Pandangan Islam Tentang Hukum SMS Gelap Yang Sering Meresahkan. Seiring berkembangnnya teknologi dizaman now menyerupai kini ini, dan maraknya demam media umum menciptakan seseorang banyak yang salah tingkah. Share sana-sini tanpa mengetahui kebenaran sumbernya dari mana yang penting sanggup share, terlebih lagi seringnya mendapat pesan via SMS atau whatsapp dari orang tak dikenal dengan pesan yang tidak jelas.
Hukum SMS gelap atau pesan yang tidak terang yang kami maksud yaitu pesan yang banyak mengakibatkan keresahan bahkan kekerasan, alasannya yaitu di samping menjanjikan kejutan-kejutan atau kebahagiaan tak terduga, ancamaan atau SMS berhadiah, juga mengakibatkan ketakutan-ketakutan psikologis alasannya yaitu dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat keramat menyerupai Rasulullah saw., para wali, habib, kyai, ayat-ayat Al-Qur’an dll. Semua tiba dari pengirim yang sms tak dikenal.
Fenomena menyerupai ini mengakibatkan banyak masyarakat yang terpengaruhi dengan iming-iming atau khawatir dengan ancaman-ancaman dalam SMS, sehingga menentukan berspekulasi mencari laba atau mencari selamat dengan menuruti perintah dalam SMS tersebut untuk menyebarkannya kembali.
baca juga:
Buka HP ketika khutbah berlangsung
Menggunakan akomodasi masjid
Sebagai pola pesan tersebut menyerupai berikut ini:
"Tanzilal 'azizir rahim litundzira qauman ma undzira abauhum fahum ghafilun".
Kirim ayat surat yasin ini minimal ke 10 orang, insya Allah 2 jam lalu kau akan mendengar kabar baik dan mendapat kebahagiaan, Demi Allah ini amanah dari Habib Muh bin Hasan al-Athas Pekalongan. Mohon jangan dihapus sebelum disebarkan ke 10 orang. Jika tidak kau akan mendapat sesuatu yang tidak diinginkan.
Pertanyaan:
- Bagaimana aturan mempercayai janji-janji atau ancaman-ancaman bagi peserta SMS menyerupai dalam deskripsi?
- Bagaimana aturan mengembangkan kembali SMS tersebut?
Jawaban:
- Haram, alasannya yaitu termasuk membenarkan sesuatu yang ghaib yang tidak ada dasarnya baik secara adat, nalar atau syariat.
- Haram, alasannya yaitu mengembangkan isu yang belum terang kebenarannya dan berpotensi mengakibatkan keresahan masyarakat.
1. بريقة محمودية ألجزء الأول صحـ 274
( وعد التطير من الموهوم يوهم الجواز) بل يدل لقوله (كقرينيه) أي الكي والرقية (بل هو حرام اختلف في كونه كفرا) لنسبة التأثير إلى غيره تعالى (ذكره قاضي خان وغيره) قيل عن البزازية صاحت الطير فقال رجل يموت المريض أو خرج إلى السفر فرجع لصياح العقعق كفر عند بعضهم وقيل لا وهو الأصح كما نقل عن عمدة المفتي لأنه على وجه التفاؤل والأحاديث في منع الطيرة كثيرة نحو { لا عدوى ولا طيرة ولا هامة ولا صفر ولا غول } ونحو { الطيرة شرك } (فظهر أن الطب ليس بفرض) ولا واجب (بل هو مستحب عندنا) وقد سبق من الأحاديث { لكل داء دواء فإذا أصيب دواء الداء برئ بإذن الله تعالى } . عن النووي في شرح مسلم فيه استحباب الدواء وهو مذهب أصحابنا وجمهور السلف وعامة الخلف . قال القاضي في هذه الأحاديث صحة علم الطب وجوازه واستحبابه ورد لمنكر التداوي كغلاة الصوفية لأن فاعل الكل هو الله تعالى والتداوي من قدر الله . ويحتج بهذه الأحاديث ومثله الأمر بالدعاء وقتال الكفار والتجنب عن التهلكة والقصاص والدية على القاتل مع أن الأجل واحد لا يتقدم ولا يتأخر . (وقال الغزالي رحمه الله تعالى في الإحياء إنه) أي الطب (فرض كفاية) لعل هذا إشارة إلى فائدة لفظ عندنا آنفا لكن قد سمعت سابقا كونه كذلك عندنا أيضا أي الحنفية كما في التتارخانية .
2. أنوار البروق في أنواع ال
( وعد التطير من الموهوم يوهم الجواز) بل يدل لقوله (كقرينيه) أي الكي والرقية (بل هو حرام اختلف في كونه كفرا) لنسبة التأثير إلى غيره تعالى (ذكره قاضي خان وغيره) قيل عن البزازية صاحت الطير فقال رجل يموت المريض أو خرج إلى السفر فرجع لصياح العقعق كفر عند بعضهم وقيل لا وهو الأصح كما نقل عن عمدة المفتي لأنه على وجه التفاؤل والأحاديث في منع الطيرة كثيرة نحو { لا عدوى ولا طيرة ولا هامة ولا صفر ولا غول } ونحو { الطيرة شرك } (فظهر أن الطب ليس بفرض) ولا واجب (بل هو مستحب عندنا) وقد سبق من الأحاديث { لكل داء دواء فإذا أصيب دواء الداء برئ بإذن الله تعالى } . عن النووي في شرح مسلم فيه استحباب الدواء وهو مذهب أصحابنا وجمهور السلف وعامة الخلف . قال القاضي في هذه الأحاديث صحة علم الطب وجوازه واستحبابه ورد لمنكر التداوي كغلاة الصوفية لأن فاعل الكل هو الله تعالى والتداوي من قدر الله . ويحتج بهذه الأحاديث ومثله الأمر بالدعاء وقتال الكفار والتجنب عن التهلكة والقصاص والدية على القاتل مع أن الأجل واحد لا يتقدم ولا يتأخر . (وقال الغزالي رحمه الله تعالى في الإحياء إنه) أي الطب (فرض كفاية) لعل هذا إشارة إلى فائدة لفظ عندنا آنفا لكن قد سمعت سابقا كونه كذلك عندنا أيضا أي الحنفية كما في التتارخانية .
2. أنوار البروق في أنواع ال
Referensi hasil keputusan bahtsul masail FMPP XXI se jawa timur dalam rangka peringatan 1 kala PP. Lirboyo, 03 Juni 2010.
- Buraiqah Mahmudiyyah juz 1 hal. 274
- Anwar Al Buruq juz 4 hal. 263
- Al Fatawi Al Haditsiyyah juz 1 hal. 469
- Fath Al Bari juz 1 Hal. 80
- Faidl al Qadir juz 6 hal. 30
- Fath Al ‘Aly juz 1 hal. 209
- Buraiqah Mahmudiyyah juz 3 hal. 124
- Faidl al Qadir juz 5 hal. 2
- Az Zawajir “aniqtirafil Kaba-ir juz 2 hal. 169- 176
- Al Fiqh Al Islami juz 4 hal. 388
0 comments