Silabus Ipa Smp-Mts-Kurikulum 2013 Revisi 2016

2/22/2019
 pdf docx I Silabus IPA Sekolah Menengah Pertama Edisi Revisi  Silabus IPA SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016

Saat ini kita berada pada masa 21 yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang pesat, sehingga sains dan teknologi merupakan salah satu landasan penting dalam pembangunan bangsa.
Pembelajaran sains diharapkan sanggup menghantarkan penerima didik memenuhi kemampuan masa 21. Berikut kemampuan yang diharapkan pada masa 21, yaitu:

1) keterampilan berguru dan berinovasi yang mencakup berpikir kritis dan bisa menuntaskan masalah, kreatif dan inovatif, serta bisa berkomunikasi dan berkolaborasi;
2) terampil untuk memakai media, teknologi, informasi dan komunikasi (TIK);
3) kemampuan untuk menjalani kehidupan dan karir, mencakup kemampuan beradaptasi, luwes, berinisiatif, bisa berbagi diri, mempunyai kemampuan sosial dan budaya, produktif, sanggup dipercaya, mempunyai jiwa kepemimpinan dan tanggungjawab.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu aspek pendidikan yang memakai sains sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan umumnya yakni tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan sains khususnya, yaitu untuk meningkatkan pengertian terhadap dunia alamiah. Untuk itu, literasi sains menjadi penting untuk dikuasai oleh penerima didik dalam kaitannya dengan bagaimana penerima didik sanggup memahami dan menciptakan keputusan berkenaan dengan lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi, dan masalah-masalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi dan kemajuan serta perkembangan ilmu pengetahuan.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan semoga penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik.

DAFTAR ISI
I. PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
C. Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Per tama/Madrasah Tsanawiyah
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menegah pertama/Madrasah Tsanawiyah
E. Pembelajaran dan Penilaian
F. Kontekstualisasi Pembelajaran sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik

II.KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kelas VII
B. Kelas VIII
C. Kelas IX 

Berikut adalah link download-nya:



Jika Anda merasa goresan pena ini berguna, silahkan like dan sebarkan. Terima kasih dan salam sukses selalu!

Baca Juga:


(Redaksi)

0 comments