Download Silabus Fikih MA Kelas 10 (Sepuluh/X) dan 11 (Sebelas/XI) Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 pdf
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas/Program : XI (Sebelas) /IPA-IPS-Bahasa-Kejuruan
Semester : Ganjil
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan aliran agama Islam
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai pecahan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan k ejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
Berikut yakni tautan Download Silabus Fikih MA Kelas 10 (Sepuluh/X) dan 11 (Sebelas/XI) Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 pdf:
Berikut yakni kutipan dari isi silabus tersebut:
KOMPETENSI DASAR | MATERI | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER |
---|---|---|---|---|---|
1.1. Menghayati hikmahsyariat Islam perihal aturan jinayat | Menanamkan prilaku menjauhi perbuatan jinayat | Penilaian diri Penilaian sejawat Observasi Catatan/jurnal | |||
2.1 Menunjukkan sikapadil dan tanggung | Membiasakan prilaku menjauhi perbuatan jinayat | Penilaian diri Penilaian | |||
jawab dalampenerapan bahan aturan jinayat | sejawat Observasi Catatan/jurnal | ||||
3.1 menjelaskanketentuan Allah perihal jinayat dan hikmahnya4.1 Menunjukkan contoh-contoh pelanggaran yang terkena ketentuan | Ketentuan Allahtentang jinayat dan hikmahnyaContoh-contoh pelanggaran yang terkena ketentuan jinayat | Mengamati : menyimak klarifikasi guru perihal pengertian pembunuhan mengamati tayangan slide perihal pembunuhan Membaca ulang materiMenanya : memperlihatkan balasan hasil klarifikasi guru perihal pembunuhan Melakukan Tanya jawab perihal slide yang belum difahami terkait pembunuhanEksplorasi/eksperimen : Menggali isu perihal pembunuhan Menemukan pengertian pembunuhanMengasosiasi : merumuskan pengertian pembunuhan memilah dan membandingkan macam macampembunuhanMengkomunikasikan : memaparkan secara bergantian di depan kelas. | Tes tulisdengan soal uraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal- soal menjodohkan, Tes verbal dengan soal- soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus. Penugasanuntuk menguatkan penguasaan materi Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi Proyek, memberi kiprah pengayaan materi Portofolio, produk sesuai | 2 Xpertemuan | - Buku FikihPegangan Siswa, Kemenag2014- Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag2014- Buku-bukuPenunjanglain yangRelevan.- AksesInternet yang sesui dengan kebutuhan |
jinayat | desainpenilaian | ||||
1.2 Meyakini syariatIslam perihal aturan hudud | Membimbing sikap menjauhi perbuatan jaraimilhudud | Penilaian diri Penilaian sejawat Observasi Catatan/jurnal | |||
2.2 Menunjukkansikap adil dan tanggungjawab dalam penerapan bahan aturan hudud | Membiasakan sikap menjauhi perbuatan jaraimilhudud | Penilaian diri Penilaian sejawat Observasi Catatan/jurnal | |||
3.2 Menjabarkanketentuan Allahtentang hudud dan hikmahnya | Ketentuan Allahtentang hududdan hikmahnya | Mengamati : menyimak perihal pengertian pengurusan jenazah Mengamati praktik-praktik yang menjerumuskan kepada perbuatan zina membaca bahan ajarMenanya : memperlihatkan balasan hasil pengamatan tentangpengertian zina Saling Tanya jawab perihal praktik-praktik yangmenjerumuskan kepada perbuatan zinaEksplorasi/eksperimen : Menggali isu perihal pengertian zina Melacak dampak negative perbuatan zina Mencari landasan syar’i larangan prilaku zina Menemukan bahaya eksekusi pelaku zinaMengasosiasi : | Tes tulisdengan soaluraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal- soal menjodohkan, Tes lisandengan soal- soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus. Penugasan untuk menguatkan | 2 Xpetemuan | - Buku FikihPeganganSiswa, Kemenag2014- Buku FikihPedoman Guru, Kemenag2014- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan |
4.2 Menunjukkancontoh-contoh pelanggaran yang terkena ketentuan hudud | Contoh-contohpelanggaran yang terkena ketentuan hudud | merumuskan pengertian zina Membuat langkah-langkah menghindari prilaku zina Menyimpulkan eksekusi pelaku zina di dunia danakhiratMengkomunikasikan : Memaparkan pengertian zina Mempresentasikan langkah-langkah menghindari prilaku zina | penguasaanmateri Unjuk kerja,dengan praktek atau simulasi Proyek, memberi tugaspengayaan materi Portofolio, produk sesuaidesain penilaian | ||
1.3 Meyakini syariatIslam tentangbughat | Meyakinkan penerima didik bahwa NKRI sesuai dengansyariat Islam Membimbing penerima didik mendapatkan NKRI sebagai konsep kenegaraan yang bersifat final | Penilaian diri Penilaian sejawat Observasi Catatan/jurnal | |||
2.3 Menunjukkansikap adil dan tanggungjawab dalam penerapan bahan aturan bughat | Membiasakan penerima didik taat dan patuh kepadaNegara Kesatuan Republik Indonesia | Penilaian diri Penilaian sejawat Observasi Catatan/jurnal | |||
3.3 Memahami hukumIslam tentangbughat dan hikmahnya | Hukum Islamtentang bughatdan hikmahnya | Mengamati : Menyimak klarifikasi guru perihal bughat mengamati tayangan slide perihal perbuatan bughatMenanya : Memberikan balasan hasil klarifikasi guru tentangbughat | Tes tulisdengan soaluraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal- | 2XPertemuan | - Buku FikihPeganganSiswa, Kemenag2014- Buku FikihPedoman |
4.3 Menunjukkan pola pelanggaran yang terkena ketentuan bughat | Presentasicontoh perbuatan bughat dan sikap menjauhinya | Tanya jawab yang belum dipahami dalam slide yangditayangkanEksplorasi/eksperimen : Menggali isu perihal bughat Menelaah Undang undang perihal NKRI Membandingkan perbuatan bughat danpemberontakan terhadap NKRI Mendiskusikan perihal konsep NKRIMengasosiasi : menjelaskan perihal tindakan bughatMengkomunikasikan : mempresentasikan/menyajikan hasil diskusinyatentang konsep NKRI | soalmenjodohkan, Tes lisandengan soal- soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus. Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi Proyek,memberi kiprah pengayaan materi Portofolio,produk sesuai desain penilaian | Guru,Kemenag2014- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan- | |
1.4 Menerima hukumperadilan Islam | Membimbingkan sikap mendapatkan Pelaksanaan kurbandan akikah | Penilaian diri Penilaian sejawat Observasi Catatan/jurnal | |||
2.4 Menunjukkansikap patuh pada | Membiasakan kepedulian dalam Pelaksanaan kurbandan akikah | Penilaian diri | |||
hukum | Penilaiansejawat Observasi Catatan/jurnal | ||||
3.3 Menganalisisketentuan Islamtentang peradilan dan hikmahnya4.4 Menunjukkan pola penerapan ketentuan Islam perihal peradilan | Ketentuan Islamtentang peradilandan hikmahnyaContoh penerapan ketentuan Islam ketentuan Islam perihal peradilan | Mengamati : mengamati tayangan slide perihal peradilan membaca membaca buku latih perihal peradilanMenanya : Memberikan balasan hasil tayangan tentangperadilan memperlihatkan balasan perihal kedudukan hakimwanitaEksplorasi/eksperimen : Menggali isu perihal peradilanMengasosiasi : merumuskan pengertian peradilan menyimpulkan ketentuan dan syarat hakimMengkomunikasikan : Memaparkan secara bergantian, perihal pengertian peradilan | Tes tulisdengan soaluraian non obyektif, analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal- soal menjodohkan, Tes lisandengan soal- soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus. Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi Proyek,memberi kiprah pengayaan materi. Portofolio, | 2 XPertemuan | - Buku FikihPeganganSiswa, Kemenag2014- Buku FikihPedoman Guru, Kemenag2014- Buku-buku Penunjang lain yang Relevan.- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan |
produk sesuaidesain penilaian |
KOMPETENSI DASAR | MATERI | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASIWAKTU | SUMBER |
---|---|---|---|---|---|
1.1 Menghayati pesan yang tersirat dariketentuan Islam tentangpernikahan | Mentadabburi prosesipernikahan yang agung dansacral Merenungi dampak negative sebuah perceraian | Penilaian diri Penilaian sejawat Observasi Catatan/jurnal | |||
2.1 Membiasakan sikaptanggungjawab dalam | Membiasakan sikap taat dantanggungjawab sebagai | Penilaian diri | |||
menerapkan hukumIslam | implementasi dari pemahamantentang ketentuan perkawinan Membiasakan diri mencari jalan tengah dalam menghadapi permasalahan | Penilaian sejawat Observasi Catatan/jurnal | |||
3.1 Menjelaskan ketentuanperkawinan dalamIslam, dan hikmahnya3.2 Memahami ketentuanperkawinan berdasarkan perundang-undangan | Ketentuanpernikahandalam Islam, ketentuan ijab kabul berdasarkan perundang- seruan dan hikmahnya | Mengamati: Mengamati lingkungankeluarga dan masyarakat dalam kaitannya dengan pernikahanMenanya: Melakukan wawancara tentangpernikahan Melakukan Tanya jawabtentang pernikahanMengeksplorasi: Menggali infrmasi tentangpernikahan Mendiskusikan tahapantahapan pernikahanMengasosiasikan: Mengindentifikasi macam-macam pernikahan Membandingkan rumahtangga islami dan kehidupan bebas Mengelompokkan prosesi ijab kabul yang sesuai syariatdan yang tidak sesuai. | Tes tulis dengan soaluraian non obyektif,analisis kasus, atau bisa jadi dengan soal- soal menjodohkan, Tes verbal dengansoal-soal uraian obyektif atau dengan anaalisis kasus. Penugasan untukmenguatkan penguasaan materi Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi Proyek, memberitugas pengayaan materi. Portofolio, produk sesuai desainpenilaian | 8 X pertemuanX 90 menit | - Buku FikihPegangan Siswa,Kemenag 2014- Buku FikihPedoman Guru, Kemenag 2014- Buku-bukuPenunjang lainyang Relevan.- Akses Internetyang sesui dengan kebutuhan |
4.1 Mengkritisi praktik perkawinan yang salah di masyarakat berdasarkan ketentuan aturan Islam4.2 Menunjukkan contoh- perbadaan ketentuan perkawinan dalam Islamdengan undang- undang perkawinan1975 | Hasil analisis praktik perkawinan yang salah di masyarakat berdasarkan ketentuan aturan Islam | Mengkomunikasikan: Mengkomunikasikan tahapantahapan pernikahan | |||
1.2 Menghayati ketentuansyariat Islam dalam melaksanakan pembagian harta warisan dan wasiat | Membimbing penerima didikmerenungi keadilan Allah dalam pembagian harta warisan | Penilaian diri Penilaian sejawat Observasi Catatan/jurnal | |||
2.2 Meningkatkan sikappeduli, jujur dan kerja samasebagai implementasi dari pemahaman perihal ketentuan pembagian harta warisan dan wasiat | Membiasakan penerima didikmemiliki sikap peduli, jujur dan kolaborasi sebagai implementasi dari pemahaman perihal ketentuan pembagian harta warisan | Penilaian diri Penilaian sejawat Observasi Catatan/jurnal | |||
3.3 Menguraikan ketentuanhukum mawaris dan | Ketentuanhukum mawaris | Mengamati: Mengamati lingkungan | Tes tulis dengan soaluraian non obyektif, | 10 Xpertemuan X | - Buku FikihPegangan Siswa, |
wasiat dalam Islam4.3 Mengkritisi praktik waris | dalam IslamHasil analisis | keluarga dan masyarakatdalam membagi harta warisanMenanya: Melakukan wawancara perihal pembagian hartawarisan Melakukan Tanya jawabtentang pembagian harta warisanMengeksplorasi: Menggali isu perihal pembagian harta warisan Mendiskusikan pola praktik pembagian hartawarisanMengasosiasikan: Mengindentifikasi caramembagi harta warisan Membandingkan antarapembagian harta warisan pada masa jahiliyah dan IslamMengkomunikasikan: Mendemontrsikan caramembagi harta warisan | analisis kasus, ataubisa jadi dengan soal- soal menjodohkan, Tes verbal dengan soal-soal uraianobyektif atau dengan anaalisis kasus. Penugasan untuk menguatkan penguasaan materi Unjuk kerja, dengan praktek atau simulasi Proyek, memberi kiprah pengayaanmateri. Portofolio, produksesuai desain penilaian | 90 menit | Kemenag 2014- Buku Fikih Pedoman Guru, Kemenag 2014- Buku-bukuPenunjang lain yang Relevan.- Akses Internet yang sesui dengan kebutuhan |
dalam masyarakat yangtidak sesuai dengan ketentuan aturan Islam | praktik warisdalammasyarakat yangtidak sesuai denganketentuan hukumIslam |
Demikian goresan pena perihal
Download Silabus Fikih MA Kelas 10 (Sepuluh/X) dan 11 (Sebelas/XI) Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 pdf
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!SUMBER: SISTEM INFORMASI KURIKULUM MADRASAH KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
0 comments