Pengertian Ilmu Komputer Dan Cabang-Cabangnya Berdasarkan Para Ahli

4/03/2019
Pengertian dan Cabang-Cabang Ilmu Komputer Menurut para Ahli_Dalam setiap bidang ilmu apapun tentunya mempunyai beberapa cabang dan turunan. Masing-masing turunan ilmu tersebut tentunya mempunyai tujuan yang berbeda meskipun konsep dasar ilmu yang dipakai ialah sama. Tidak terkecuali dengan ilmu komputer atau komputer Science. Ilmu komputer secara umum sanggup didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari ihwal komputasi, perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).
Dalam setiap bidang ilmu apapun tentunya mempunyai beberapa cabang dan turunan Pengertian Ilmu Komputer dan Cabang-Cabangnya Menurut para Ahli

Ilmu komputer meliputi semua yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa ajaib hingga topik  yang lebih kasatmata menyerupai bahasa pemograman, perangkat lunak dan keras pada komputer dan masih banyak lainnya. Ilmu komputer terperinci berbeda dengan teknik komputer. Dalam ilmu komputer, Anda akan lebih ditekankan pada pemograman komputer dan software-software didalamnya. Sedangkan teknik komputer akan lebih menekankan pada perangkat keras komputer (hardware).

Untuk lebih jelasnya mengenai ilmu komputer dan cabang-cabangnya berikut penjelasannya dibawah ini

A. Pengertian ilmu komputer berdasarkan beberapa ahli

Berikut beberapa definisi ilmu komputer berdasarkan beberapa para ahli:

1. Edsger Dijkstra
Menurut Edsger, Ilmu komputer bukan merupakan hal ihwal komputer sebagaimana astronomi bukan lah hal ihwal teleskop.

2. Richard Feynman
Ilmu komputer usianya tidak akan setua fisika, namun lebih muda beberapa ratus tahun. Meskipun begitu, hal ini tidak berarti “hidangan” ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibandingkan dengan fisikawan. Memang jauh lebih muda, namun dibesarkan jauh lebih intensif.

3. Denning
Menurut Denning, Ilmu komputer merupakan studi sistematik yang berkaitan ihwal proses algoritmik yang menjelaskan transformasi gosip baik hal tersebut berupa teori, analisa, desain, efisiensi, dan aplikasi-aplikasi yang ada.

Ilmu komputer merupakan sebuah hal yang mempelajari apa yang sanggup dan tidak sanggup dilakukan oleh beberapa acara (komputabilitas dan intelegensia buatan), ihwal bagaimana sebuah acara harus mengevaluasi sebuah hasil (algoritma), bagaimana sebuah acara harus menyimpan dan mengambil bit dari sebuah infromasi (struktur data) dan masih banyak lainnya.

B. Cabang Cabang Ilmu Komputer 

1. Matematika Komputasi
Cabang ilmu matematika komputasi merupakan ilmu matematika yang memakai komputasi khususnya kompter untuk menuntaskan duduk kasus yang ada. Seiring dengan perkembangan teknologi, ilmu matematika semakin berkembang dan peranan komputasi sanggup membantu menuntaskan permasalahan dalam bidang matematika itu sendiri.

Ilmu komputasi merupakan bidang ilmu yang mempunyai fokus khusu pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian yang numerik. Selain itu, penggunaan komputer juga dimanfaatkan untuk menganalisis serta memnbantu memecahkan permasalahan dalam bidang ilmu sains.

Komputasi juga sanggup didefinsikan sebagai cara untuk memecahkan permasalahan melalui data input dengan memakai algoritma. Komputasi ialah sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Ilmu komputasi menggabungkan dua ilmu berbeda didalamnya yaitu komputer dan matematika.

2. Data Warehouse
Data warehouse mempunyai beberapa definisi yang berbeda berdasarkan pendapat beberapa ahli, diantaranya:
  • Menurut WH. Inmon dan Richard, data warehouse merupakan koleksi data yang mempunyai sifat berorientasi pada subjek, terintegrasi, time-wariant, dan yang mempunyai sifat tetap dari koleksi data. 
  • Menurut Vidette Poe, data warehouse merupakan database yang mempunyai sifat analisis dan read only. Sehingga dipakai untuk pondasi dari sistem penunjang keputusan.
  • Menurut Paul Lane, data warehouse merupakan database yang relasional dan kemudian didesain lebih query dan analisa dari proses transaksi. Database ini biasanya mempunyai history data dari proses transaksi ataupun juga dari sumber data lainnya. Data warehouse akan memisahkan beban kerja analisis dari beban kerja transaksi sehingga memungkinkan organisasi menggabungkan data dari banyak sekali macam sumber.
Sehingga sanggup disimpulkan bahwa, data warehouse ialah database yang saling bereaksi satu sama lainnya yang dipakai untuk query dan analisis. Memiliki sifat orientasi subjek, terintegrasi, time-variant, dan tidak berubah kalau dipakai untuk pengambilan keputusan.

3. Keamanan internet
Cabang ilmu komputer ini dipakai untuk melindungi sumber-sumber dan gosip data langsung didalam internet. Ketika komputer terhubung ke dalam jaringan dan saling mulai berkomunikasi, maka tentunya terdapat beberapa resiko yang harus diperhatikan.

Keamanan internet meliputi pinjaman terhadap akun dan file internet di dalam komputer dari serangan atau gangguan asing. Contoh sederhanya ialah menyarankan  memilih password yang baik, mengubah file permission dan masih banyak lainnya.

4. Mobile Computing
Cabang ilmu ini mengacu pada rancangan paradigma yang dipakai untuk melaksanakan kegiatan atau perjalanan bisnis  yang berpindah-pindah dari satu kawasan ke kawasan lainnya. Beberapa teladan mobile computing antara lain ialah Notebook, Personal Digital Assistant (PDA), wireless mobile computing, smartphone, dan lain lainnya.

Dengan memakai mobile computing, Anda sanggup melaksanakan pekerjaan dan acara Anda dimanapun Anda berada dengan memakai perangkat kendaraan beroda empat dan wireless computing.

Seluruh perangkat mobile membutuhkan koneksi dengan jaringan telekomunikasi yang diubahsuaikan dengan tujuan, kapabilitas dan ketersediaan koneksi setiap saat. Terdapat 4 jenis jaringan telekomunikasi yang sanggup Anda gunakan, yaitu:
  • Personal Area Network (PAN) , untuk lingkup yang sangat kecil
  • Wireless Local Area Network (WLAN)
  • Wireless Metropolitan Area Network (WMAN)
  • Wireless Wide Area Network (WWAN)
5. Algoritma
Cabang ilmu ini dipakai untuk memecahkan masalah. Definisi umum logaritma sendiri ialah urutan logis dalam pengambilan keputusan untuk memecahkan sebuah masalah. Jadi, Algoritam diharapkan untuk memperlihatkan perintah kepada komputer untuk mengambil langkah-langkah tertentu untuk memecahkan sebuah kasus yang ada. Algoritma tidak cukup untuk hanya benar saja, namun juga harus akurat dan efisien.

Beberapa karakteristik ilmu algoritma adalah:
  • Algoritma tidak hanya benar namun juga harus akurat dan efisien. Algoritma numerik akan mengakumulasikan kesalahan-kesalahan yang diakibatkan dari pembulatan yang kurang akurat. 
  • Algoritma akan membutuhkan interaksi yang akan menyebabkan penggunaan memori dan penyimpanan dalam komputer yang besar.
  • Digunakannya pembuatan kode acara dan teknik yang dipakai untuk menciptakan kode menjadi lebih efisien. Yang perlu Anda ingat adala algoritma yang efisien didalam satu kasus akan menjadi tidak efisien dalam kasus lain sehingga membutuhkan algoritma yang lebih efisien lagi. 
6. Interaksi manusia-komputer
Interaksi antara insan dan komputer merupakan sebuah rancangan acara komputer yang dipakai untuk menmabntu manusia. Yang dimaksud disini ialah untuk mempelajari interaksi yang terjadi baik antara insan dengan komputer atau insan dengan insan melalui sebuah dialog. Menggunakan bahasa yang dipahami oleh insan itu sendiri. beberapa komponen interaksi antara insan dan komputer antara lain:
  • USER, merupakan pengguna secara individu
  • Komputer, teknologi yang dipakai untuk mengontrol proses atau sistem yang ada.
7. Pemograman Komputer
Pemograman komputer merupakan kumpulan kumpulan arahan yang sering disebut dengan source code. Biasanya source code dibentuk oleh seorang programmer dalam sebuah bahasa pemograman. Di dalam pemograman komputer terdapat compiler atau kamus yang dipakai untuk menerjemahkan bahasa pemograman ke dalam bahasa mesin biar komputer sanggup bekerja sesuai dengan acara yang diperintahkan.

Demikian ulasan yang sanggup kami sampaikan mengenai pengertian ilmu komputer dan beberapa cabang-cabang dari ilmu tersebut. Semoga gosip di atas sanggup bermanfaat.

0 comments