

Penilaian otentik mempunyai relevansi berpengaruh terhadap pendekatan ilmiah (scientific approach), sebab evaluasi ini bisa menggambarkan peningkatan berguru akseptor didik, baik dalam rangka mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan.

Penilaian otentik merupakan pendekatan dan instrumen evaluasi yang menunjukkan kesempatan luas kepada akseptor didik untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang sudah dimilikinya dalam bentuk tugas-tugas: membaca dan meringkas, eksperimen, mengamati, survei, project, makalah, menciptakan multi media, menciptakan karangan dan diskusi kelas.

Hasil evaluasi otentik sanggup dipakai oleh pendidik untuk merencanakan agenda perbaikan (remedial), pengayaan (enrichment), atau pelayanan konseling. Selain itu, hasil evaluasi otentik sanggup dipakai sebagai materi untuk memperbaiki proses pembelajaran yang memenuhi standar evaluasi pendidikan.

Hasil evaluasi pengetahuan dan keterampilan dianalisis untuk memperoleh isu ihwal pencapaian kompetensi akseptor didik. Hasil analisis dipakai untuk mengidentifikasi akseptor didik yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) KD mata/muatan pelajaran. Bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM KD, pendidik hams menindaklanjuti dengan remedial, sedangkan bagi akseptor didik yang telah mencapai KKM KD, pendidik sanggup menunjukkan pengayaan.

Sumber: Dirjen Pendis Kemenag

0 comments