Download Buku Guru Seni Budaya Kelas 10,11,12 Sma/Ma-Smk/Mak Kurikulum 2013 Revisi 2017

3/21/2019
Download Buku Guru Prakarya dan Kewirausahaan Kelas  Download Buku Guru Seni Budaya Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf






Buku Guru Seni Budaya Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini hadir di tengah proses globalisasi yang sedang dan sudah berlangsung cendekia balig cukup akal ini secara faktual telah menjangkau daerah budaya di seluruh dunia sebagai satu kesatuan wilayah hunian insan dengan kriteria dan ukuran yang relatif sama dan satu. Budaya global yang relatif telah menjadi ukuran dan menandai konstelasi dunia cendekia balig cukup akal ini, yaitu karakteristik budaya yang berorientasi pada nilai-nilai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bersumber dari pemikiran rasional silogistis Barat. Proses tersebut mengakibatkan terjadinya tarik-menarik antara kekuatan global di satu sisi dan pertahanan lokal di sisi lainnya. Dalam hal ini antara proses globalisasi yang berorientasi dan tunduk pada sistem dan semangat ilmu pengetahuan dan teknologi Barat versus pelokalan yang pada umumnya justru sebaliknya. Batas antara keduanya memang tidak pernah sanggup diambil secara tegas hitam-putih. Roberston (1990) menggambarkannya sebagai the global instituationalization of life-world and the localization of globality.

Berbagai upaya kompromistis dilakukan supaya masyarakat mempunyai kekuatan untuk berada di kedua posisi sekaligus untuk berada pada titik keseimbangan. Berbagai upaya dilakukan untuk membangkitkan dan memberdayakan system indigenous knowledge, indigenous technology, indigenous art, indigenous wisdom, dsb yang biasanya kurang atau tidak ilmiah tetapi justru kaya atau kental kandungan nilai etika dan estetika yang berakar pada budaya masyarakat pendukungnya. Pengkajian terhadap pengetahuan lokal secara ilmiah akan memperkaya pengetahuan dengan derajat kandungan nilai-nilai humanitas yang relatif tinggi.

Di tengah pusaran imbas hegemoni global tersebut, fenomena di bidang pendidikan yang terjadi juga telah membuat forum pendidikan serasa kehilangan ruang gerak. Selain itu, juga membuat semakin menipisnya pemahaman Siswa wacana sejarah lokal serta tradisi budaya di lingkungannya. Padahal, dari perspektif kultural tidak sanggup disangkal Indonesia mempunyai kekayaan kebudayaan lokal yang luar biasa. Junus Melalatoa (1995) telah mencatat, sekurang-kurangnya 540 suku bangsa di Indonesia yang masing- masing mempunyai dan berbagi tradisi atau pola kebudayaan lokal yang berbeda. Dalam pola-pola kebudayaan tersebut juga berubah sebagai reaksi terhadap dominannya imbas budaya global. Reaksi balik tersebut bukan untuk melawan tetapi mencari titik temu dalam rangka menjaga eksistensi dan identitas kelompok dan kebudayaan lokal mereka. Salah satu upaya untuk menjaga eksistensi dan penguatan budaya, dilaksanakan melalui pendidikan seni yang syarat dengan muatan nilai kearifan lokal dan penguatan huruf bangsa. Sudah tentu sebagai suatu proses pendidikan dilaksanakan secara sistemik yang berlangsung secara sedikit demi sedikit berkesinambungan dalam situasi dan kondisi di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Oleh alasannya ialah itu, tidaklah salah jikalau pendidikan merupakan salah satu arah dari Millennium Development Goals (MDGs) (www.unmillenniumproject.org/goals & https://id.wikipedia.org/wiki/Tujuan_Pembangunan).

Pendidikan sebagai wahana untuk memanusiakan insan muda intinya merupakan acara menyiapkan kehidupan, baik perorangan, masyarakat, maupun suatu bangsa menuju kehidupan yang lebih baik. Kehidupan yang lebih baik di masa globalisasi dan menyiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2040. Pendidikan huruf yang berbasis kearifan lokal sebagai penanaman nilai dan ketahanan budaya bangsa sangat diperlukan. Penanaman nilai di kalangan generasi muda ketika ini dipandang penting mengingat tantangan yang dihadapi mereka di masa depan sangat berat. Terutama berkaitan dengan pergeseran nilai yang akan, sedang, dan sudah terjadi baik dalam keluarga maupun masyarakat.

Terkait dengan hal tersebut, kiranya diharapkan materi materi asuh yang sanggup mengakomodasi kebutuhan pendidikan bagi generasi muda yang sedang mengarungi masa globalisasi, supaya mempunyai pegangan hidup dalam bermasyarakat dan bernegara dalam lingkungan lokal maupun global. Buku Guru Seni Budaya Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini menunjukkan aneka macam pola metode dan pendekatan pendidikan seni (rupa, musik, tari, teater) Indonesia berbasis Kurtilas. Memang belum sempurna, impian kami semoga Buku Guru Seni Budaya Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini“menjadi pelita di tengah gulita”.

Berikut ialah tautan Download Buku Guru Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf:






Berikut ialah kutipan dari sebagian isi buku tersebut:

Daftar Isi

Kata Pengantar .................................................................................................... iii
Daftar Isi ............................................................................................................. iv

Semester 1

Bab 1 Ringkasan Buku Siswa ......................................................................... 1
A. Pembelajaran Apresiasi dan Kreasi Seni Rupa ............................................ 1
B. Berapresiasi .................................................................................................... 2
C. Berkreasi ........................................................................................................ 3
D. Gaya Lukisan Siswa ...................................................................................... 5
Bab 2 Metode Pembelajaran ........................................................................... 8
A. Pendekatan Saintifik ...................................................................................... 8
B. Model Pembelajaran ...................................................................................... 8
C. Model Berbasis Proyek ................................................................................. 9
D. Bahasa Sebagai Penghela .............................................................................. 9
Bab 3 Metode Penilaian ................................................................................. 10
A. Penilaian Otentik .......................................................................................... 10
B. Tingkat Berpikir ............................................................................................ 10
C. Unjuk Kerja ................................................................................................... 10
D. Portofolio ....................................................................................................... 10
Bab 4 Memahami Konsep Musik Barat .......................................................... 13
A. Konsep Musik Barat ..................................................................................... 14
B. Unsur Musik ................................................................................................. 20
Bab 5 Pertunjukan Musik Barat ..................................................................... 30
A. Bentuk-Bentuk Pertunjukan Musik Barat ................................................... 34
B. Tujuan Pertunjukan Musik ........................................................................... 35
C. Sejarah Perkembangan Pertunjukan Musik ................................................. 36
Bab 6 Konsep, Teknik, dan Prosedur dalam Berkarya Tari Kreasi ................... 47
A. Konsep Gerak Tari Kreasi Tari ..................................................................... 48
B. Teknik Berkarya Tari Kreasi ......................................................................... 50
C. Menerapkan Prosedur Tari Kreasi: Dari Seni Tradisi ke Tari Kreasi ......... 50
D. Proses Pembelajaran ...................................................................................... 52
E. Evaluasi .......................................................................................................... 53
F. Remedial ........................................................................................................ 56
Bab 7 Menerapkan Gerak Tari Kreasi (Fungsi, Teknik,
Bentuk, Jenis Dan Nilai Estetis Sesuai Iringan) ....................................
58
A. Fungsi Tari .................................................................................................... 59
B. Bentuk Tari .................................................................................................... 60
C. Jenis Tari ........................................................................................................ 61
D. Nilai Estetis ................................................................................................... 61
E. Proses Pembelajaran ...................................................................................... 63
F. Evaluasi .......................................................................................................... 65
G. Remedial ........................................................................................................ 67
H. Interaksi dengan Orang Tua Siswa .............................................................. 68
Bab 8 Pembelajaran Seni Peran atau Akting ................................................... 69
A. Strategi Pembelajaran .................................................................................... 69
B. Materi Pembelajaran ..................................................................................... 70
C. Pengayaan Materi Pembelajaran ................................................................... 75
D. Metode Pembelajaran .................................................................................... 80
E. Evaluasi Pembelajaran ................................................................................... 80
Bab 9 Teknik Penulisan Naskah Teater .......................................................... 81
A. Strategi Pembelajaran .................................................................................... 81
B. Materi Pembelajaran ..................................................................................... 82
C. Berlatih Membaca Naskah Teater ................................................................ 83
D. Pengayaan Materi Pembelajaran ................................................................... 97
E. Metode Pembelajaran .................................................................................... 99
F. Evaluasi Pembelajaran ................................................................................... 99
Bab 1 Ringkasan Buku Siswa ......................................................................... 101
A. Pedoman Pembelajaran ................................................................................. 101
B. Pameran Seni Rupa ...................................................................................... 102
C. Pengkajian Seni Rupa ................................................................................... 102
D. Fenomena Seni Rupa .................................................................................... 103
E. Penampilan Kritik Seni Rupa ....................................................................... 103
Bab 2 Metode Pembelajaran ........................................................................... 104
A. Pendekatan Saintifik ...................................................................................... 104
B. Pembelajaran Inkuiri ..................................................................................... 104
C. Pembelajaran Berbasis Proyek ....................................................................... 105
D. Bahasa Sebagai Penghela .............................................................................. 105
Bab 3 Metode Penilaian ................................................................................. 106
A. Penilaian Otentik .......................................................................................... 106
B. Tingkat Berpikir ............................................................................................ 106
C. Unjuk Kerja ................................................................................................... 106
D. Portofolio ....................................................................................................... 106
E. Hak Cipta Karya Seni Rupa dan Desain .................................................... 108
Bab 4 Memahami Konsep Musik Barat .......................................................... 113
A. Memainkan Alat Musik Barat ..................................................................... 115
B. Menampilkan Beberapa Lagu dalam Pagelaran Musik Barat ..................... 123
Bab 5 Membuat Tulisan wacana Musik Barat ................................................ 127
A. Motivasi ......................................................................................................... 129
B. Sumber untuk Guru ...................................................................................... 129
C. Pembelajaran dan Penilaian .......................................................................... 131
Bab 6

A. Konsep, Teknik, dan Prosedur dalam Berkarya Tari Kreasi ...................
Mendeskripsikan Karya Tari Kreasi Baru
Berdasarkan Teknik Tata Pentas ................................................................... 138

140
B. Evaluasi Tari Kreasi Berdasarkan Teknik Tata Pentas ................................. 141
C. Proses Pembelajaran ...................................................................................... 141
D. Evaluasi .......................................................................................................... 144
E. Remedial ........................................................................................................ 147
F. Interaksi dengan Orang Tua Siswa .............................................................. 148
Bab 7 Mengevaluasi Tari Kreasi (Bentuk, Jenis,
Nilai Estetis, dan Tata Pentas) ..............................................................

149
A. Evaluasi Tari Kreasi ...................................................................................... 150
B. Cara Menulis Evaluasi Tari .......................................................................... 151
C. Proses Pembelajaran ...................................................................................... 151
D. Evaluasi .......................................................................................................... 154
E. Remedial ........................................................................................................ 157
F. Interaksi dengan Orang Tua Siswa .............................................................. 158
Bab 8 Pembelajaran Merencanakan Pementasan Teater Modern ..................... 159
A. Strategi Pembelajaran .................................................................................... 160
B. Materi Pembelajaran ..................................................................................... 160
C. Metode Pembelajaran .................................................................................... 166
D. Evaluasi Pembelajaran ................................................................................... 166
Bab 9 Pembelajaran Pementasan Teater Modern ............................................ 168
A. Strategi Pembelajaran .................................................................................... 169
B. Materi Pembelajaran ..................................................................................... 169
C. Metode Pembelajaran .................................................................................... 172
D. Evaluasi Pembelajaran ................................................................................... 172
Glosarium ........................................................................................................... 174
Daftar Pustaka .................................................................................................... 185
Profil Penulis ....................................................................................................... 187
Profil Penelaah .................................................................................................... 191
Profil Editor ........................................................................................................ 201

A. Pembelajaran Apresiasi dan Kreasi Seni Rupa
Mengingat ruang lingkup seni rupa itu begitu luas, maka bijaksana menetapkan cakupan acara pembelajaran.
1. Dalam pembelajaran apresiasi seni keluasan lingkup kompetensi inti dan kompetensi dasar seni rupa itu bisa diberikan, supaya wawasan para siswa Sekolah Menengan Atas sanggup mewakili pengetahuan umum wacana kesenirupaan.
2. Dalam pembelajaran kreasi, perlu dibatasi, namun tetap harus mewakili 2 hal penting, yakni pertama, penciptaan seni murni: dipilih seni lukis atau seni patung; kedua, penciptaan seni terapan: bidang desain: dipilih desain komunikasi visual, dan bidang kriya: dipilih kriya tekstil. Dengan demikian pengalaman berguru siswa berekspresi, bereksperimen, merancang atau berkarya desain, serta berkriya sudah mewakili ketiga substansi kompetensi bidang kesenirupaan.

Pengembangan perasaan estetik atau perasaan keindahan berlangsung pada proses pembelajaran apresiasi seni. Sedangkan pengembangan perasaan artistik berlangsung pada proses pembelajaran penciptaan karya seni rupa murni, desain, dan kriya. Aktivitas pembelajaran apresiasi seni dan kreasi seni harus dipisah, dalam arti pembelajarannya diselenggarakan sendiri-sendiri. Misalnya, pertemuan 1 dan ke-2 ialah pembelajaran apresiasi seni. Pertemuan ke-3 dan ke-4 ialah pembelajaran kreasi atau penciptaan seni lukis, desain komunikasi visual, dan kriya tekstil. Pembagian waktu pembelajaran ini diadaptasi dengan kebutuhan kelas dan kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran setiap sekolah.
Satu hal yang sulit bagi guru seni budaya ialah mengenali tingkat kemampuan apresiatif dan kemampuan artistik siswa, tetapi hal ini sangat diperlukan, alasannya ialah tanpa pengetahuan tersebut sulit bagi guru untuk melihat dan mengetahui adanya perkembangan atau kemajuan yang dicapai oleh siswa.
Mata pelajaran Seni Budaya mempunyai fungsi dan tujuan, yaitu:
1. sikap toleransi, (dilatihkan dalam kegiatan bersama), penyelenggaraan pameran, lomba lukis, penciptaan lukisan dinding, penyelenggaraan kunjungan museum, karya wisata ke pusat seni dan kerajinan, dan lain sebagainya;
2. membuat sikap demokrasi yang beradab, (sikap yang dipraktikkan dalam kegiatan diskusi, penulisan dan penilaian kritik seni);
3. hidup rukun dalam masyarakat yang majemuk, (perilaku yang dikembangkan di sekolah, yang diharapkan berdampak positif dan terefleksi dalam kehidupan bermasyarakat);
4. berbagi kepekaan rasa dan keterampilan (lewat acara apresiasi seni kepekaan rasa keindahan, besar lengan berkuasa pula untuk kepekaan rasa non estetik);
5. bisa menerapkan teknologi dalam berkreasi dan mempergelarkan karya seni. (Mengharuskan adanya keterbukaan akan penggunaan teknologi gres dalam acara

Demikian goresan pena wacana

Download Buku Guru Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 10,11,12 SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 comments