Unduh Buku Evaluasi Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skill)

11/04/2018
 Buku Penilaian Berorientasi HOTS Edisi Tahun  UNDUH BUKU PENILAIAN BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL)


Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill). Materi buku ini bertujuan  untuk  membekali guru semoga bisa melaksanakan  penilaian  berbasis  HOTS  sehingga  siswa  terbiasa  dengan  soal-soal  dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) semoga terdorong kemampuan berpikir kritisnya.

Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan warta untuk mengukur  pencapaian  hasil  belajar  peserta  didik. Penilaian  belajar peserta  didik dilakukan  oleh  pendidik  yang mencakup aspek:  sikap, pengetahuan,  dan  keterampilan. Penilaian sikap  dilakukan  oleh pendidik untuk  memperoleh  informasi  deskriptif mengenai  perilaku  peserta didik.  Penilaian  pengetahuan  dilakukan  untuk mengukur penguasaan pengetahuan  peserta  didik,  sedangkan  penilaian keterampilan dilakukan  untuk  mengukur  kemampuan  peserta  didik menerapkan pengetahuan dalam melaksanakan kiprah tertentu. Penilaian hasil  belajar oleh  pendidik ini  bertujuan  untuk  memantau dan mengevaluasi proses,  kemajuan  belajar,  dan perbaikan  hasil  belajar  peserta  didik  secara berkesinambungan. 

Penyempurnaan  kurikulum  2013  antara  lain  pada  standar  isi  diperkaya  dengan kebutuhan  peserta  didik  untuk  berpikir  kritis  dan  analitis  sesuai  dengan  standar internasional,  sedangkan  pada  standar  penilaian  memberi  ruang  pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil  belajar  diharapkan  dapat  membantu  peserta  didik  untuk  meningkatkan kemampuan  berpikir  tingkat  tinggi  (Higher  Order  Thinking  Skills  /HOTS),  karena berpikir tingkat tinggi sanggup mendorong akseptor didik untuk berpikir secara luas dan mendalam ihwal bahan pelajaran.

Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang gres bagi guru dalam melaksanakan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan  guru  dalam  melakukan  penilaian.  Guru  dalam  penilaian  ini harus menekankan  pada  penilaian  sikap,  pengetahuan  dan  keterampilan  yang  bisa meningkatkan  keterampilan  peserta  didik  dalam  proses  pembelajaran  berorientasi HOTS.


 Buku Penilaian Berorientasi HOTS Edisi Tahun  UNDUH BUKU PENILAIAN BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL)

Buku pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:
1.  Memberikan contoh kepada guru dalam membuatkan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
2.  Memberikan  acuan  kepada  kepala  sekolah  dalam  pelaksanaan  supervisi akademik  terhadap  guru  dalam  melaksanakan  penilaian  berorientasi  pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
3.  Memberikan  acuan  pada  pengawas  sekolah  dalam  pelaksanaan  supervisi akademik  dan  manajerial  terhadap  pelaksanaan  penilaian  berorientasi  pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.

Sasaran penggunaan buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini yaitu sebagai berikut:
1.  Guru  Jenjang  Sekolah  Dasar  (SD),  Sekolah  Menengah  Pertama  (SMP),  Sekolah Menengah  Atas  (SMA),  dan  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK)  untuk  mata pelajaran adaptif dan normatif.
2.  Guru  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK)  Produktif,  Bimbingan  Konseling  (BK), Pendidikan  Anak  Usia  Dini  (PAUD)  dan  Pendidikan  Masyarakat  (Dikmas)  serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
3.  Kepala Sekolah /Madrasah. 
4.  Pengawas Sekolah /Madrasah.

Selengkapnya silahkan pelajari Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill), melalui link download yang tersdia di bawah ini.





Demikian warta ihwal Buku Penilaian Berorientasi HOTS Edisi Tahun 2018. Semoga bermanfaat, terima kasih.






0 comments