Panduan Operasional Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Mi

8/24/2019

Pada pendidikan sekolah dasar (SD/MI) bimbingan dan konseling sangat diharapkan untuk membantu tercapainya perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir penerima didik. Sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 111 tahun 2014 perihal Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peserta didik sekolah dasar berada pada usia emas perkembangan dan merupakan masa membangun pengalaman berguru awal yang bermakna. Pada usia ini penerima didik berada pada masa peka dalam menyebarkan seluruh potensi dan kecerdasan otak mencapai 80%.

Guru bimbingan dan konseling atau konselor dan guru kelas/mata pelajaran mempunyai tugas penting untuk memperlihatkan ransangan yang sempurna sehingga sel-sel otak berkembang dan berfungsi secara optimal untuk mendukung kematangan semua aspek perkembangan.

Perkembangan yang optimal pada usia di SD menjadi fondasi yang berpengaruh bagi perkembangan pada tahap-tahap berikutnya. Pengalaman berguru awal yang menyenangkan dan bermakna bagi anak mendorong anak untuk memahami fungsi berguru bagi dirinya dan memotivasi untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Pada dikala ini penerima didik hidup dalam masyarakat semakin heterogen, teknologi semakin canggih, dan kesempatan berkembang semakin luas. Peserta didik menghadapi tantangan-tantangan yang unik dan bervariasi, yang berdampak pada perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir.

Untuk membantu penerima didik menjadi generasi penerus yang siap menghadapi kondisi tersebut, diharapkan pemberian orangtua, guru, guru bimbingan dan konseling atau konselor, serta orang-orang remaja lain di sekitarnya.

Masa sekolah di SD merupakan waktu yang baik bagi penerima didik untuk menyebarkan konsep diri dan perasaan bisa serta percaya diri sebagai pembelajar.

Peserta didik mulai menyebarkan keterampilan mengambil keputusan, berkomunikasi, dan keterampilan hidup. Di samping itu, penerima didik juga menyebarkan dan menguasai perilaku yang sempurna terhadap sekolah, diri sendiri, teman sebaya, kelompok sosial, dan keluarga.

Lampiran teladan format manajemen bimbingan dan konseling SD MI


  1. Contoh Data yang Dikumpulan dalam Perencanaan Program
  2. Contoh Tabulasi dan Analisis Data Permasalahan Siswa
  3. Contoh Kebutuhan Sarana dan Prasarana Program Bimbingan dan Konseling
  4. Contoh Rumusan Kebutuhan Peserta Didik dalam Bentuk Perilaku
  5. Contoh Rumusan Tujuan
  6. Contoh Rencana Operasional Bimbingan dan Konseling
  7. Contoh Jadwal Kegiatan Bim bingan dan Konseling
  8. Contoh Rincian Anggaran Bimbingan dan Konseling
  9. Contoh Program Semester
  10. Contoh Format RPL Konseling Individual
  11. Contoh Format Laporan Konseling Individual
  12. Contoh Format Kepuasan Konseling Individual
  13. Contoh Format RPL Konseling Kelompok
  14. Contoh Format Laporan Konseling Kelompok
  15. Contoh Format Kepuasaan Konseling Kelompok
  16. Contoh Format RPL Bimbingan Kelompok
  17. Contoh Format Laporan Bimbingan Kelompok
  18. Contoh Format RPL Bimbingan Klasikal
  19. Contoh Format Laporan Bimbingan Klasikal
  20. Contoh Format Bimbingan Kelas Besar / Lintas Kelas
  21. Contoh Format Laporan Bimbingan Kelas Besar / Lintas kelas
  22. Contoh Format Laporan Konsultasi
  23. Contoh Format Laporan Kolaborasi
  24. Contoh Format Alih Tangan Kasus
  25. Contoh Format Laporan Alih Tangan Kasus
  26. Contoh Format Laporan Kunjungan Rumah
  27. Contoh Format Laporan Advokasi
  28. Contoh Format Laporan Konferensi Kasus
  29. Contoh Format L aporan Kegiatan T ambahan
  30. Contoh Format Laporan Pengembangan Keprofesionalan
  31. Contoh Format Laporan Karya Ilmiah dan Inovatif
  32. Contoh Laporan Keikutsertaan dalam Organisasi Profesi
  33. Contoh Angket Evaluasi Hasil Layanan Bimbingan dan Konseling Klasikal
  34. Contoh Instrumen Observasi terhadap Proses Layanan Bimbingan dan Konseling
  35. Contoh Skala Asesmen Layanan BK berdasarkan Siswa
  36. Contoh Skala Kepuasan Orangtua
  37. Contoh Skala Kepuasan Guru dan Kepala Sekolah
  38. Contoh Rangkuman Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling
  39. Contoh Sistematika Laporan Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling
  40. Jurnal Harian Kegiatan Bimbingan dan Konseling
  41. Contoh Equivalensi Kegiatan Bimbingan dan Konseling dengan Jam Kerja

Download Panduan Operasional Penyelenggaraan BK Untuk SD MI


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Download

Demikian yang bisa saya sampaikan, atas segala kekurangan mohon maaf ya. Semoga apa yang saya bagikan bisa memperlihatkan manfaat untuk perkembangan penerima didik kita semua. Amin...

0 comments