Halo Pelanggan Rajasoal.com- Soal USBN Sosiologi SMA/MA Terbaru
Salah satu persiapan dalam menghadapi ujian, menyerupai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)/Ujian Sekolah (US) yang perlu ditempuh ialah mempelajari dan berlatih mengerjakan soal-soal ujian, baik yang disediakan oleh sekolah atau download di internet. Salah satu mata pelajaran yang akan di USBN-kan atau di US-kan adalan Sosiologi. Oleh alasannya itu, saya mencoba memposting info perihal Soal USBN Sosiologi SMA/MA terbaru.
Soal USBN Sosiologi SMA/MA sanggup didownload pribadi pada link yang tersedia. Namun soal ini hanya sebagai materi latihan dan pendalaman materi guna mempersiapkan USBN SMA/MA. Soal-soal ini tidak merepresentasikan soal-soal USBN tahun sekarang. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bentuk-bentuk Soal USBN Sosiologi SMA/MA sanggup saja menyerupai dengan soal USBN yang akan datang.
Berikut pola Soal USBN Sosiologi SMA/MA sanggup kau baca dan pelajari. Soal-soal ini sebagain sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan dan sebagian lagi belum dilengkapi dengan kunci jawabannya sehingga kau harus mencari tanggapan sendiri dengan bersumber pada tumpuan yang valid.
1. Perhatikan beberapa pernyataan berikut :
(1) Meningkatnya korban kecelakaan kemudian lintas di jalan tol.
(2) Globalisasi memicu sikap hedonisme dan konsumerisme.
(3) Minimnya budaya bahu-membahu dan semangat kekeluargaan di kota.
(4) Konflik sosial akhir perbedaan budaya di masyarakat majemuk.
(5) Pemanfaatan potensi alam dengan memakai teknologi tepat guna.
Dari pernyataan di atas, yang merupakan obyek kajian sosiologi ialah nomor ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
2. Pemerintah akan melaksanakan pemberdayaan masyarakat nelayan di pesisir pantai kawasan X supaya kesejahteraannya meningkat. Sebelum merencanakan aktivitas tersebut, pemerintah meminta pinjaman untuk menyediakan data-data mengenai permasalahan dan kebutuhan nelayan di kawasan X.
Berdasarkan deskripsi tersebut, fungsi kajian sosiologi ialah ….
A. merencanakan aktivitas pembangunan
B. mengevaluasi aktivitas pembangunan
C. menjadi dasar pembuatan keputusan
D. memecahkan permasalahan sosial
E. menjadi sarana penelitian social
3. Ibu menasehati adik supaya ikut membawa alat-alat untuk memasak ke sekolah menyerupai teman sekelompoknya. Pada mulanya adik keberatan alasannya menganggap merepotkan bila harus membawa kompor ke sekolah, walau kesannya ia menuruti nasehat ibu. Ilustrasi tersebut menjelaskan fungsi nilai sebagai ....
A. pemaksa individu dalam berperilaku
B. pembentuk solidaritas dalam kelompok
C. pemberi hukuman pada sikap menyimpang
D. pengatur cara berpikir individu untuk hidup
E. penerjemah dalam pelaksanaan norma sosial
4. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Sebagai tempat sosialisasi paling dini.
(2) Merupakan sarana transmisi ilmu dan teknologi.
(3) Sebagai pembentukan kepribadian individu.
(4) Menanamkan nilai-nilai dasar kehidupan.
(5) Sebagai wadah aktualisasi diri di luar keluarga.
Dari pernyataan di atas, yang merupakan penerapan dari tujuan media sosialisasi primer ialah nomor ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
5. Kedua orang bau tanah Bimo ialah pebisnis yang sibuk. Tidak jarang kedua orang tuanya harus keluar kota untuk mengurus bisnis mereka. Akhirnya Bimo menjadi kurang kasih sayang dan terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba.
Dari deskripsi di atas, memperlihatkan hubungan antara proses sosialisasi dengan ….
A. dasar pembentukan kepribadian seorang individu.
B. penyimpangan sosial yang positif.
C. penanaman nilai-norma sosial.
D. peresapan nilai norma yang tidak sempurna.
E. peresapan nilai-nilai budaya menyimpang.
6. Orang bau tanah selalu mengajak anaknya untuk berkunjung ke rumah kerabatnya terutama ketika hari raya Idul Fitri. Orang bau tanah berkeinginan supaya anaknya tetap menyambung silaturahmi dan terus mengenal para kerabat. Tujuan sosialisasi dalam hal ini ialah ....
A. memperoleh peluang dibantu kerabat dalam hidupnya
B. mendapat uang saku yang banyak ketika berkunjung
C. mengetahui status keluarga di antara para kerabat luas
D. membanggakan keberhasilan keluarga kepada kerabat
E. menyebarkan nilai afeksi anak pada kerabat keluarga
7. Seorang siswa melaksanakan proses penelitian sosial dengan cara mengamati fenomena di lapangan, mencari pola dari objek yang diamati kemudian menyusun kesimpulan perihal kondisi yang terjadi. Dilihat dari langkah-langkahnya jenis penelitian ini adalah...
A. penelitian kuantitatif
B. penelitian kualitatif
C. penelitan eksperimen
D. penelitian survei
E. penelitian deskriptif
Baca Juga : Soal USBN KWU SMK/MAK Terbaru
8. Guru memperlihatkan ulangan bagi siswa-siswa di kelas untuk mengukur ketercapaian belajarnya. Dari hasil ulangan sanggup dikelompokkan siswa yang sangat pandai, pandai, dan kurang pandai. Panji yang tadinya tergolong kelompok bawah dengan ketekunan belajarnya kini menjadi peringkat ketiga di kelas. Sifat stratifikasi menyerupai ilustrasi memperlihatkan bahwa ....
A. terjadi pembagian tiga kelompok secara berjenjang
B. tingkat keberhasilan berguru siswa bersifat dinamis
C. seorang siswa mustahil turun hasil belajarnya
D. juara kelas selalu siswa yang paling dekat dengan guru
E. perubahan strata tergantung kevalidan alat ukurnya
9. Maraknya penggunaan handphoneAndroid(HP) di masyarakat mendorng peneliti melaksanakan penelitian perihal makna HP bagi sampaumur dengan obyek kajian penerima didik Sekolah Menengah Atas. Rumusan duduk kasus yang tepat dalam penelitian ini adalah....
A. Seberapa banyak siswa Sekolah Menengan Atas yang memakai handphone ?
B. Bagaimana cara memakai handphone yang benar ?
C. Mengapa sampaumur banyak memakai handphone ?
D. Apa makna handphone bagi siswa Sekolah Menengan Atas ?
E. Siapa sajakah yang memakai handphone dengan benar ?
10. Beberapa bab dari laporan penelitian
(1) Bab pendahuluan
(2) Kesimpulan dan saran
(3) Landasan teori
(4) Penyajian dan pengolahan data
(5) Metodologi penelitian
Sistematikan yang benar dari isi laporan penelitian ialah ....
A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
B. 1 – 3 – 5 – 4 – 2
C. 2 – 3 – 4 – 5 – 1
D. 2 – 4 – 3 – 1 – 5
E. 3 – 4 – 2 – 1 – 5
11. Sekolah termasuk ke dalam organisasi/kelompok formal yang anggotanya terdiri dari penerima didik, guru, dan karyawan. Dalam menyelenggarakan kegiatannya, sekolah mengacu pada kurikulum yang berlaku nasional sehingga pesan negara sanggup tersampaikan kepada penerima didik. Peran sekolah sebagai kelompok sosial formal ialah ….
A. mendidik putra bangsa supaya mempunyai wawasaan global sesuai kebutuhan zaman
B. menanamkan pemahaman ideologi bangsa dan kesadaran berbangsa/bernegara
C. menyiapkan generasi penerus yang kreatif dan inovatif di bidang teknologi
D. mengenalkan lagu-lagu patriotisme kepada putra-putra terbaik bangsa
E. menyebabkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan sehat jiwa raga
12. Perhatikan beberapa contoh konflik berikut!
(1) Konflik antarwarga alasannya kesalahpahaman
(2) Konflik antarsiswa alasannya egoisme pribadi
(3) Konflik antaretnik alasannya perbedaan budaya
Penyelesaian konflik dengan cara mediasi sanggup diterapkan pada pola di atas alasannya pihak ….
A. ketiga memperlihatkan keputusan yang mengikat pada pihak yang berkonflik
B. ketiga sanggup memperlihatkan saran perdamaian kepada pihak yang berkonflik
C. berkonflik meminta pinjaman pengadilan untuk menuntaskan konflik
D. yang berpengaruh mendominasi pihak yang lemah untuk terpaksa menyerah
E. berkonflik dipertemukan oleh pihak ketiga untuk segera berdamai
13. Perhatikan pola kelompok sosial di bawahini !
(1) Ikatan advokat indonesia
(2) Keluarga besar bani Hasyim
(3) Ikatan guru indonesia
(4) Rukun Warga (RW)
(5) Paguyuban Sepeda Kuno
Yang tergolong bentuk kelompok sosial gemeinschaft ditunjukkan nomor ialah ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
14. Perhatikan pernyataan berikut
(1) Adanya pergolakan kawasan untuk memisahkan diri dari NKRI
(2) Adanya gubug liar di sekiat bantaran sungai di kawasan perkotaan
(3) Tawuran pelajar antar sekolah yang menjadi tren di kota besar
(4) Maraknya kajian keagamaan di kampus-kampus
(5) Minimnya pemakaian kompor gas LPG di pedesaan.
Berdasarkan pernyataan diatas, Yang tergolong duduk kasus sosial ditunjukkan nomor ...
A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 4
C. 1,2 dan 5
D. 1,3 dan 5
E. 1,4 dan 5
15. Pasangan suami istri yang berasal dari suku bangsa yang berbeda, lambat laun saling mengenal budaya baru. Keluarga dari pasangan suami istri tersebut menjadi lebih erat dan saling mengenal kebudayaan diluar kelompoknya. Faktor pendorong integrasi sosial berdasarkan ilustrasi tersebut adalah.....
A. adanya amalgamasi
B. mobilitas sosial
C. homogenitas
D. heterogenitas
E. adanya komunikasi budaya
16. Seorang guru sosiologi melaksanakan penelitian mengenai imbas kegiatan ekstrakurikuler yang dipilih siswa terhadap prestasi akademisnya. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian survei. Tujuan dari penelitian tersebut ialah ….
A. mengidentifikasi kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong prestasi akademis
B. mencari solusi bagi siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler supaya berprestasi
C. mengetahui kecenderungan siswa dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler
D. mengetahui imbas kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademis
E. mengklasifikasi kegiatan ekstrakurikuler yang diminati oleh para siswa
17. Perhatian pernyataan di bawah ini :
(1) Suku Badui tinggal di Banten. Suku Tengger tingal di sekitar gunung Bromo, Probolinggo
(2) Shomad berasal dari suku bangsa Papua, sedangkan Suprapto berasal dari suku Jawa
(3) Terdapat kasta pada masyarakat Hindia yakni kasta Brahmana, Ksatrya, Waisya, Sudra
(4) Profesor menemukan obat pemusnah kanker
(5) Masyarakat Bali mayoritaas beragama Hindu. Masyarakat Jawa lebih banyak didominasi beragama Islam
Berdasarkan pernyataan diatas, yang tergolong diferensiasi ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1), 2), dan 4)
B. 1), 2), dan 5)
C. 1), 3), dan 4)
D. 1), 3), dan 5)
E. 2), 3), dan 5)
Untuk mendownload Soal USBN Sosiologi SMA/MA secara lengkap silahkan klik pada link di bawah ini!
Soal USBN Sosiologi SMA/MA Paket 1
Soal USBN Sosiologi SMA/MA Paket 2
Soal USBN Sosiologi SMA/MA Paket 3
Demikian info perihal Soal USBN Sosiologi SMA/MA yang sanggup saya sampaikan semoga sanggup membantu kau dalam mempelajari soal-soal dalam persiapan menghadapi USBN tahun sekarang.
Download juga : Lengkap Soal Latihan USBN Geografi SMA/MA Terbaru
1. Perhatikan beberapa pernyataan berikut :
(1) Meningkatnya korban kecelakaan kemudian lintas di jalan tol.
(2) Globalisasi memicu sikap hedonisme dan konsumerisme.
(3) Minimnya budaya bahu-membahu dan semangat kekeluargaan di kota.
(4) Konflik sosial akhir perbedaan budaya di masyarakat majemuk.
(5) Pemanfaatan potensi alam dengan memakai teknologi tepat guna.
Dari pernyataan di atas, yang merupakan obyek kajian sosiologi ialah nomor ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
2. Pemerintah akan melaksanakan pemberdayaan masyarakat nelayan di pesisir pantai kawasan X supaya kesejahteraannya meningkat. Sebelum merencanakan aktivitas tersebut, pemerintah meminta pinjaman untuk menyediakan data-data mengenai permasalahan dan kebutuhan nelayan di kawasan X.
Berdasarkan deskripsi tersebut, fungsi kajian sosiologi ialah ….
A. merencanakan aktivitas pembangunan
B. mengevaluasi aktivitas pembangunan
C. menjadi dasar pembuatan keputusan
D. memecahkan permasalahan sosial
E. menjadi sarana penelitian social
3. Ibu menasehati adik supaya ikut membawa alat-alat untuk memasak ke sekolah menyerupai teman sekelompoknya. Pada mulanya adik keberatan alasannya menganggap merepotkan bila harus membawa kompor ke sekolah, walau kesannya ia menuruti nasehat ibu. Ilustrasi tersebut menjelaskan fungsi nilai sebagai ....
A. pemaksa individu dalam berperilaku
B. pembentuk solidaritas dalam kelompok
C. pemberi hukuman pada sikap menyimpang
D. pengatur cara berpikir individu untuk hidup
E. penerjemah dalam pelaksanaan norma sosial
4. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Sebagai tempat sosialisasi paling dini.
(2) Merupakan sarana transmisi ilmu dan teknologi.
(3) Sebagai pembentukan kepribadian individu.
(4) Menanamkan nilai-nilai dasar kehidupan.
(5) Sebagai wadah aktualisasi diri di luar keluarga.
Dari pernyataan di atas, yang merupakan penerapan dari tujuan media sosialisasi primer ialah nomor ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
5. Kedua orang bau tanah Bimo ialah pebisnis yang sibuk. Tidak jarang kedua orang tuanya harus keluar kota untuk mengurus bisnis mereka. Akhirnya Bimo menjadi kurang kasih sayang dan terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba.
Dari deskripsi di atas, memperlihatkan hubungan antara proses sosialisasi dengan ….
A. dasar pembentukan kepribadian seorang individu.
B. penyimpangan sosial yang positif.
C. penanaman nilai-norma sosial.
D. peresapan nilai norma yang tidak sempurna.
E. peresapan nilai-nilai budaya menyimpang.
6. Orang bau tanah selalu mengajak anaknya untuk berkunjung ke rumah kerabatnya terutama ketika hari raya Idul Fitri. Orang bau tanah berkeinginan supaya anaknya tetap menyambung silaturahmi dan terus mengenal para kerabat. Tujuan sosialisasi dalam hal ini ialah ....
A. memperoleh peluang dibantu kerabat dalam hidupnya
B. mendapat uang saku yang banyak ketika berkunjung
C. mengetahui status keluarga di antara para kerabat luas
D. membanggakan keberhasilan keluarga kepada kerabat
E. menyebarkan nilai afeksi anak pada kerabat keluarga
7. Seorang siswa melaksanakan proses penelitian sosial dengan cara mengamati fenomena di lapangan, mencari pola dari objek yang diamati kemudian menyusun kesimpulan perihal kondisi yang terjadi. Dilihat dari langkah-langkahnya jenis penelitian ini adalah...
A. penelitian kuantitatif
B. penelitian kualitatif
C. penelitan eksperimen
D. penelitian survei
E. penelitian deskriptif
Baca Juga : Soal USBN KWU SMK/MAK Terbaru
8. Guru memperlihatkan ulangan bagi siswa-siswa di kelas untuk mengukur ketercapaian belajarnya. Dari hasil ulangan sanggup dikelompokkan siswa yang sangat pandai, pandai, dan kurang pandai. Panji yang tadinya tergolong kelompok bawah dengan ketekunan belajarnya kini menjadi peringkat ketiga di kelas. Sifat stratifikasi menyerupai ilustrasi memperlihatkan bahwa ....
A. terjadi pembagian tiga kelompok secara berjenjang
B. tingkat keberhasilan berguru siswa bersifat dinamis
C. seorang siswa mustahil turun hasil belajarnya
D. juara kelas selalu siswa yang paling dekat dengan guru
E. perubahan strata tergantung kevalidan alat ukurnya
9. Maraknya penggunaan handphoneAndroid(HP) di masyarakat mendorng peneliti melaksanakan penelitian perihal makna HP bagi sampaumur dengan obyek kajian penerima didik Sekolah Menengah Atas. Rumusan duduk kasus yang tepat dalam penelitian ini adalah....
A. Seberapa banyak siswa Sekolah Menengan Atas yang memakai handphone ?
B. Bagaimana cara memakai handphone yang benar ?
C. Mengapa sampaumur banyak memakai handphone ?
D. Apa makna handphone bagi siswa Sekolah Menengan Atas ?
E. Siapa sajakah yang memakai handphone dengan benar ?
10. Beberapa bab dari laporan penelitian
(1) Bab pendahuluan
(2) Kesimpulan dan saran
(3) Landasan teori
(4) Penyajian dan pengolahan data
(5) Metodologi penelitian
Sistematikan yang benar dari isi laporan penelitian ialah ....
A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
B. 1 – 3 – 5 – 4 – 2
C. 2 – 3 – 4 – 5 – 1
D. 2 – 4 – 3 – 1 – 5
E. 3 – 4 – 2 – 1 – 5
11. Sekolah termasuk ke dalam organisasi/kelompok formal yang anggotanya terdiri dari penerima didik, guru, dan karyawan. Dalam menyelenggarakan kegiatannya, sekolah mengacu pada kurikulum yang berlaku nasional sehingga pesan negara sanggup tersampaikan kepada penerima didik. Peran sekolah sebagai kelompok sosial formal ialah ….
A. mendidik putra bangsa supaya mempunyai wawasaan global sesuai kebutuhan zaman
B. menanamkan pemahaman ideologi bangsa dan kesadaran berbangsa/bernegara
C. menyiapkan generasi penerus yang kreatif dan inovatif di bidang teknologi
D. mengenalkan lagu-lagu patriotisme kepada putra-putra terbaik bangsa
E. menyebabkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan sehat jiwa raga
12. Perhatikan beberapa contoh konflik berikut!
(1) Konflik antarwarga alasannya kesalahpahaman
(2) Konflik antarsiswa alasannya egoisme pribadi
(3) Konflik antaretnik alasannya perbedaan budaya
Penyelesaian konflik dengan cara mediasi sanggup diterapkan pada pola di atas alasannya pihak ….
A. ketiga memperlihatkan keputusan yang mengikat pada pihak yang berkonflik
B. ketiga sanggup memperlihatkan saran perdamaian kepada pihak yang berkonflik
C. berkonflik meminta pinjaman pengadilan untuk menuntaskan konflik
D. yang berpengaruh mendominasi pihak yang lemah untuk terpaksa menyerah
E. berkonflik dipertemukan oleh pihak ketiga untuk segera berdamai
13. Perhatikan pola kelompok sosial di bawahini !
(1) Ikatan advokat indonesia
(2) Keluarga besar bani Hasyim
(3) Ikatan guru indonesia
(4) Rukun Warga (RW)
(5) Paguyuban Sepeda Kuno
Yang tergolong bentuk kelompok sosial gemeinschaft ditunjukkan nomor ialah ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
14. Perhatikan pernyataan berikut
(1) Adanya pergolakan kawasan untuk memisahkan diri dari NKRI
(2) Adanya gubug liar di sekiat bantaran sungai di kawasan perkotaan
(3) Tawuran pelajar antar sekolah yang menjadi tren di kota besar
(4) Maraknya kajian keagamaan di kampus-kampus
(5) Minimnya pemakaian kompor gas LPG di pedesaan.
Berdasarkan pernyataan diatas, Yang tergolong duduk kasus sosial ditunjukkan nomor ...
A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 4
C. 1,2 dan 5
D. 1,3 dan 5
E. 1,4 dan 5
15. Pasangan suami istri yang berasal dari suku bangsa yang berbeda, lambat laun saling mengenal budaya baru. Keluarga dari pasangan suami istri tersebut menjadi lebih erat dan saling mengenal kebudayaan diluar kelompoknya. Faktor pendorong integrasi sosial berdasarkan ilustrasi tersebut adalah.....
A. adanya amalgamasi
B. mobilitas sosial
C. homogenitas
D. heterogenitas
E. adanya komunikasi budaya
16. Seorang guru sosiologi melaksanakan penelitian mengenai imbas kegiatan ekstrakurikuler yang dipilih siswa terhadap prestasi akademisnya. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian survei. Tujuan dari penelitian tersebut ialah ….
A. mengidentifikasi kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong prestasi akademis
B. mencari solusi bagi siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler supaya berprestasi
C. mengetahui kecenderungan siswa dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler
D. mengetahui imbas kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi akademis
E. mengklasifikasi kegiatan ekstrakurikuler yang diminati oleh para siswa
17. Perhatian pernyataan di bawah ini :
(1) Suku Badui tinggal di Banten. Suku Tengger tingal di sekitar gunung Bromo, Probolinggo
(2) Shomad berasal dari suku bangsa Papua, sedangkan Suprapto berasal dari suku Jawa
(3) Terdapat kasta pada masyarakat Hindia yakni kasta Brahmana, Ksatrya, Waisya, Sudra
(4) Profesor menemukan obat pemusnah kanker
(5) Masyarakat Bali mayoritaas beragama Hindu. Masyarakat Jawa lebih banyak didominasi beragama Islam
Berdasarkan pernyataan diatas, yang tergolong diferensiasi ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1), 2), dan 4)
B. 1), 2), dan 5)
C. 1), 3), dan 4)
D. 1), 3), dan 5)
E. 2), 3), dan 5)
Untuk mendownload Soal USBN Sosiologi SMA/MA secara lengkap silahkan klik pada link di bawah ini!
Soal USBN Sosiologi SMA/MA Paket 1
Soal USBN Sosiologi SMA/MA Paket 2
Soal USBN Sosiologi SMA/MA Paket 3
Demikian info perihal Soal USBN Sosiologi SMA/MA yang sanggup saya sampaikan semoga sanggup membantu kau dalam mempelajari soal-soal dalam persiapan menghadapi USBN tahun sekarang.
Download juga : Lengkap Soal Latihan USBN Geografi SMA/MA Terbaru
0 comments