Kegiatan Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran |
Tanpa disadari, seorang guru bergotong-royong ketika mengajar telah mengaplikasikan ketiga kegiatan tersebut, namun terkadang sebagian guru belum paham dengan pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi sehingga diadakan sosialisasi maupun pembinaan perihal kegiatan tersebut.
Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, disebutkan pengertian ketiga istilah tersebut, yaitu:- Eksplorasi dalam pendidikan yakni kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman gres dari situasi yang baru.
- Elaborasi yakni penggarapan (pengerjaan) secara tekun dan cermat.
- Konfirmasi yakni pembenaran, penegasan, dan pengesahan
Sedangkan pengaplikasian ketiga istilah tersebut dalam proses pembelajaran yakni sebagai berikut :
Eksplorasi
Kegiatan eksplorasi yakni kegiatan dalam mencari dan menghimpun info dengan memakai media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi akseptor didik berinteraksi sehingga siswa (peserta didik) aktif, mendorong siswa mengamati aneka macam gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan tanda-tanda pada tragedi lain, mengamati objek di lapangan dan laboratorium.Peran guru dan siswa (peserta didik) dalam siklus eksplorasi
Peran siswa :
- membaca, berdiskusi, atau melaksanakan percobaan
- mengumpulkan dan mengolah data
Peran Guru :
- menggunakan aneka macam pendekatan dan media
- memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan sumber belajar
- melibatkan siswa secara aktif
Elaborasi
Kegiatan klarifikasi terperinci yakni kegiatan membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan perihal sesuatu, membangun janji melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan akseptor didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.Peran guru dan siswa (peserta didik) dalam siklus elaborasi
Peran siswa :
- melaporkan hasil eksplorasi secara mulut atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
- menanggapi laporan atau pendapat teman
- mengajukan argumentasi dengan santun
Peran Guru :
- memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis, menganalisis, memecahkan masalah,
- bertindak tanpa rasa takut
- memfasilitasi siswa untuk berkompetisi
Konfirmasi
Kegiatan konfirmasi, yakni kegiatan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan siswa melalui pengalaman belajar, menawarkan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil mencar ilmu dengan memakai teori yang dikuasai guru, menambah info yang seharusnya dikuasai akseptor didik, mendorong akseptor didik untuk memakai pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpercaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi mencar ilmu semoga lebih bermakna.Setelah memperoleh keyakinan, maka siswa mengerjakan tugas-tugas untuk menghasilkan produk mencar ilmu yang konkrit dan kontekstual. Guru membantu siswa menuntaskan duduk masalah dan menerapkan ilmu dalam acara yang faktual dalam kehidupan sehari-hari.
Peran guru dan siswa (peserta didik) dalam siklus konfirmasi
Peran siswa :
- melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya
Peran Guru :
- memberi umpan balik positif kepada siswa
- memberi konfirmasi melalui aneka macam sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
- berperan sebagai narasumber dan fasilitator
- memberi pola semoga siswa melaksanakan pengecekan hasil eksplorasi
- memberi motivasi kepada siswa
Pencarian yang populer
- contoh eksplorasi klarifikasi terperinci dan konfirmasi dalam rpp
- eksplorasi klarifikasi terperinci dan konfirmasi dalam ktsp
- pengertian eksplorasi klarifikasi terperinci dan konfirmasi dalam kegiatan inti pembelajaran
- pengertian klarifikasi terperinci berdasarkan para ahli
- eksplorasi dalam rpp
- contoh kalimat elaborasi
- pengertian eksplorasi dan eksploitasi
- contoh eksplorasi klarifikasi terperinci dan konfirmasi dalam rpp matematika
0 comments