Contoh Pemetaan Kd Dan Indikator Ra Kelompok A Dan B

8/22/2019

Contoh Pemetaan KD dan Indikator RA Kelompok A dan B - Alhamdulillah hasilnya bisa update postingan meski pikiran masih agak galau. Postingan kali ini saya akan membagikan file perihal pemetaan kompetensi dasar (KD) dan indikatornya untuk RA kelompok A dan B, format word / doc.

Kompetensi dasar merupakan pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh akseptor didik yang memperlihatkan bahwa akseptor didik tersebut sudah menguasai dan memahami standar kompetensi yang telah ditentukan (kompetensi dasar merupakan pembagian terstruktur mengenai dari standar kompetensi).

Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan sikap yang sanggup diukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik akseptor didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi tempat dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau sanggup diobservasi.

baca juga:
Indikator pencapaian perkembangan anak usia 0-6 tahun
Standar pencapaian perkembangan anak PAUD Taman Kanak-kanak RA

KI-1 : SIKAP SPIRITUAL
Menerima Ajaran agama yang dianutnya

KI-2 -: SIKAP SOSIAL EMOSI; Memiliki sikap hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, bisa bekerja sama, bisa menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman.

KI.3 : PENGETAHUAN; Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghirup, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui acara bermain.

KI.4. KETERAMPILAN; Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan sikap anak berakhlak mulia.

KOMPETENS DASAR (KD)
Tingkat Kemampuan Dalam Konteks Muatan Pembelajaran, Tema Pembelajaran, dan Pengalaman Belajar yang Mengacu pada Kompetensi Inti. Terdiri atas : KD Sikap Spiritual, KD Sikap Sosial, KD Pengetahuan, KD Keterampilan.

  • 1.1 (nilai agama dan moral)
  • 1.2 (nilai agama dan moral)
  • 2.1 (fisik motorik)
  • 2.2 (kognitif)
  • 2.3 (kognitif)
  • 2.4 (seni)
  • 2.5 (sosial emosional)
  • 2.6 (sosial emosional)
  • 2.7 (sosial emosional)
  • 2.8 (sosial emosional)
  • 2.9 (sosial emosional)
  • 2.10 (sosial emosional)
  • 2.11 (sosial emosional)
  • 2.12 (sosial emosional)
  • 2.13 (nilai agama dan moral)
  • 2.14 (bahasa)
  • 3.1 – 4.1 (nilai agama dan moral)
  • 3.2 – 4.2 (nilai agama dan moral)
  • 3.3 – 4.3 (fisik motorik)
  • 3.4 – 4.4 (fisik motorik)
  • 3.5 – 4.5 (kognitif)
  • 3.6 – 4.6 (kognitif)
  • 3.7 – 4.7 (kognitif)
  • 3.8 – 4.8 (kognitif)
  • 3.9 – 4.9 (kognitif)
  • 3.10 – 4.10 (bahasa)
  • 3.11 – 4.11 (bahasa)
  • 3.12 – 4.12 (bahasa)
  • 3.13 – 4.13 (sosial emosional)
  • 3.14 – 4.14 (sosial emosional)
  • 3.15 – 4.15 (seni)

Nah, disini saya membuatkan file teladan KD dan indikator untuk Raudlatul Athfal (RA), sedangkan untuk Taman Kanak-kanak dan PAUD bisa menyesuaikan. Namun dalam hal ini bisa disusun berdasarkan kebutuhan forum masing-masing selama tidak memakai kurikulum yang ditetapkan oleh kementerian pendidikan.

Download Contoh Pemetaan KD dan Indikator RA Kelompok A dan B


Supaya tidak terlalu bertele-tele, silahkan anda download pada link berikut ini:
Pemetaan KD dan Indikator A
Pemetaan KD dan Indikator B

Cukup sekian dari saya perihal Contoh Pemetaan KD dan Indikator RA Kelompok A dan B, agar bisa memperlihatkan manfaat untuk Lembaga Pendidikan Raudlatul Athfal. Amin...

0 comments