Download Silabus Fikih Mts Kelas 8 Semester 1/I Dan 2/Ii Kurikulum 2013

4/17/2019
 ini dibutuhkan sanggup menjadi panduan bagi guru dalam menciptakan dan melengkapi kiprah adminis Download Silabus Fikih MTs Kelas 8 Semester 1/I dan 2/II Kurikulum 2013

Download Silabus Fikih Kelas 8 (Delapan) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Semester Satu (I/1) dan Semester Dua (II/2) Kurikulum 2013



Silabus Fikih Kelas 8 (Delapan) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Semester Satu (I/1) dan Semester Dua (II/2) Kurikulum 2013 ini dibutuhkan sanggup menjadi panduan bagi guru dalam menciptakan dan melengkapi kiprah administratif, terutama untuk guru mata pelajaraj Fikih kelas delapan. Silabus dibagi menjadi dua semester, yaitu semester satu dan semester dua.

Berikut yakni citra singkat dari silabus tersebut:

SILABUS PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN : FIKIH
KELAS/PEMINATAN : VIII (DELAPAN)
SEMESTER : GANJIL

KOMPETENSI INTI :

KI 1 : Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

SILABUS PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN : FIQIH
KELAS/PEMINATAN : VIII (DELAPAN)
SEMESTER : GENAP

KOMPETENSI INTI :
KI 1 : Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Berikut yakni tautan Download Silabus Fikih Kelas 8 (Delapan) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Semester Satu (I/1) dan Semester Dua (II/2) Kurikulum 2013:



Berikut yakni kutipan dari isi silabus tersebut:


Kompetensi Dasar MateriPokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar
- Merefleksi terhadap pembelajaran yangtelah dilaksanakan.
1.2 Menyakini hikmahbershadaqah, hibah, dan menunjukkan hadiah Membiasakan penghayatan ketentuanbershadaqah, hibah, dan menunjukkan hadiah - Observasi- Penilaian Diri- Penilaian Teman sebaya- JurnalGuru menentukan bentuk evaluasi yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai - -
2.2 Membiasakan sikap pedulisebagai implementasi dari pemahaman wacana shadaqah, hibah, dan hadiah Membiasakan bershadaqah, hibah, danmemberikan hadiah - Observasi- Penilaian Diri- Penilaian Teman sebaya- JurnalGuru menentukan bentuk evaluasi yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai - -
3.2 Memahami ketentuanshadaqah, hibah, dan hadiah.2. Mensimulasikan tata cara shadaqah, hibah dan hadiah Sedekah,Hibah, danHadiah Mengamati- Mengamati gambar bershadaqah, hibahdan menunjukkan hadiah- Menyimak hasil pengamatan gambarnya- Membaca materi wacana pengertian dan ketentuan bershadaqah, hibah dan menunjukkan hadiahMenanya- Memotivasi untuk mengajukanpertanyaan- Mengajukan pertanyaan terkait wacana ketentuan bershadaqah, hibah dan menunjukkan hadiahMengeksplorasi- Menguatkan dengan menjelaskan hasilpengamatan dan pertanyaan penerima didik- Mencari data dan gosip wacana shadaqah, hibah dan hadiah- Mendiskusikan data/bahan yang Sikap:Mengamati pelaksanaan diskusidengan memakai lembar observasi yang memuat:- isi diskusi- sikap yang ditunjukkan siswa pada jalannya diskusi dan kerja kelompokPengetahuan- Tes kemampuan kognitifdengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.Keterampilan- Membuat paparan sketsa alurtata cara bershadaqah, hibah dan menunjukkan hadiah- Membuat paparan manfaat bershadaqah, hibah dan 3 TM(6 x 40Menit)  Buku PedomanGuru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI Al-Qur’an danTerjamahanya Buku penunjang lainnya yang relevan Gambar peta konsep sesuai materi
Kompetensi Dasar MateriPokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar
diperoleh secara bergantianMengasosiasikan- Menilai dan menganalisa hasil kelompoklain- Membuat sketsa wacana perbedaan shadaqah, hibah dan hadiah- Merumuskan manfaat salat bershadaqah, hibah dan menunjukkan hadiah- Menbaca dan menyimpulkan pesan tersirat darikisah “Kedermawanan Ustman binAffan”Mengkomunikasikan- Mendemonstrasikan ketentuanpelaksanaan shadaqah, hibah dan hadiah- Melaksanakan tanya jawab- Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk sketsa wacana ketentuan pelaksanaan shadaqah, hibah dan hadiah- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan memberikan hadiah dalamkehidupan- Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang membiasakan bershadaqah, hibah dan menunjukkan hadiah di lingkungan daerah tinggalnya.  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajar Media cetak dan elektronik sesuai materi Lingkungan sekitar yang mendukung
1.3 Meyakini manfaatmengonsumsi kuliner yang halalan thayyiban Membiasakan merenungi manfaatmengonsumsi kuliner yang halalan thayyiban - Observasi- Penilaian Diri- Penilaian Teman sebaya- JurnalGuru menentukan bentuk evaluasi yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai - -
2.3 Membiasakan sikapselektif dan hati-hati sebagai implementasi dari pemahaman wacana kuliner dan minuman yang halal dan baik Membiasakan sikap selektif dan hati-hatidalam mengonsumsi kuliner yang halalan thayyiban - Observasi- Penilaian Diri- Penilaian Teman sebaya- JurnalGuru menentukan bentuk evaluasi yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai - -
Kompetensi Dasar MateriPokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar
3.3 Menganalisis ketentuanhalal-haram kuliner dan minuman4.3 Membuat peta konsep mengenai ketentuan kuliner dan minuman yang halal dan baik Makanan dan minuman halal dan haram Mengamati- Mengamati gambar jenis-jenis makanandan minuman, serta hewan yang halal dan haram dikomsumsi- Menyimak hasil pengamatan gambarnya- Membaca materi wacana ketentuan kuliner dan minuman, serta hewan yang halal dan haram dikomsumsiMenanya- Memotivasi untuk mengajukanpertanyaan- Mengajukan pertanyaan terkait wacana kuliner dan minuman, serta hewan yang halal dan haram dikomsumsiMengeksplorasi- Menguatkan dengan menjelaskan hasilpengamatan dan pertanyaan penerima didik- Mencari data dan gosip wacana ketentuan mengomsumsi kuliner dan minuman halal dan haram- Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantianMengasosiasikan- Menilai dan menganalisa presentasi hasilkelompok lain- Membuat sketsa wacana jenis-jenis kuliner dan minuman halal dan haram- Menbaca dan merumuskan pesan tersirat dari dongeng “Abu Bakar Shiddiq Memuntahkan Makanan” Sikap:Mengamati pelaksanaan diskusidengan memakai lembar observasi yang memuat:- isi diskusi- sikap yang ditunjukkan siswa pada jalannya diskusi dan kerja kelompokPengetahuan- Tes kemampuan kognitifdengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian.Keterampilan- Membuat paparan sketsa jenismakanan dan minuman yang halal maupun diharamkan.- Membuat paparan manfaat mengkomsumsi kuliner dan minuman yang halal maupun diharamkan. dalam kehidupan- Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang selalu memperhatikan dan menjaga kehalalan kuliner dan minuman yangdikomsumsi di lingkungan daerah tinggalnya. 4 TM(8 x 40Menit)  Buku PedomanGuru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI Al-Qur’an danTerjamahanya Buku penunjang lainnya yang relevan Gambar peta konsep sesuai materi Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajar Media cetak dan elektronik sesuai materi
Kompetensi Dasar MateriPokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar
Mengkomunikasikan- Mempresentasikan sketsa wacana jenis-jenis kuliner dan minuman halal dan haram- Melaksanakan tanya jawab- Memaparkan intisari dari manfaat dan bahayanya mengomsumsi kuliner dan minuman- Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.  Lingkungan sekitar yang mendukung

Demikian goresan pena wacana

Download Silabus Fikih Kelas 8 (Delapan) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Semester Satu (I/1) dan Semester Dua (II/2) Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Sumber: Sistem Informasi Kurikulum Madrasah Kemenag RI

0 comments