Rpp Ipa Smp-Mts-Kurikulum 2013 Revisi 2016

3/03/2019
 I Contoh I Download I Docx I Word I PDF I K RPP IPA SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016

Download RPP IPA SMP-MTs-Kurikulum 2013


Berikut akan kami sajikan sekilas isi dari RPP IPA ini. Untuk lebih lengkapnya, nanti pada selesai goresan pena ini akan kami arahkan ke link download file RPP IPA ini untuk sanggup mendownloadnya.

Sekedar info tambahan, pelaksanaan Kurikulum 2013 hasil revisi 2016 ini akan diberlakukan, akan tetapi hanya untuk Kelas 1 dan kelas 4 (SD), Kelas 7 (SLTP) dan Kelas X (SLTA).

Anda disarankan untuk mengedit atau menyesuaikan isi semoga cocok dengan kebutuhan Anda. RPP IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 ini sangat pas direkomendasikan untuk para kolega Anda yang membutuhkan perangkat pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menegah Pertama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : Semester I
Topik : Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita
Sub Topik : Bagaimana Cara Memisahkan Campuran
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit ( 3 kali tatap muka)

A. KOMPETENSI DASAR

1.1 Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam acara sehari-hari
1.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan sikap bijaksana dan bertanggungjawab dalam acara sehari-hari
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang sanggup dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
4.6 Melakukan pemisahan adonan menurut sifat fisika dan kimia zat

B. INDIKATOR

1. Mengidentifikasi perangkat alat percobaan pemisahan adonan dengan metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dan kromatografi
2. Menjelaskan prinsip pemisahan adonan pada setiap metode menurut data percobaan
3. Terampil melaksanakan pemisahan adonan dengan metode metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dan kromatografi
4. Mengidentifikasi referensi pemanfaatan pemisahan adonan dalam kehidupan sehari-hari
5. Menjelaskan proses penjernihan air dengan metode pemisahan campuran
6. Memisahkan bahan-bahan yang masih sanggup dipakai memakai metode pemisahan campuran
7. Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melaksanakan praktikum pemisahan campuran
8. Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan berguru dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
9. Menjaga kehidupan dalam ekosistem dari materi kimia berbahaya dengan melaksanakan pemisahan limbah sebelum membuang ke lingkungan.
10. Membuat alat penjernihan air dari alat sederhana memakai metode pemisahan campuran

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kajian LKS, siswa sanggup mengidentifikasi alat-alat untuk percobaan pemisahan adonan dengan metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dekantasi dan kromatografi
2. Mengembangkan keterampilan memisahkan adonan melalui praktikum pemisahan adonan dengan metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dekantasi dan kromatografi
3. Siswa sanggup menjelaskan prinsip-prinsip dan metode pemisahan adonan metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dekantasi dan kromatografi melalui diskusi data hasil percobaan
4. Siswa sanggup menjelaskan pemanfaatan metode pemisahan adonan dalam kehidupan sehari-hari melalui diskusi kelompok
5. Siswa sanggup merancang dan menciptakan alat penjernihan air mengunakan metode pemisahan campuran
6. Mengembangkan sikap rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, saling menghargai pendapat melalui kegiatan praktikum dan diskusi kelompok
7. Siswa sanggup menerapkan prinsip-prinsip pemisahan adonan untuk menjaga lingkungan dalam kehidupan sehari-hari sesudah mengikuti pembelajaran

Silahkan Anda mengunduh file RPP sesuai tautannya di bawah ini:




Jika Anda merasa goresan pena ini bermanfaat, silahkan like dan sebarkan. Terima kasih dan salam sukses selalu!

Baca Juga:


(Redaksi)

0 comments