Download Kisi-kisi Materi PLPG 2017 Bahasa Bali | pdf dapat Anda temukan pada tautan sebagai berikut:
Berikut kami nukilkan sebagian dari isi kisi-kisi bahan PLPG Bahasa Bali tersebut:
No | Kompetensi Utama | Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
---|---|---|---|---|
Kompetensi Inti Guru (KI) | Kompetensi Guru MataPelajaran (KD) | Indikator PencapaianKompetensi (IPK) | ||
a | b | C | D | E |
1 | Pedagogik | Menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Memahami karakteristik penerima didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | Mengenaliciri-cri pisik. |
2 | Pedagogik | Menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Memahami karakteristik penerima didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | Mengenaliciri-ciri , kehidupan moral. |
3 | Pedagogik | Menguasai karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Memahami karakteristik penerima didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | Mengenaliciri-cirikeyakinan, |
4 | Pedagogik | Menguasai teori berguru dan prinsipprinsip pembelajaran yang mendidik | Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran bahasa Bali. | Mampu memakai aneka macam pendekatanpembelajaran, |
5 | Pedagogik | Menguasai teori berguru dan prinsipprinsip pembelajaran yang mendidik | Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran bahasa Bali. | Mampu memakai aneka macam taktik pembelajaran |
6 | Pedagogik | Menguasai teori berguru dan prinsipprinsip pembelajaran yang mendidik | Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran bahasa Bali. | Mampu mengelola kelas |
7 | Pedagogik | Menguasai teori berguru dan prinsipprinsip pembelajaran yang mendidik | Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran bahasa Bali. | Mampu mengidentifikasi aneka macam metodepembelajaran, bahasa bali |
8 | Pedagogik | Menguasai teori berguru dan prinsipprinsip pembelajaran yang mendidik | Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran bahasa Bali. | Mampu memakai aneka macam metodepembelajaran,bahasa bali |
9 | Pedagogik | Menguasai teori berguru dan prinsipprinsip pembelajaran | Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode, | Mampu menerapkan pendekatan pembelajaran |
yang mendidik | dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran bahasa Bali. | |||
10 | Pedagogik | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | Mengembangkan komponen- komponen rancangan pembelajaran. | mampumelaksanakanpembelaja randenganmemperhatikan komponen-komponen pembelajaran yang mendidik |
11 | Pedagogik | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | Mengembangkan komponen- komponen rancangan pembelajaran | Mampumen demontrasikan pembelajaran dengan memperhatikan komponen- komponen pembelajaran yang mendidik |
12 | Pedagogik | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | Mengembangkan komponen- komponen rancangan pembelajaran | mampumenunjukkanpembelajar andenganmemperhatikan komponen-komponen pembelajaran yang mendidik |
13 | Pedagogik | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran bahasa Bali | Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum | menyusunrencanapembelajaran sesuaikurikulumterkaitmatapelaj aranbahasa Bali |
14 | Pedagogik | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran bahasa Bali | Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum | melaksanakanrencanapembelaj aransesuaikurikulumterkaitmata pelajaranbahasa Bali |
15 | Pedagogik | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran bahasa Bali | Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum | Mampu menentukan komponen- komponen kurikulum |
16 | Pedagogik | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran bahasa Bali | Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum | mengevaluasirencanapembelaja ransesuaikurikulumterkaitmatap elajaranbahasa Bali |
17 | Pedagogik | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Bali. | mengaplikasikan/menggunak an teknologi dalam pembelajaran |
18 | Pedagogik | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Bali. | menggunakan TIKdalampembelajaranbahasa Bali |
19 | Pedagogik | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Bali. | Merencanakan pembelajaran bahasa Bali memakai teknologi ICT |
20 | Pedagogik | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Bali. | mengaplikasikan/menggunakant eknologiICT dalampembelajaran |
21 | Pedagogik | Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimiliki | Menyediakan aneka macam acara pembelajaran untuk mendorong penerima didik mencapai prestasi secara optimal | menggunakanberbagaikegiatan model pembelajaranuntukmendorongp esertadidikmencapaihasil yang maksimal |
22 | Pedagogik | Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimiliki | Menyediakan aneka macam acara pembelajaran untuk mendorong penerima didik mencapai prestasi secara optimal | menggunakanberbagaikegiatan model pembelajaranuntukmendorongp esertadidikmencapaihasil yang maksimal |
23 | Pedagogik | Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimiliki | Menyediakan aneka macam acara pembelajaran untuk mendorong penerima didik mencapai prestasi secara optimal | menggunakanberbagaikegiatan model pembelajaranuntukmendorongp esertadidikmencapaihasil yang maksimal |
24 | Pedagogik | Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar | Menggunakan informasi hasil penilaian dan penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar | Mampu melaksanakanpenilaian proses dalamkegiatanbelajarmengajari |
25 | Pedagogik | Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar | Menggunakan informasi hasil penilaian dan penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar | Mampu menggunakanberbagaibentukte suntukmengukurhasilbelajar |
26 | Pedagogik | Menyelenggarakan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar | Menggunakan informasi hasil penilaian dan penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar | Mampu menyusunstandarpenilaianhasil belajar. |
27 | Pedagogik | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | Mampumengundentifikasisumbe rkesulitanbelajar |
28 | Pedagogik | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | Mampu menetapkan status/posisikemampuanbelajar |
29 | Pedagogik | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | Mampu menemukan alternative dalammenanggulangikesulitanb elajar |
30 | Pedagogik | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa Bali. | Mampu memilihstrategi yang paling tepatuntukmeningkatkanhasilbel ajar |
31 | Pedagogik | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa Bali. | Mampu mengupayakanpeningkatanhasil belajar |
32 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Bahasa Bali | memahami konsep, teori, dan aneka macam aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan bahan pembelajaran bahasa | mengenal ciri-ciri dari aliran linguistik struktural |
Demikian informasi perihal Download Kisi-kisi Materi PLPG 2017 Bahasa Bali | pdf. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Salam sukses selalu!
0 comments