Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Ma Kelas 11 Kurikulum 2013

4/21/2019
Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam  Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA Kelas 11 Kurikulum 2013

Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Madrasah Aliyah (MA) Kelas Sebelas (II/XI) Kurikulum 2013 pdf



SILABUS PEMBELAJARAN Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA Kelas 11 Kurikulum 2013 Semester I

Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam Kelas/Program : XI (Sebelas)/Wajib Semester : Ganjil

Kompetensi Inti :
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.

KI-2 : Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai serpihan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI-3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI-4 : Mengolah, Menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan

SILABUS PEMBELAJARAN Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA Kelas 11 Kurikulum 2013 Semester II

Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam Kelas/Program : XI (Sebelas)/Wajib Semester : Genap

Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya

KI-2: Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai serpihan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan

Berikut yaitu tautan Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Madrasah Aliyah (MA) Kelas Sebelas (II/XI) Kurikulum 2013 pdf



Berikut yaitu kutipan dari isi Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA Kelas 11 Kurikulum 2013 tersebut:


Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Sumber Belajar
1 2 3 4 5 6
1.1. Menyadari bahwa Penilaian diri
kekuasaan adalah Penilaian teman
amanah dari Allah Observasi
SWT. Catatan/jurnal
1.2. Menyadari bahwa dalam usaha ada fase-fase yang harus dilewati
2.1. Membiasakan sikap Penilaian diri
bijaksana dalam kehidupan sehari-hari sebagai inplementasi dari pemahaman mengenai proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus Penilaian sahabat Observasi Catatan/jurnal
2.2. Meneladani sikap mulia dari Khalifah bani Umayah Damaskus sebagai inplementasi dari pemahaman mengenai dinasti bani Umayah di Damaskus
3.1. Menganalisis proses lahirnya bani a. Proses berdirinya pemerintahan Bani Umayah Mengamati Tugas 8x45 menit Buku Pedoman
- Mencermati bacaan teks - Mengumpulkan Guru Mapel SKI
Umayyah di di Damaskus tentang proses lahirnya bani data (gambar, MA, Kemenag RI
Damaskus Umayyah di Damaskus, dan fase-fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus berita, artikel) ihwal proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus, dan fase-fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus.
b. Fase-fase pemerintahan - Meyimak klarifikasi materi
3.2. Memahami fase-fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus Bani Umayah di Damaskus tersebut di atas melalui tayangan video atau media lainnya. Observasi
- Mengamati
4.1. Menceritakan proses berdirinya dinasti bani Umayah Menanya (memberi stimulus biar akseptor didik bertanya) pelaksanaan diskusi dengan memakai lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap ketika diskusi.
- Bagaimana citra sejarah - Mengamati sejarah Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA, Kemenag RI
4.2. Membuat sinopsis tentangfase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus proses lahirnya bani tentang proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus, dan fase-fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus
Umayyah di Damaskus. - Mengamati
- Fase-fase pemerintahan bani perilaku orang- orang yang mempunyai sikap
Umayah di Damaskus Al-Qur’an dan
- Siapakah pendiri dinasti bani Terjemahanya
Umayah di Damaskus
- Siapakah tokoh yang paling bijaksana dalam pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus
Buku penunjang lainnya yang relevan
Mengumpulkan data/eksplorasi
- Peserta didik mendiskusikan
tentang proses lahirnya bani
Umayyah di Damaskus, dan fase-fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus Media cetak dan elektronik sesuai materi
- Guru mengamati sikap jujur
dan sabar dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru berkolaborasi dengan orang bau tanah untuk mengamati
Lingkungan sekitar yang mendukung
sikap bijaksana dalam sikap bijaksana
kehidupan sehari-hari sebagai inplementasi dari pemahaman mengenai proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus dalam kehidupan sehari-hari di dalam kehidupan sehari-hari sebagai inplementasi dari pemahaman mengenai proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus.
rumah.
Portofolio
Mengasosiasi - Membuat paparan
- Membuat kesimpulan tentang tentang proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus, dan fase-fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus.
proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus, dan fase-fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus. - Membuat paparan
tentang sikap orang-orang yang mempunyai sikap bijaksana dalam kehidupan sehari- hari sebagai inplementasi dari pemahaman mengenai proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus.
Mengkomunikasikan
- Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi
tentang proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus, dan fase-fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus.
Berdirinya Dinasti bani
Umayyah
Tes tulis
- Tes kemampuan kognitif dengan
menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian ihwal proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus, dan fase-fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus.
Tes lisan
- Memaparkan hasil pengamatan
tentang sikap orang-orang yang mempunyai sikap bijaksana dalam kehidupan sehari- hari sebagai inplementasi dari
pemahaman mengenai proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus.
Alokasi
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Sumber Belajar
1.3. Meyakini bahwa Penilaian diri
berdakwah dan Penilaian teman
melakukan hal-hal Observasi
yang bermanfaat Catatan/jurnal
adalah kewajiban setiap muslim
2.3. Menunjukkan sikap
dinamis sebagai
implementasi dari pemahaman ihwal keberhasilan bani Umayah di Damaskus Penilaian diri Penilaian sahabat Observasi Catatan/jurnal
3.3.Mengidentifikasi a. Khalifah-khalifah Bani Mengamati Tugas 10 x 45 Buku Pedoman
keberhasilan- keberhasilan yang dicapai pada bani Umayyah di Damaskus Umayyah yang terkenal - Mencermati bacaan teks ihwal keberhasilan- - Mengumpulkan data (gambar, menit Guru Mapel SKI MA, Kemenag RI
keberhasilan yang dicapai pada bani Umayyah di Damaskus, berita, artikel)
3.4. Menganalisis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa bani Umayyah di Damaskus b. Prestasi-prestasi para khalifah Bani Umayah di Damaskus perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa tentang
bani Umayyah di Damaskus, dan pusat-pusat peradaban Islam pada masa pemerintahan bani Umayah Damaskus keberhasilan- keberhasilan yang dicapai pada bani Umayyah di Damaskus, perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa bani
c. Kebijakan-kebiakan pemerintahan Bani Umayah di Damaskus - Meyimak klarifikasi materi Umayyah di Damaskus, dan pusat-pusat peradaban Islam pada masa pemerintahan bani Umayah Damaskus
tersebut di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
Observasi Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA, Kemenag RI
4.3. Memetakan keberhasilan- keberhasilan yang dicapai pada masa bani Umayah - Mengamati
Menanya (memberi stimulus biar akseptor didik bertanya) pelaksanaan
- Bagaimana citra peradaban Islam pada masa
pemerintahan bani Umayah Al-Qur’an dan
4.4.Mempresentasikan mengenai perkembangan ilmu Damaskus. Terjemahanya
- Apa substansi dan seni administrasi dakwah para khalifah pada masa pemerintahan bani
Buku penunjang lainnya yang relevan
Media cetak dan elektronik sesuai materi
pengetahuan dan Umayah Damaskus. diskusi dengan Lingkungan
peradaban pada masa bani Umayyah di Damaskus - Apakah keberhasilan- keberhasilan yang dicapai pada bani Umayyah di Damaskus menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap ketika diskusi. sekitar yang mendukung
- Perkembangan peradaban dan - Mengamati sejarah
ilmu pengetahuan pada masa bani Umayyah di Damaskus perkembangan peradaban Islam, keberhasilan- keberhasilan yang dicapai pada bani Umayyah di Damaskus, perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa bani
- Menyebutkan pusat-pusat peradaban Islam pada masa pemerintahan bani Umayah Damaskus Umayyah di
Damaskus, dan pusat-pusat peradaban Islam pada masa pemerintahan bani Umayah Damaskus
- Mengamati sikap orang- orang yang mempunyai sikap dinamis sebagai implementasi dari pemahaman ihwal keberhasilan bani Umayah di
Mengumpulkan data/eksplorasi
- Peserta didik mendiskusikan keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada bani Umayyah di Damaskus, perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa bani Umayyah di Damaskus, dan pusat-pusat peradaban Islam pada masa pemerintahan bani Umayah Damaskus
- Guru mengamati sikap dinamis sebagai implementasi dari pemahaman ihwal keberhasilan bani Umayah di Damaskus, dan sikap semangat menyebarkan ilmu pengetahuan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman ihwal pusat- sentra peradaban Islam pada masa pemerintahan bani
Umayah Damaskus Damaskus.
- Guru berkolaborasi dengan orang bau tanah untuk mengamati sikap menyayangi ilmu pengetahuan yang ditunjukkan dengan semangat berguru yang maksimal dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Portofolio
Mengasosiasi - Membuat paparan
- Membuat kesimpulan tentang tentang keberhasilan- keberhasilan yang dicapai pada bani Umayyah di Damaskus, perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa bani
keberhasilan-keberhasilan yang Umayyah di Damaskus, dan pusat-pusat peradaban Islam pada masa pemerintahan bani Umayah Damaskus
dicapai pada bani Umayyah di Damaskus, perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa bani Umayyah di Damaskus, dan pusat-pusat peradaban Islam pada masa pemerintahan bani Umayah Damaskus.
Tes lisan
Mengkomunikasikan - Memaparkan hasil
- Mempresentasikan pengamatan
/menyampaikan hasil diskusi ihwal keberhasilan- keberhasilan yang dicapai pada bani Umayyah di Damaskus, perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa bani Umayyah di Damaskus, dan pusat-pusat peradaban Islam pada masa pemerintahan bani Umayah Damaskus. tentang sikap orang-orang yang mempunyai sifat jujur dan sabar sebagaimana yang terdapat pada figur kepemimpinan Rasulullah Saw.

Demikian goresan pena ihwal

Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Madrasah Aliyah (MA) Kelas Sebelas (II/XI) Kurikulum 2013 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 comments