Download Contoh RPP Antropologi SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013
Langsung saja, berikut ini yaitu link Download RPP Antropologi SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013:Baca Juga:
Selanjutnya kami petikkan isi dari RPP Antropologi SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 tersebut:
Lampiran: Contoh RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Paragon
Mata Pelajaran : Antropologi
Kelas/Semester : X/1 (Satu)
Materi Pokok : Unsur-unsur Budaya (Sistem Sosial Budaya)
Alokasi Waktu : 3 x 3 JP
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan sikap (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan mengambarkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.2. Menerapkan konsep-konsep dasar dan keterampilan antropologi dalam memahami keberagaman budaya agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa beserta unsur-unsurnya yang ada di masyarakat.
4.2. Melakukan pengamatan, kajian literatur, diskusi, dan berperan aktif dalam menyikapi secara positif perihal banyak sekali fenomena keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa beserta unsur-unsurnya.
C. Indikator
Mengidentifikasi unsur-unsur budaya,
Mendeskripsikan sistem religi/kepercayaan,
Mendeskripsikan sistem relasi dan organisasi sosial,
Mendeskripsikan sistem mata pencaharian,
Mendeskripsikan sistem peralatan dan teknologi,
Mendeskripsikan bahasa,
Mengidentifikasikan kesenian,
Mendeskripsikan sistem pengetahuan,
Menemukan penerapan unsur-unsur budaya yang ada di masyarakat.
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi akseptor didik dapat:
Mengidentifikasi unsur-unsur budaya,
Mendeskripsikan sistem religi/kepercayaan,
Mendeskripsikan sistem relasi dan organisasi sosial,
Mendeskripsikan sistem mata pencaharian,
Mendeskripsikan sistem peralatan dan teknologi,
Mendeskripsikan bahasa,
Mengidentifikasikan kesenian dan,
Mendeskripsikan sistem pengetahuan.
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan akseptor didik dapat:
Menemukan penerapan unsur-unsur budaya yang ada di masyarakat.
E. Materi Pembelajaran
Fakta
Berbagai macam hasil kebudayaan dari suatu suku bangsa, menyerupai kesenian, upacara keagamaan, sistem teknologi, sistem mata pencaharian dan lain-lain.
Konsep
Unsur-unsur kebudayaan, pengertian dari sistem religi/kepercayaan, sistem relasi dan organisasi sosial, sistem pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, bahasa, kesenian, dan sistem pengetahuan.
Prinsip
Masyarakat sebagai sekumpulan insan yang saling bergaul dan berinteraksi antara sesamanya dengan norma-norma atau nilai-nilai yang berlaku.
Masyarakat yaitu sebuah sistem yaitu sistem sosial budaya yang didalamnya terdapat komponen-komponen atau unsur-unsur sosial budaya yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
Masyarakat sebagai sistem sosial budaya (cultural universal) merupakan suatu kesatuan dimana terjadi proses pembiasaan di antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai keselarasan.
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik
Model Pembelajaran: inquiry, discovery learning
Metode: Ceramah, diskusi, penugasan, presentasi
G. Alat/Media/Bahan
Media : artikel, presentasi power point
Alat/Bahan : spidol, papan tulis, kertas karton, penggaris, LCD Proyektor, gambar, film
Sumber berguru : buku pegangan antropologi jilid 1, Buku Antropologi Penunjang Aktifitas Peserta didik, media massa baik media cetak (koran, majalah, dll) maupun media elektronik (TV, internet, dll) dan hands out
Untuk lebih lengkapnya, kami persilahkan untuk mendownload file yang kami sediakan di atas.
Demikianlah goresan pena kami yang berjudul:
RPP Antropologi SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013
Semoga sebaran bahan terkait manajemen guru ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!
0 comments