Download Kisi-Kisi Soal Usbn Pai Sd 2017 Ktsp

1/29/2019
Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam (PAI) SD (SD) 2017 Tahun Pelajaran 2016/2017 untuk SD Pengguna Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP) 2006_Sebagai persiapan menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2016/2017, sebaiknya para siswa SD sudah mempersiapkan semenjak dini dengan cara lebih rajin belajar. Salah satunya dengan mempelajari bahan PAI SD Kelas 6 yang sesuai dengan kisi-kisi soal USBN SD Tahun 2017. Selain mempelajari bahan PAI, akseptor didik kelas enam SD yang juga harus bisa membagi waktu dalam mempelajari bahan USBN SD 2017 untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Adapun untuk kisi-kisi soal USBN PAI SD bisa diunduh pada link di bawah ini.
 untuk SD Pengguna Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran  Download Kisi-Kisi Soal USBN PAI SD 2017 KTSP
Silakan Download Kisi-Kisi USBN PAI SD Tahun Pelajaran 2016/2017

Kisi-Kisi USBN SD 2017 Mapel PAI isinya lengkap dari Standar Kompetensi, Kemampuan yang Diuji, Indikator Soal, dan Nomor Soalnya.

Soal USBN SD 2017 Mapel PAI terdiri dari 50 soal pilihan ganda.
 untuk SD Pengguna Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran  Download Kisi-Kisi Soal USBN PAI SD 2017 KTSP

Standar Kompetensi dan Indikator Soal Nomor 1-50

➤Standar Kompetensi: Membaca Surat-Surat al-Qur’an
1. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, atau al-Kafirun yang tidak lengkap, akseptor didik sanggup melengkapi ayat tersebut dengan benar. 1 benar.

2. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Ma’un, al-Fiil, al-Qadr, al-‘Alaq ayat 1-5, al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13 yang tidak lengkap, akseptor didik sanggup melengkapi ayat tersebut dengan benar.

3. Disajikan beberapa ayat secara acak dari salah satu surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, atau al-’Alaq ayat 1-5, akseptor didik sanggup memilih urutan ayat-ayat dalam surat tersebut dengan benar.

4. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, atau al-Kafirun, akseptor didik sanggup memilih aturan tajwid pada ayat yang digaris bawahi dengan benar.

5. Disajikan beberapa ayat dari Surat, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5, al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13, akseptor didik sanggup mengidentifikasi aturan bacaan Qalqalah dengan benar.

➤Standar Kompetensi: Mengartikan al-Qur’an Surat pendek pilihan
6. Disajikan salah satu ayat dari Surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5 al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13, akseptor didik sanggup memilih arti yang sesuai dengan ayat dengan benar

7. Disajikan beberapa arti ayat dari Surat Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5 al-Maidah ayat 3 atau al-Hujurat ayat 13, akseptor didik sanggup memilih ayat yang sesuai arti dengan benar

8. Disajikan table ayat dan arti dari beberapa Surat Fatihah, al-Ikhlas, al-Kautsar, an-Nashr, al-‘Ashr, al-Lahab, al-Kafirun, al-Maun, al-Fiil, al-Qadr, al-’Alaq ayat 1-5 al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13, akseptor didik sanggup memilih pasangan

9. Disajikan pernyataan perihal isi pokok salah satu surat al-Lahab, al-Kafirun, al-Ma’un, al-Fiil, dan al-Qadr, akseptor didik sanggup memilih surat yang sesuai dengan pernyataan dengan benar

10. Disajikan kutipan ayat dari Surat pilihan Surat al-’Alaq ayat 1-5, al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13, akseptor didik sanggup menunjukkan isi pokok ayat tersebut.

➤Standar Kompetensi: Mengenal sifat wajib Allah Swt. Mengenal sifat tidak mungkin Allah Swt. Mengenal sifat jaiz Allah SWT
11. Disajikan tabel yang belum lengkap perihal sifat wajib atau tidak mungkin Allah Swt dengan artinya, akseptor didik sanggup melengkapi tabel tersebut dengan benar

12. Disajikan beberapa pola insiden dalam kehidupan sehari-hari, akseptor didik memilih sifat Allah yang seuai dengan pola tersebut dengan benar

➤Standar Kompetensi: Mengenal Malaikat dan tugasnya
13. Disajikan pernyataan perihal kiprah malaikat, akseptor didik sanggup memilih nama malaikat yang sesuai dengan tugasnya dengan benar.

➤Standar Kompetensi: Mengenal kitab-kitab Allah SWT
14. Disajikan pernyataan perihal kitab Allah Swt, akseptor didik memilih fungsi kitab-kitab Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

➤Standar Kompetensi: Mengenal rasul-rasul Allah SWT
15.Disajikan tabel yang tidak lengkap perihal sifat wajib, Mustahi, atau Jaiz rasul, akseptor didik sanggup melengkapi tabel tersebut dengan benar

16. Ditampilkan nama-nama rasul Allah, akseptor didik sanggup memilih rasul Ulul Azmi dengan benar

➤Standar Kompetensi: Meyakini adanya hari Akhir
17. Ditampilkan contoh-contoh kiamat, akseptor didik sanggup memilih pola selesai zaman sugra atau kubra dengan benar

18. Disajikan deskripsi perihal insiden hari akhir, akseptor didik sanggup memilih nama hari selesai yang sesuai deskripsi dengan benar

➤Standar Kompetensi: Meyakini adanya Qadha danQadar
19. Disajikan deskripsi perihal qada dan qadar peserta, didik sanggup memilih pola qada atau qadar dengan benar

20. Disajikan contoh-contoh insiden dalam kehidupan sehari-hari, akseptor didik sanggup memilih beberapa pola takdir mubram atau mu’alak dengan benar

➤Standar Kompetensi: Membiasakan sikap terpuji
21. Disajikan beberapa pernyatan perihal sikap terpuji, akseptor didik sanggup memilih sikap yang mengambarkan keteladanan Nabi Adam atau masa kanak-kanan Nabi Muhammad saw. dengan benar

22. Disajikan petikan kisah Nabi Adam atau Masa kanak-kakak Nabi Muhammad, akseptor didik sanggup mengidentifikasi sikap terpuji yang sanggup diteladani dengan benar

23. Disajikan petikan kisah Nabi Ibrahim as atau Nabi Ismail a.s, akseptor didik sanggup memilih sikap terpuji yang sanggup diteladani dengan tepat.

24. Disajikan beberapa sikap terpuji sehari-hari, akseptor didik sanggup mengidentifikasi sikap yang mengambarkan kesabaran nabi Ayub, keberanian usaha Nabi Musa, dan tolong menolong nabi Isa dengan benar.

25. Disajikan beberapa pernyataan perihal sikap terpuji, akseptor didik sanggup mengidentifikasi kedermawanan Khalifah Abu bakar ra atau ketegasan Umar bin Khattab ra dengan benar.

26. Disajikan petikan kisah Abu bakar ra atau Umar bin Khattab ra, akseptor didik sanggup menujukan sikap terpuji yang sanggup diteladani dengan benar.

➤Standar Kompetensi: Menghindari Perilaku tercela
27.Disajikan beberapa pernyataan perihal pola kehidupan sehari-hari, akseptor didik sanggup memilih cara menghindari sikap dengki atau bohong dengan tepat

28. Disajikan kisah dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan sikap dengki atau bohong, akseptor didik sanggup memilih akhir sikap tercela tersebut dengan benar.

➤Standar Kompetensi: Membiasakan sikap terpuji
29. Disajikan beberapa pernyataan perihal sikap terpuji, akseptor didik sanggup mengambarkan sikap yang mencerminkan kegigihan kaum Muhajirin dengan tepat.

30. Disajikan petikan kisah kaum Muhajirin atau kaum Ansar akseptor didik sanggup memilih sikap yang sanggup diteladani dengan tepat

➤Standar Kompetensi: Melaksanakan shalat dengan tertib
31. Disajikan beberapa gambar gerakan shalat, akseptor didik sanggup memilih urutan gerakan shalat dengan benar

32. Disajikan salah satu gambar gerakan shalat, akseptor didik sanggup memilih bacaan sesuai gambar dengan benar

➤Standar Kompetensi: Mengenal ketentuan ketentuan shalat
33. Disajikan deskripsi shalat, akseptor didik sanggup memilih syarat wajib, syarat syah, rukun, sunah-sunah, atau hal-hal yang membatalkan shalat dengan benar

34. Disajikan beberapa ketentuan shalat, akseptor didik sanggup memilih beberapa ketentuan syarat wajib, syarat syah, rukun, sunah shalat, atau,\hal-hal yang membatalkan shalat dengan benar

➤Standar Kompetensi: Melaksanakanzikir dan doa
35. Disajikan salah satu lafal zikir atau doa sehabis shalat, akseptor didik sanggup memilih lafal atau doa dengan benar

➤Standar Kompetensi: Mengumandangkan adzan dan iqomah
36. Disajikan beberapa lafal, akseptor didik sanggup memilih beberapa lafal adzan atau iqomah dengan benar

➤Standar Kompetensi: Mengenal puasa wajib
37. Disajikan beberapa ketentuan puasa, akseptor didik sanggup memilih syarat syah, syarat wajib, rukun, sunah, atau hal-hal yang membatalkan puasa dengan tepat

38. Disajikan beberapa pernyataan perihal hikmah beribadah, akseptor didik sanggup memilih hikmah puasa dengan benar

➤Standar Kompetensi: Mengenal ibadah bulan romadhan
39. Disajikan pernyataan ibadah sunnah, akseptor didik sanggup menunjukkan ibadah sunnah yang terdapat di bulan Ramadhan

➤Standar Kompetensi: Mengetahui kewajiban zakat
40. Disajikan tabel perihal ketentuan zakat, akseptor didik sanggup memilih pasangan ketentuan zakat dengan benar

➤Standar Kompetensi: Menceritakan kisah nabi
41. Disajikan narasi perihal kisah nabi, akseptor didik sanggup mengidentifikasi kisah yang terjadi pada masa Nabi Adam as, kelahiran Nabi Muhammad saw atau masa bawah umur Nabi Muhammad dengan benar

42. Disajikan deskripsi perihal silsilah keluarga Nabi Ibrahim as, Nabi Ismail as, Nabi Ayub as, Nabi Musa as, atau Nabi Isa as, akseptor didik sanggup memilih nama ayah, ibu, nenek, atau kekerabatan keluarga dengan benar

43. Disajikan bukti-bukti kenabian, akseptor didik sanggup mengidentifkasi bukti-bukti kenabian Nabi Ibrahim as, Nabi Ismail as, Nabi Ayub as, Nabi Musa as, atau Nabi Isa as dengan benar

44. Disajikan tabel perihal nama nabi dan kaumnya, akseptor didik sanggup memilih sebutan bagi kaum Nabi Ibrahim as, Nabi Ismail as, Nabi Ayub as, Nabi Musa as, atau Nabi Isa as dengan benar

➤Standar Kompetensi: Menceritakan kisah sahabat nabi
45. Disajikan beberapa pernyataan perihal kisah sahabat Nabi, akseptor didik sanggup memilih kisah yang terjadi pada sahabat Abu Bakar ra atau Umar bin Khattab ra. dengan benar

46. Disajikan deskripsi perihal kisah sahabat Nabi, akseptor didik sanggup mengidentifikasi keberhasilan yang dilakukan oleh sahabat Abu Bakar ra atau Umar bin Khattab ra dengan benar

➤Standar Kompetensi: Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal atau Musailamah Al Kazab
47. Disajikan beberapa kisah penentang dakwah rasulullah, akseptor didik mengidentifikasi kisah Abu Lahab, Abu Jahal, atau Musailamah Al Kazab terhadap Rasulullah dengan benar.

48. Disajikan beberapa nama orisinil tokoh penentang rasul, akseptor didik sanggup mengidentifikasi nama orisinil Abu Lahab, Abu Jahal atau Musailamah Al Kazab dengan benar

➤Standar Kompetensi: Menceritakan kisah kaum Muhajirin atau Anshar
49. Disajikan beberapa nama tokoh, akseptor didik sanggup memilih tokoh kaum Muhajirin atau kaum Anshar dengan benar

50. Disajikan beberapa petikan kisah, akseptor didik sanggup mengidentifikasi kisah yang terjadi pada kaum Muhajirin dan Anshar dengan benar.

Cek juga: Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US) SD/MI 2017 Mapel Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA

Demikian perihal Kisi-Kisi Soal USBN SD Mata Pelajaran PAI Tahun Pelajaran 2016/2017 KTSP. Semoga bermanfaat.

0 comments