Download Kisi-kisi Materi PLPG 2017 Antropologi | pdf dapat anda temukan pada tautan sebagai berikut:
Berikut kami cuplikkan sebagian dari isi kisi-kisi tersebut:
No | KompetensiUtama | Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
---|---|---|---|---|
Kompetensi Inti Guru (KI) | Kompetensi Guru Mata Pelajaran(KD) | Indikator PencapaianKompetensi (IPK) | ||
A | B | C | D | E |
1 | Pedagogik | 1. Menguasai karakteristik akseptor didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial,kultural, emosional dan intelektual. | 1.1 Memahami karakteristik akseptor didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang. | Menganalisis karakteristik akseptor didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual. |
2 | 1.2 Mengidentifikasi bekal-ajar awal akseptor didik dalam mata pelajaran Antropologi | Memanfaatkan potensi kognitif yang dimiliki oleh akseptor didik dalam mendukung pembelajaran antropologi | ||
3 | Menentukan indicator KD untuk kompetensi inti (KI) yang dimiliki oleh akseptor didik dalam mata pelajaran Antropologi. | |||
4 | 2. Menguasai teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajar-an yang mendidik | 2.1 Memahami banyak sekali teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran Antropologi | Menganalisis prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif minimal 3 rumusan | |
5 | Mengidentifikasi Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan teori mencar ilmu tertentu (Bruner dan Ausuble) yang sesuai dengan kurikulum 2013 | |||
6 | 2.2 Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran Antropologi | Mengidentifikasi prinsip pembelajaran dengan pendekatan saintifix | ||
7 | Mengidentifikasi prinsip pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning/inquiry | |||
8 | Mengidentifikasi prinsip pembelajaran dengan model pembelajaran dilema based learning/project based learning | |||
9 | 3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum | Menganalisis prinsip-prinsip pengembangan kurikulum Antropologi | |
10 | Menggunakan rambu-rambu penyusunan RPP untuk menyusun RPP yang baik sesuai dengan kurikulum 2013 | |||
11 | Menentukan regulasi terkait dengan implementasi kurikulum 2013 pada satuan pendidikan yang diampu. | |||
Mengindentifikasi prinsip pengembangan kurikulum 2013 | ||||
12 | Menganalisis Keterkaitan buku guru dan buku siswa dan keterkaitanya dengan tuntutan SKL , KI, dan KD | |||
13 | 3.5 Menata bahan pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik akseptor didik. | Menentukan urutan penyampaian bahan pembelajaran menurut hirarkhi bahan antropologi biar menjadi warga negara yang baik | ||
14 | 3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. | Disajikan rumusan kompetensi dasar mata pelajaran Antropologi, guru bisa menganalisis rumusan indicator yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor | ||
15 | Guru bisa menganalisis teknik evaluasi dengan benar | |||
16 | 4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | 4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk acara di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan | Guru sanggup menyusun rancangan pembelajaran (RPP) yang mendidik menurut Permen Diknas No. 41/2007 wacana standar Proses untuk acara di dalam kelas mata pelajaran Antropologi dengan benar | |
17 | Menentukan langkah acara inti pembelajaran menurut pendekatan saintifik | |||
18 | Mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran | |||
19 | 4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber mencar ilmu yang relevan dengan karakteristik akseptor didik dan matapelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | Guru sanggup memakai media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik akseptor didik untuk mata pelajaran Antropologi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran secara utuh dengan benar | ||
20 | Disajikan paparan sumber pembelajaran, guru bisa menganalisis penggunaan sebuah sumber mencar ilmu yang sesuai dengan karakteristik akseptor didik dan matapelajaran Antropologi untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh | |||
21 | Disajikan indikator, guru sanggup memilih media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran IPS untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | |||
22 | Disajikan rumusan tujuan |
Demikian info wacana Download Kisi-kisi Materi PLPG 2017 Bidang Studi Mata Pelajaran Antropologi. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
0 comments