Download Kisi-kisi Materi PLPG Tahun 2017 Pendidikan Luar Biasa pdf
Kisi-kisi materi plpg 2017 mata pelajaran Pendidikan luar biasa dibentuk sedemikian rupa sehingga Anda akseptor sertifikasi guru tahun 2017 bidang studi Pendidikan Luar Biasa bisa mempersiapkan apa yang nanti akan dihadapi pada PLPG nanti.Kisi-kisi menjadi penting sebab ia memperlihatkan panduan bagi Anda untuk mengantisipasi apa-apa saja yang dimaterikan dalam PLPG nanti. PLPG, sebagaimana kita ketahui bersama, merupakan instrumen penentu kelulusan sergur. Beserta dengan UTN, keduanya akan mensugesti hasil kelulusan Anda. Syarat yang harus dilalui dikala ingin menjadi guru yang tersertifikasi dengan lulus sergur, maka para akseptor sertifikasi guru wajib hukumnya untuk lulus PLPG dan ujian tulis nasional atau UTN.
Berikut yaitu tautan download dari kisi-kisi materi PLPG mata pelajaran Pendidikan Luar Biasa untuk materi pola Anda. Klik pada judul untuk mengunduh dan berkas dalam format pdf.
Berikut yaitu sekilas dari isi kisi-kisi materi PLPG tersebut.
No | Kompe-tensi Utama | Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
---|---|---|---|---|
Kompetensi Inti Guru (KI) | Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | ||
a | b | C | D | E |
1 | kompetensi pedagogik | menguasai karakteristik akseptor didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | mengidentifikasi karakteristik akseptor didik berkebutuhan khusus termasuk yang mempunyai potensi kecerdasan dan talenta istimewa usia sekolah dasar, yang berkaitan dengan aspek fisik, mental, intelektual, emosional dan sosial, budpekerti dan latar belakang sosial budaya. | menunjukkan karakteristik intelektual,dan fisik akseptor didik berkebutuhan khusus (PDBK) |
2 | kompetensi pedagogik | menguasai karakteristik akseptor didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | mengidentifikasi karakteristik akseptor didik berkebutuhan khusus termasuk yang mempunyai potensi kecerdasan dan talenta istimewa usia sekolah dasar, yang berkaitan dengan aspek fisik, mental, intelektual, emosional dan sosial, budpekerti dan latar belakang sosial budaya. | menunjukkan karakteristik sikap , emosi, sosial dan budpekerti peseta didik berkebutuhan khusus |
3 | kompetensi pedagogik | menguasai karakteristik akseptor didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | melakukan identifikasi dan assesmen potensi akseptor didik berkebutuhan khusus termasuk yang mempunyai potensi kecerdasan dan talenta istimewa usia sekolah dasar. | mengilustrasikan profil akseptor didik berkebutuhan khusus menurut karakteristik perkembangan usia SD |
4 | kompetensi pedagogik | menguasai karakteristik akseptor didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | melakukan identifikasi dan assesmen potensi akseptor didik berkebutuhan khusus termasuk yang mempunyai potensi kecerdasan dan talenta istimewa usia sekolah dasar. | memilih dan menarapkan alat asesmen akademis dan non akademis yang sesuai dalam proses pembelajaran |
5 | kompetensi pedagogik | menguasai karakteristik akseptor didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | melakukan identifikasi dan asesmen kemampuan awal akseptor didik berkebutuhan khusus termasuk yang mempunyai potensi kecerdasan dan talenta istimewa usia sekolah dasar. | menggambarkan kebutuhan mencar ilmu akseptor didik berkebutuhan khusus menurut hasil asesmen |
6 | kompetensi pedagogik | menguasai karakteristik akseptor didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, | melakukan identifikasi dan assesmen kemampuan awal akseptor didik berkebutuhan khusus termasuk yang mempunyai potensi kecerdasan dan bakat | memanfaatkan hasil asesmen untuk pembuatan jadwal pembelajaran individual |
dan intelektual | istimewa usia sekolah dasar. | |||
7 | kompetensi pedagogik | menguasai karakteristik akseptor didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | melakukan identifikasi dan asesmen kesulitan mencar ilmu akseptor didik berkebutuhan khusus termasuk yang mempunyai potensi kecerdasan dan talenta istimewa dalam setiap mata pelajaran usia sekolah dasar | menggambarkan kendala mencar ilmu akseptor didik berkebutuhan khusus |
8 | kompetensi pedagogik | menguasai teori mencar ilmu dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik | memilih banyak sekali teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik bagi akseptor didik berkebutuhan khusus termasuk yang mempunyai potensi kecerdasan dan talenta istimewa | mengaplikasikan prinsip- prinsip pembelajaran sesuai dengan kendala perkembangan dan kendala mencar ilmu akseptor didik berkebutuhan khusus dalam menyusun RPP/PPI |
9 | kompetensi pedagogik | menguasai teori mencar ilmu dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik | menerapkan banyak sekali pendekatan strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dan menyenangkan dalam banyak sekali mata pelajaran bagi akseptor didik berkebutuhan khusus termasuk yang mempunyai potensi kecerdasan dan talenta istimewa | mengaplikasikan pembelajaran sesuai kebutuhan fungsional akseptor didik berkebutuhan khusus |
10 | kompetensi pedagogik | menguasai teori mencar ilmu dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik | menerapkan pendekatan pembelajaran tematis | mengaplikasikan pembelajaran bermakna sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari |
11 | kompetensi pedagogik | mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajara /bidang pengembangan yang diampu | menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum untuk akseptor didik berkebutuhan khusus termasuk yang mempunyai potensi kecerdasan dan talenta istimewa | melakukan penyesuaian kurikulum sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan akseptor didik berkebutuhan khusus dalam seting pendidikan khusus dan inklusi |
12 | kompetensi pedagogik | mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang pengembangan yang diampu | menentukan tujuan mata pelajaran sekolah | merumuskan tujuan fungsional mata pembelajaran |
13 | kompetensi pedagogik | mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang | menentukan tujuan mata pelajaran jadwal kekhususan pada tingkat sekolah dasar luar biasa | menetapkan tujuan fungsional mata pelajaran jadwal kekhususan sesuai jenis dan karakteristik |
pengembangan yang diampu | peserta didik berkebutuhan khusus dalam seting pendidikan khusus dan inklusif | |||
14 | kompetensi pedagogik | mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang pengembangan yang diampu | menentukan pengalaman mencar ilmu yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran satuan pendidikan sekolah dasar luar biasa | menetapkan pengalaman mencar ilmu yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran berdasarklan pendekatan sainstifik |
15 | kompetensi pedagogik | mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang pengembangan yang diampu | menentukan pengalaman mencar ilmu yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran jadwal kekhususan pada satuan pendidikan sekolah dasar luar biasa | menetapkan pengalaman mencar ilmu yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran jadwal kekhususan |
16 | kompetensi pedagogik | mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang pengembangan yang diampu | memilih materi/bahan didik mata pelajaran umum dan jadwal kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman mencar ilmu dan tujuan pembelajaran | menetapkan materi didik mata pelajaran umum dan jadwal kekhususan yang relevan dengan tujuan pembelajar akseptor didik berkebutuhan khusus |
17 | kompetensi pedagogik | mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang pengembangan yang diampu | menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik akseptor didik usia sekolah dasar | menyajikan materi pembelajaran secara runtut sesuai dengan prinsip pembelajaran dan karakteristik akseptor didik berkebutuhan khusus |
18 | kompetensi pedagogik | mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang pengembangan yang diampu | memilih dan/atau menyebarkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik akseptor didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang mempunyai potensi kecerdasan dan talenta istimewa | menerapkan prinsip penggunaan media pembelajaran sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik akseptor didik berkebutuhan khusus |
19 | kompetensi pedagogik | menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik akseptor didik usia sekolah dasar | menerapkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran yang mendidik bagi akseptor didik berkebutuhan khusus |
20 | kompetensi pedagogik | menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | mengembangkan planning pembelajaran individual | merumuskan planning pembelajaran individual yang sesuai dengan karakteristik akseptor didik berkebutuhan khusus |
Demikian goresan pena tentang:
"Download Kisi-kisi Materi PLPG Tahun 2017 Mata Pelajaran Pendidikan Luar Biasa pdf"
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!!!
0 comments