Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah (Us) Sd/Mi Tahun 2017 | Pdf

2/09/2019
Tidak terasa ujian sekolah sudah hampir tiba. Sudah saatnya Ananda menyingsingkan lengan baju ulet berguru biar sukses dalam menghadapi ujian sekolah. Memang tidak ada kaitan pribadi antara kesuksesan di dunia akademik dengan kesuksesan di dunia nyata. Namun demikian, keseriusan dalam menghadapi ujian sekolah inilah justru yang akan Ananda perlukan dalam dunia konkret nantinya. Keseriusan dan kerajinan dalam mempersiapkan segala sesuatunya yakni perilaku mental positif yang sangat memilih kesuksesan seseorang kelak di lalu hari.
Kali ini kami ingin membantu Ananda sekalian untuk mempersiapkan ujian sekolah 2017 dengan menyediakan kisi-kisi untuk dipelajari. Kisi-kisi US Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah menyediakan panduan dalam berguru sehingga Ananda berguru yang 'perlu' saja.

Kami sengaja menuliskan Kisi-kisi Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2007 lengkap di halaman ini dengan tujuan biar dibaca pada ketika dalam kondisi daring. Namun demikian, bila ingin membaca dalam berkas pdf, kami juga menyediakan tautannya. Silahkan download tautan di bawah ini: Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2017 | pdf

Sebagai catatan, berkas dari tautan tersebut juga memuat kisi-kisi ujian sekolah untuk SDLB dan Program Paket A/ULA.

Tabel Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US) SD/MI Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2017 | pdf


No Materi Indikator
A. Membaca
1 Membaca
nonsastra
• Menentukan kalimat utama paragraf ihwal makhluk hidup atau lingkungan
• Menentukan pandangan gres pokok paragraf
• Menentukan tamat paragraf
• Menentukan pernyataan sesuai isi paragraf
• Menentukan kalimat tanya sesuai isi paragraf
• Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan dengan kata tanya:
 bagaimana mengapa
• Memprediksi insiden berkaitan dengan isi bacaan
• Mengambil gosip dari isi teks sederhana untuk melengkapi tabel
• Memaknai kata/istilah dalam paragraf
• Menentukan antonim/sinonim dalam kalimat
• Menentukan topik teks percakapan
• Menentukan kalimat sesuai isi iklan
• Menentukan isi paragraf laporan
• Menanggapi isi paragraf instruksi
• Menentukan makna kata dalam paragraf instruksi
• Menentukan pernyataan sesuai dengan isi paragraf instruksi
• Menentukan pernyataan sesuai dengan isi teks klarifikasi (teks prosedur)
• Menentukan isi pidato
• Mengidentifikasi jenis-jenis paragraf
• Menentukan nomor telepon ke suatu tujuan menurut beberapa
kode telepon wilayah dan nomor telepon beberapa kota pada ilustrasi
• Menentukan persamaan/perbedaan isi teks
2. Membaca sastra • Menentukan pesan pantun
• Menjawab pertanyaan sesuai isi kisah dengan kata tanya: bagaimana mengapa
• Menentukan tabiat tokoh cerita• Menentukan amanat cerita
• Mentukan latar cerita
• Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
• Menentukan tema cerita
• Menentukan maksud pernyataan pada potongan kisah tertentu
• Menentukan keteladanan tokoh cerita
• Memprediksi insiden berkaitan dengan isi cerita
• Menentukan nilai moral positif dalam cerita
• Menentukan kesimpulan cerita
• Menentukan maksud syair Menentukan makna kata kias pada syair
B. MENULIS
3. Menulis terbatas • Melengkapi teks percakapan
• Menyusun kalimat-kalimat petunjuk penggunaan sesuatu
• Melengkapi teks petunjuk melaksanakan sesuatu
• Menyusun kalimat-kalimat cara menciptakan sesuatu
• Melengkapi paragraf dengan kalimat
• Melengkapi paragraf dengan istilah
• Melengkapi pantun
• Melengkapi paragraf dengan kata baku ihwal ekonomis energ
i• Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph padu
• Melengkapi iklan dengan kata/kalimat ihwal ekonomis energi
• Menyusun kalimat iklan yang efektif sesuai dengan gambar
• Melengkapi paragraf laporan dengan kalimat
• Mendiskripsikan gambar mahluk hidup/lingkungan
• Menyusun kalimat-kalimat hasil pengamatan menjadi paragraf laporan
• Melengkapi teks pidato persuasif dengan kalimat
• Menggunakan ungkapan dalam kalimat
• Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf naras
• Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf deskripsi
4. Menyunting kata/istilah,
frase, kalimat, paragraf,
ejaan, dan tanda baca
• Menunjukkan kesalahan penggunaan kata pada paragraf
• Menggunakan ejaan sesuai kaidah
• Menggunakan tanda baca sesuai kaidah
• Memperbaiki kesalahan ejaan pada kalimat/paragraf
• Memperbaiki kesalahan tanda baca pada kalimat
• Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
• Memperbaiki penggunaan kata bentukan/berimbuhan pada kalimat
• Memperbaiki tata kalimat pada paragraf


Tabel Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun Mapel Matematika 2017 | pdf


No Materi Indikator
A. BILANGAN
1 Operasi hitung bilangan  Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
 Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
 Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan lingkaran (positif dan negatif)
 Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan lingkaran (positif dan negatif)
 Menyelesaikan problem daypikir yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.
2. FPB dan KPK  Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi.
 Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka.
 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan FPB atau KPK.
3. Pangkat dan akar bilangan  Menghitung operasi bilangan suatu bilangan pangkat
 Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan tiga
 Menghitung operasi bilangan suatu bilangan akar
 Menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar
4. Pecahan  Menyederhanakan pecahan
 Mengurutkan banyak sekali bentuk pecahan
 Menentukan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
 Menentukan hasil operasi perkalian atau pembagian bilangan pecahan
 Menyelesaikan problem daypikir yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
 Mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya
 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan banyak sekali bentuk pecahan.
 Menyelesaikan problem ihwal perbandingan senilai dengan tema tertentu.
 Menyelesaikan soal ihwal skala yang berkaitan dengan tema tertentu.
B. GEOMETRI DAN PENGUKURAN
5. Satuan ukuran  Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.
 Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan berat yang berbeda.
 Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan waktu yang berbeda.
 Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.
 Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda.
 Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitungkonversi satuan volume yang berbeda.
 Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jarak, waktu, dan kecepatan.
 Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan debit.
6. Sifat dan unsur bangkit datar
(segitiga, segiempat, lingkaran)
 Menentukan bangkit datar menurut sifatnya.
 Menentukan kesebangunan pada bangkit datar.
 Menentukan keliling segiempat
 Menentukan keliling lingkaran
 Menentukan luas segitiga atau segiempat
 Menentukan luas lingkaran.
 Menentukan luas potongan lingkaran (setengah, seperempat atau tigaperempat)
 Menentukan luas atau keliling adonan dua bangkit datar
 Menyelesaikan problem daypikir yang berkaitan dengan bangkit datar
7. Sifat dan unsur bangkit ruang
(kubus, balok, tabung)
 Menentukan bangkit ruang menurut sifatnya.
 Menentukan luas permukaan kubus atau balok.
 Menentukan volume tabung.
 Menentukan jaring-jaring dari salah satu bangkit ruang.
 Menentukan volume prisma segitiga.
 Menyelesaikan soal kisah yang berkaitan dengan bangkit ruang.
8. Bidang dan letak Koordinat  Menentukan letak titik koodinat
 Menentukan salah satu koordinat bangkit datar yang belum diketahui.
9. Simetri dan pencerminan  Menentukan banyaknya sumbu simetri pada salah satu bangkit datar.
 Menentukan hasil pencerminan bangkit datar
C. PENGOLAHAN DATA
10. Mengumpulkan dan mengolah data  Menyajikan data dalam bentuk tabel.
 Membaca data dalam bentuk tabel atau data acak/random
11. Menyelesaikan problem yang berkaitan
dengan data
 Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
 Menentukan diagram lingkaran dari data yang disajikan dalam bentuk tabel
. Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
 Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
 Menentukan rata-rata hitung dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak
 Menentukan modus dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak.
 Menentukan median (data tengah) dari data yang diberikan
 Menyelesaikan problem bertema aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan rata-rata.
 Menyelesaikan problem bertema aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan modus.
 Menafsirkan hasil pengolahan data berbentuk diagram, tabel, atau data acak yang bertema kesehatan.


Tabel Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US) SD/MI Mapel IPATahun 2017 | pdf


No Materi Indikator
A. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
1 Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan  Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu.
 Menjelaskan fungsi bentuk luar badan binatang yang merupakan ciri khusus dari binatang tersebut.
 Menentukan dasar pengelompokan hewan.
 Menggolongkan binatang menurut jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
 Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama binatang dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
2. Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem  Mengidentifikasi rantai masakan pada ekosistem tertentu.
 Menentukan organisme yang sanggup menduduki potongan pada rantai masakan yang tidak lengkap.
 Menentukan tugas organisme tertentu dalam suatu rantai masakan yang disajikan dalam gambar.
 Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai masakan punah atau berkembang dengan pesat.
 Memberikan pola korelasi yang dekat antarmakhluk hidup (simbiosis).
 Menjelaskan alasan terjadinya korelasi antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem menurut gambaran pola yang diberikan.
3. Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup  Memberikan pola tumbuhan yang sanggup dikembangbiakkan menurut ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan.
 Memberikan dua pola binatang yang berkembang biak dengan cara tertentu.
 Menentukan pasangan yang sempurna antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya.
 Mengidentifikasi cara binatang tertentu mengikuti keadaan terhadap lingkungannya menurut ilustrasi.
 Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan mengikuti keadaan dengan cara tertentu.
 Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
4. Pelestarian lingkungan  Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu menurut masalah di suatu daerah.
 Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah.
 Menjelaskan jawaban dari aktivitas insan yang sanggup menghipnotis keseimbangan lingkungan menurut gambaran yang disajikan.
 Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, atau banjir menurut masalah yang disajikan.
B. STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP
5. Bagian badan tumbuhan/hewan dan fungsinya  Menjelaskan fungsi potongan badan tumbuhan/hewan.
 Menjelaskan manfaat potongan badan tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia.
6. Daur hidup beberapa hewan  Mengidentifikasi binatang yang mengalami daur hidup menyerupai tampak pada gambar/diagram.
 Menentukan salah satu tahapan daur hidup binatang tertentu yang merugikan atau menguntungkan insan menurut ilustrasi.
7. Rangka manusia  Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
 Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
 Menjelaskan fungsi potongan rangka yang disajikan dalam gambar.
8. Sistem organ pada manusia  Mengidentifikasi potongan yang ditunjuk pada gambar sistem organ sesuai dengan fungsinya.
 Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu .
C. BENDA DAN SIFATNYA
9. Sifat benda  Menentukan pasangan yang sempurna antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel.
10. Perubahan benda  Menentukan pasangan yang sempurna pada tabel pola aktivitas dan perubahan wujud benda yang terjadi.
 Menjelaskan faktor-faktor yang mengakibatkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan).
D. ENERGI DAN PERUBAHANNYA
11. Gaya dan gerak  Menyebutkan jenis gaya dalam aktivitas sehari-hari menurut gambar.
 Menyebutkan pola aktivitas yang menawarkan gaya sanggup mengubah gerak, arah , atau bentuk benda.
12. Bentuk energi dan perubahannya  Menentukan bentuk energi pada alat/benda ketika dipakai menurut gambar.
 Menentukan alat-alat yang memiliki perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
 Menunjukkan gambar benda atau aktivitas yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
 Menentukan cara menghemat energi menurut gambaran ihwal kelangkaan energi.
13. Suhu dan kalor  Menjelaskan penerapan aktivitas yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
 Menunjukkan potongan alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator menurut gambar
 Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
 Menyebutkan pola perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari.
14. Bunyi dan cahaya Menyebutkan benda-benda yang sanggup menyerap suara untuk mencegah gaung.
 Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
 Menentukan arah bayangan benda bila posisi sumber cahaya diubah menurut gambar.
 Menjelaskan sifat cahaya menurut gambaran suatu kegiatan/ gambar.
15. Listrik dan magnet  Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
 Menentukan cara menciptakan magnet menurut gambar.
E. BUMI DAN ALAM SEMESTA
16. Sumber daya alam  Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam menurut gambar.
 Menentukan beberapa sumber daya alam yang sanggup diperbaharui atau tidak sanggup diperbaharui.
 Menjelaskan dampak pengambilan materi alam terhadap pelestarian lingkungan.
17. Daur air  Menentukan tahapan daur air menurut gambar.
 Menjelaskan aktivitas insan yang sanggup menghipnotis daur air.
18. Sistem tata surya  Menjelaskan jawaban gerakan bumi/ bulan terhadap matahari.  Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
  Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
 Menentukan nama planet menurut ciri-cirinya.
 Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah.

0 comments