Rpp Antropologi Sma-Ma-Smk-Mak Kurikulum 2013

11/04/2018
 Selanjutnya kami petikkan isi dari RPP Antropologi Sekolah Menengan Atas RPP Antropologi SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013

Download Contoh RPP Antropologi SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013

Langsung saja, berikut ini yaitu link Download RPP Antropologi SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013:




Lampiran: Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : Sekolah Menengan Atas Paragon

Mata Pelajaran : Antropologi

Kelas/Semester : X/1 (Satu)

Materi Pokok : Unsur-unsur Budaya (Sistem Sosial Budaya)

Alokasi Waktu : 3 x 3 JP




A. Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya.

KI 2 : Mengembangkan sikap (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan mengambarkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar

3.2. Menerapkan konsep-konsep dasar dan keterampilan antropologi dalam memahami keberagaman budaya agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa beserta unsur-unsurnya yang ada di masyarakat.

4.2. Melakukan pengamatan, kajian literatur, diskusi, dan berperan aktif dalam menyikapi secara positif perihal banyak sekali fenomena keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa beserta unsur-unsurnya.

C. Indikator

 Mengidentifikasi unsur-unsur budaya,

 Mendeskripsikan sistem religi/kepercayaan,

 Mendeskripsikan sistem relasi dan organisasi sosial,

 Mendeskripsikan sistem mata pencaharian,

 Mendeskripsikan sistem peralatan dan teknologi,

 Mendeskripsikan bahasa,

 Mengidentifikasikan kesenian,

 Mendeskripsikan sistem pengetahuan,

 Menemukan penerapan unsur-unsur budaya yang ada di masyarakat.

D. Tujuan Pembelajaran

Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi akseptor didik dapat:

 Mengidentifikasi unsur-unsur budaya,

 Mendeskripsikan sistem religi/kepercayaan,

 Mendeskripsikan sistem relasi dan organisasi sosial,

 Mendeskripsikan sistem mata pencaharian,

 Mendeskripsikan sistem peralatan dan teknologi,

 Mendeskripsikan bahasa,

 Mengidentifikasikan kesenian dan,

 Mendeskripsikan sistem pengetahuan.

Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan akseptor didik dapat:

 Menemukan penerapan unsur-unsur budaya yang ada di masyarakat.

E. Materi Pembelajaran

Fakta

 Berbagai macam hasil kebudayaan dari suatu suku bangsa, menyerupai kesenian, upacara keagamaan, sistem teknologi, sistem mata pencaharian dan lain-lain.

Konsep

 Unsur-unsur kebudayaan, pengertian dari sistem religi/kepercayaan, sistem relasi dan organisasi sosial, sistem pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, bahasa, kesenian, dan sistem pengetahuan.

Prinsip

 Masyarakat sebagai sekumpulan insan yang saling bergaul dan berinteraksi antara sesamanya dengan norma-norma atau nilai-nilai yang berlaku.

 Masyarakat yaitu sebuah sistem yaitu sistem sosial budaya yang didalamnya terdapat komponen-komponen atau unsur-unsur sosial budaya yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

 Masyarakat sebagai sistem sosial budaya (cultural universal) merupakan suatu kesatuan dimana terjadi proses pembiasaan di antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai keselarasan.

F. Metode Pembelajaran

 Pendekatan: Saintifik

 Model Pembelajaran: inquiry, discovery learning

 Metode: Ceramah, diskusi, penugasan, presentasi

G. Alat/Media/Bahan

 Media : artikel, presentasi power point

 Alat/Bahan : spidol, papan tulis, kertas karton, penggaris, LCD Proyektor, gambar, film

 Sumber berguru : buku pegangan antropologi jilid 1, Buku Antropologi Penunjang Aktifitas Peserta didik, media massa baik media cetak (koran, majalah, dll) maupun media elektronik (TV, internet, dll) dan hands out

Untuk lebih lengkapnya, kami persilahkan untuk mendownload file yang kami sediakan di atas.

Demikianlah goresan pena kami yang berjudul:

RPP Antropologi SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013

Semoga sebaran bahan terkait manajemen guru ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!

0 comments