Panduan Sispena Paud 2019 Penilaian Diri Sekolah Prasyarat Akreditasi

8/24/2019

Panduan SisPenA PAUD 2019 Evaluasi Diri Sekolah Prasyarat Akreditasi - Tutorial ini diperlukan sanggup menawarkan pemahaman kepada Lembaga untuk memakai Aplikasi Sispena 2.0 (Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF) dengan baik. Sispena 2.0 PAUD dan PNF yakni aplikasi evaluasi pengakuan yang berbasis web. Aplikasi ini sanggup diakses dimana saja dan kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Lembaga juga harus mempunyai NPSN dan mengisi data Dapodik.

Adapun langkah-langkah untuk mengakses atau memakai aplikasi Sispena 2.0 yaitu:

  1. Membuka browser dan ketikkan URL banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena, maka akan muncul halaman login menyerupai terlihat di bawah ini.
  2. Selanjutnya masukkan username (NPSN) dan password yang dimiliki. Untuk password yang telah tersedia (default) yakni NPSN. Setelah input NPSN pada kolom user dan password, maka ketik "karakter" CAPTCHA pada kolom yang sudah disediakan, kemudian klik tombol SIGN IN.
  3. Apabila berhasil login, maka sistem akan pribadi menampilkan jendela Dahsboard Data Profile satuan pendidikan.
  4. Untuk Logout dari aplikasi Sispena 2.0 klik tombol POWER
  5. Untuk mengubah password klik tombol gerigi maka akan muncul sajian ubah password.
  6. Untuk isian identitas sebagian besar hanya berbentuk view sebab data sudah diambil dari Dapodik. Jika ada data yang tidak sesuai atau belum lengkap, maka forum sanggup melaksanakan pemutakhiran data di Dapodik.
  7. Pada Sispena 2.0 satuan pendidikan/asesi sanggup melengkapi Evaluasi Diri Satuan (EDS) yang sudah disediakan pada sajian disebelah kiri. Adapun sub sajian yang disediakan yakni Dashboard, Persyaratan, EDS, dan Feedback.
  8. Pengisian EDS-PA. Demi kelancaran dalam melaksanakan pengisian EDS-PA, maka setiap satuan pendidikan terlebih dahulu harus membaca Petunjuk Pengisian yang telah disediakan. Bagi satuan PKBM akan menampilkan daftar aktivitas yang terdata di Dapodik, Periksa data yang terunduh dari Dapodik tersebut. Apabila tidak sesuai dengan data di lapangan, maka lakukan pemutakhiran data di Dapodik sesuai perkembangan ketika ini.
  9. Berikan checklist untuk tiap pilihan yang disediakan pada masing-masing butir pertanyaan di 8 SNP, kemudian unggah file dokumen yang dimiliki dengan cara klik tombol Browse...
  10. Untuk dokumen yang berhasil terunggah, maka akan menampilakan kotak . Untuk melihat dokumen yang telah diunggah, maka klik kotak dan dokumen akan ditampilkan di tab yang berbeda.
  11. Terdapat pertanyaan dengan beberapa pilihan jawaban. Pilihlah balasan yang sesuai dengan kondisi di satuan pendidikan kemudian unggah dokumen yang dimiliki.
  12. Pada Standar 4 (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) sistem secara otomatis menampilkan daftar nama pendidik serta tenaga kependidikan sesuai yang terdata di Dapodik. Karena itu, lakukan proses unggah dokumen untuk seluruh pendidik dan tenaga kependidikan.
  13. Terdapat beberapa pertanyaan yang wajib diisi secara pribadi ke sistem kemudian unggah dokumen yang dimiliki
  14. Lakukan langkah 9 s.d 13 untuk seluruh butir pertanyaan di setiap Standar hingga dengan Standar 8.
  15. Proses pengisian EDS-PA selesai dilakukan.
  16. Satuan Pendidikan sanggup melihat Hasil Penilaian EDS-PA pada sajian Hasil Penilaian EDSPA, Termasuk apakah EDS-PA sudah dicek kebenaran serta kesesuaian datanya melalui Tahapan Klasifikasi Penilaian Akreditasi oleh Sekretariat BAN PAUD dan PNF Provinsi.
  17. Jika seluruh dokumen dinyatakan lengkap dan sesuai, maka akan dilanjutkan ke tahap Visitasi.

Download Panduan EDS PA PAUD 2019


Poin-poin diatas hanya citra saja, untuk lebih terang dan komplit sebaiknya anda download filenya pada link berikut ini:
Download

Demikian file yang sanggup saya bagikan agar sanggup membantu pra pelaksanaan pengakuan PAUD 2019.

0 comments