Dowload Buku Siswa SMP/MTs Kelas VII (7) Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Ilahi atas terselesainya buku ini, Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII (7) ini ditulis biar para siswa mempunyai kompetensi utuh sebagai generasi emas Indonesia.
Dengan Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII (7) ini diperlukan siswa mempunyai kompetensi dalam mendengar, membaca, menulis, menyajikan secara lisan, mempunyai pengetahuan yang memadai wacana penggunaan bahasa Indonesia secara efektif pada ragam sastra maupun nonsastra. Lebih penting dari itu, dengan mempelajari Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII (7) generasi Indonesia mempunyai minat baca dan minat menulis yang tinggi. Cara penyajian buku secara induktif dan berbasis tugas. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII (7) membelajarkan siswa untuk sanggup menemukan dan berguru berpikir tingkat tinggi. Kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, nasionalisme, dan kecerdasan sosial ditumbuhkan secara tidak eksklusif melalui kegiatan-kegiatan kreatif pada Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII ini. Siswa berlatih menyongsong dunia literasi dengan penumbuhan minat baca melalui jurnal membaca yang dirancang terintegrasi dalam pembelajaran.
Pada tiap bab Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII (7) ini terdapat bagian-bagian yang meliputi (a) pengantar berisi fenomena komunikasi terkait dengan jenis teks yang dipelajari, (b) pemodelan teks diikuti kotak informasi untuk meningkatkan pengetahuan wacana ciri umum teks, (c) membaca/ menyimak intensif untuk melatih keterampilan reseptif sesuai teks yang dipelajari, (d) menelaah struktur dan bahasa teks untuk menajamkan inovasi prinsip-prinsip penciptaan teks dan latihan terbimbing menghasilkan bagian-bagian teks sebagai bekal mencipta teks secara mandiri, dan (e) latihan mencipta atau menyajikan teks secara kreatif dan kontekstual dalam banyak sekali bentuk baik lisan/ tertulis. Gurumu akan membimbing dan mendampingi dengan penuh semangat. Berproseslah dengan penuh ketekunan dan kegairahan.
Selamat berlatih untuk menjadi generasi andal di masa depan. Cintai dan syukuri Bahasa Indonesia sebagai sarana merajut Indonesia. Bahasa Indonesia anugerah Tuhan yang patut kita syukuri bersama.
Berikut ialah tautan Download Buku Siswa SMP/MTs Kelas VII (7) Bahasa Indonesia Kurikulum 13 Revisi 2017:
Dowload Buku Siswa SMP/MTs Kelas VII (7) Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf
Berikut ialah kutipan daftar isi Buku Siswa SMP/MTs Kelas VII (7) Bahasa Indonesia Kurikulum 13 Revisi 2017
Kata Pengantar ............................................................................................................ iii
Daftar Isi
............................................................................................................. v
Bab 1 Belajar Mendeskripsikan .................................................................... 1
A. Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi ............................. 3
B. Menentukan Isi Teks Deskripsi .......................................................... 12
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi ............................... 18
D. Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi ............................... 36
Bab 2 Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi .......................................... 43
A. Mengidentifikasi Unsur Cerita Fantasi ............................................. 45
B. Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca/ Didengar 54
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi ................................ 60
D. Menyajikan Cerita Fantai ................................................................... 73
Bab 3 Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur ...................................... 81
A. Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur ................................................ 82
B. Menyimpulkan Isi Teks Prosedur ...................................................... 92
C. Menelaah Struktur dan Bahasa pada Teks Prosedur ...................... 98
D. Menulis dan Memeragakan Teks Prosedur ...................................... 115
Bab 4 Menyibak Ilmu dalam Laporan Hasil Observasi ............................... 121
A. Mengidentifikasi Teks Hasil Observasi ............................................. 124
B. Menyimpulkan Isi Teks Laporan Hasil Observasi yang Berupa Buku
Pengetahuan yang Dibaca dan Didengar .......................................... 132
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Hasil Observasi .................... 139
D. Merangkum dan Menyajikan Laporan Hasil Observasi ................ 158
Bab 5 Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat ................... 165
A. Mengenal dan Memahami Puisi Rakyat ........................................... 166
B. Menyimpulkan Isi Puisi Rakyat ......................................................... 174
C. Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat ................. 179
D. Menyajikan Puisi Rakyat secara Lisan dan Tulis ............................. 186
Bab 6 Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel .......................................... 193
A. Mengenali Ciri Fabel ........................................................................... 195
B. Menceritakan Kembali Isi Fabel ......................................................... 205
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Fabel ............................................... 209
D. Memerankan Isi Fabel ......................................................................... 235
Bab 7 Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas ............... 243
A. Mengenal dan Memahami Surat ....................................................... 246
B. Menyimpulkan Isi Surat Pribadi dan Surat Dinas ........................... 251
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Surat Pribadi dan Surat Dinas ..... 254
D. Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas dalam Bentuk Kertas ......
atau Email ............................................................................................. 268
Bab 8 Menjadi Pembaca Efektif ................................................................... 275
A. Membaca dan Mengenali Unsur Pembangun Buku Nonfiksi ...... 276
B. Merangkum Buku ................................................................................ 277
C. Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar ............................ 282
D. Mengamati Contoh Komentar Terhadap Buku Fiksi dan ..............
Nonfiksi
................................................................................................. 283
Daftar Pustaka ........................................................................................................... 296
Glosarium
............................................................................................................. 298
Indeks ............................................................................................................. 300
Profil Penulis
............................................................................................................. 301
Profil Penelaah ............................................................................................................ 304
Profil Editor
............................................................................................................. 306
Demikian goresan pena wacana
0 comments