Soal Usbn Ipa Sd Mi Tahun 2018 2019 (Dan Kunci Tanggapan – Pembahasan)

7/05/2018
 Soal Latihan dan Pembahasa Soal USBN IPA SD  SOAL USBN IPA SD  MI TAHUN 2018 2019 (DAN KUNCI JAWABAN – PEMBAHASAN)

Soal USBN IPA SD  MI Tahun 2018 2019 (dan Kunci Jawaban – Pembahasan). IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) secara garis besar berarti suatu cabang ilmu sains yang mempelajari fenomena alam melalui observasi dan menganalisis bukti-bukti empiris sehingga bisa menjabarkan, memprediksi dan memahami fenomena alam tersebut. Di dalam ilmu pengetahuan alam kriteria-kriteria ibarat validitas, akurasi dan prosedur sosial untuk menjamin kualitas harus ada di setiap observasi dan analisis bukti empiris. Menurut H.W. Fowler dkk, IPA yakni ilmu yang mempelajari gejala-gejala kebendaan melalui pengamatan dan induksi dan dilakukan secara perumusan dan sistematis.Sedangkan Nokes berpendapat, di dalam buku Science in Education, bahwa pengertian IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) adalah pengetahuan teoritis yang didapat melalui suatu metode khusus.Ilmu pengetahuan alam dibagi menjadi dua cabang utama yaitu ilmu hayati dan ilmu alam.

Saat ini IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Materi Pelajaran IPA SD antara lain: makhluk hidup dan proses kehidupan, benda dan sifatnya, energi dan perubahannya, bumi dan alam semesta, sifat-sifat cahaya, Konsep kelistrikan dan kemagnetan,  jenis-jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari, insiden pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, tugas kalor dalam mengubah suhu dan wujud benda dan materi lainnya

Selain sebagai mata pelajaran wajib mata pelajaran IPA di SD  Juga termasuk salah satu mata pelajaran yang di-USBN-kan atau pelaksanaan ujian termasuk kelompok Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sebagai salah satu mata pelajaran wajib, tentunya nilai mata pelajaran ini kuat terhadap kelulusan siswa dari sekolah.

Untuk membantu siswa dalam menghadapi Soal USBN IPA SD  MI Tahun 2019 berikut ini admin pola Latihan soal dan pembahasan Soal USBN IPA SD  MI Tahun 2018. Semoga dengan mempelajari Latihan Soal USBN IPA SD  MI Tahun 2019 yang sudah terang disusun sesuai kisi-kisi USBN IPA SD tahun 2018/2019 ini akan membantu para siswa SD – MI dalam menghadapi USBN tahun 2018/2019 yang akan datang.

Berikut ini Latihan Soal USBN IPA SD  MI Tahun 2018-2019 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN IPA SD Tahun 2018.




Link Download Latihan Soal USBN IPA SD  MI Tahun 2018-2019 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN IPA SD Tahun 2018 ---disini---

Berikut Pembahasan atau Kunci Jawaban Latihan Soal USBN IPA SD  MI Tahun 2018-2019 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN IPS SD Tahun 2018.


PEMBAHASAN USBN IPA SD – MI TAHUN 2018
1. Jawaban D (Pilihan A salah alasannya yakni ayam dimakan belalang, Pilihan B salah alasannya yakni tikus dimakan kelinci, Pilihan C salah alasannya yakni kucing dimakan ayam)
2. Jawaban  B (Cara pembiasaan enceng gondok Akarnya lebat Tangkai daun berongga Batang beruas dimiliki bambu dan tebu)
3. Jawabab A (Hubungan antara flora paku dan pohon kelapa yakni simbiosis komensalisme, alasannya yakni flora paku mendapat daerah hidup sedangkan pohon kelapa tidak mendapat laba dan tidak pula dirugikan)
4. Jawaban D (Tumbuhan yang menggulungkan daun untuk mengurangi penguapan contohnya: jagung, tebu, padi. D
5. Jawaban C (Gajah tidak perlu melaksanakan penyamaran alasannya yakni merupakan binatang yang kuat)
6. Jawaban  D (Menyemburkan cairan ibarat tinta : cumi-cumi, Mengeluarkan zat berbisa : ular, Memutuskan ekornya : cecak, Mengeluarkan bacin menyengat : walang sangit)
7.  Jawaban B (Urutan rantai makanan: rumput – belalang – burung – ular. Jika salah satu punah maka urutan rantai masakan di depannya akan meningkat, dan di belakangnya akan menurun.
8.  Jawaban B
9.  Jawaban  D (Ciri pubertas laki-laki: Tumbuh jakun, Dada membidang, Tumbuh kumis, Mimpi basah)
10. Jawaban  A (Fungsi tulang rusuk: Melindungi jantung dan Melindungi paru-paru)
11. Jawaban  A (telur → ulat (larva/nimfa) → kepompong (pupa) → binatang cukup umur (imago))
12. Jawaban  D (Bambu → tunas Lumut → spora Apel → biji kunyit → akar tinggal Stroberi → geragih)
13. Jawaban  A (Metamorfosis sempurna: melewati fase kepompong (pupa) dan antara fase larva dan cukup umur berbeda jauh. Contoh: kupu-kupu, katak, nyamuk, lalat, tawon, undur-undur, lebah Metamorfosis tidak sempurna: tidak melewati fase kepompong Contoh: belalang, kecoa, capung, tenggoret, jangkrik, rayap)
14. Jawaban  D (Otot merupakan alat gerak aktif sedangkan tulang merupakan alat gerak pasif)
15. Jawaban A
16. Jawaban  C (Konstipasi (sembelit) kondisi sulit buang air besar secara teratur dan tuntas. Muntaber (muntah berak) disertai pusing. Disentri yakni nanah pada usus yang menjadikan diare yang disertai darah atau lendir. Diare merupakan buang air besar encer dengan frekuensi yang sering. Tifus yakni penyakit yang terjadi alasannya yakni nanah basil Salmonella typhi dan umumnya menyebar melalui masakan dan minuman yang telah terkontaminasi)
17. Jawaban B
18. Jawaban D (Mentega dipanaskan: mencair; Balok es pada suhu ruangan: mencair; Bunga es yang terbentuk di freezer: membeku; Kapur barus yang digunakan: menyublim)
19. Jawaban B
20. Jelas C
21. Jawaban  B (Air dipanaskan akan menguap, terkena suhu cuek akan mengembun)
22. Jawaban B (Senter: energi kimia menjadi energi listrik menjadi energi cahaya)
23. Jawaban  B (Melewati beling = menembus benda bening, membentuk bayangan meja = merambat lurus)
24. Jawaban  C (Sudip terasa panas → konduksi Bagian luar gelas terasa hangat ketika diisi air panas → konduksi Badan terasa hangat ketika di samping api unggun → radiasi Terjadi angin darat pada malam hari → konveksi)
25. Jawaban  A (Stopwatch: kimia → listrik → cahaya)
26. Jawaban  C Perubahan energi pada gambar yaitu dari listrik menjadi panas C
27. Jawaban A
28. Jawaban  D (Untuk menciptakan paku menjadi magnet, maka perlu lilitan kawat pada paku yang dialiri arus listrik)
29. Jawaban A
30. Jawaban C
31. Jawaban B
32. Jawaban B
33. Jawaban  B (Tepung kanji = tepung tapioka dibentuk dari saripati singkong Tepung maizena dibentuk dari saripati jagung)
34. Jawaban C
35. Jawaban B
36. Hasil panen sayur tercemar pestisida Terjadi pencemaran pada lingkungan Hama tumbuhan menjadi kebal Konsumen tingkat 2 punah
37. 4-9-5-10-1 2-7-6-8-3 10-1-2-7 8-3-4-9 38. Perut terasa mual Lambung terasa perih Perut kembung Ulu hati terasa nyeri
39. Air maritim dalam tambak menguap Volume air maritim dalam tambak berkurang Suhu air di dalam tambak naik


40. Evaporasi/penguapan: proses penguapan air di permukaan air maritim Kondensasi/pengembunan: proses perubahan uap air menjadi titik-titik air Transpirasi: proses penguapan air pada tanaman 

Demikian informasi wacana Latihan Soal dan Pembahasan USBN IPA SD – MI Tahun 2018-2019. Semoga bermanfaat dalam membatu persiapan siswa SD/MI dalam menghadapi USBN yang sebentar lagi akan dilaksanakan.







0 comments