Download Kisi-Kisi Ujian Nasional (Un) Tahun 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia Sma/Ma: Ipa-Ips-Keagamaan

1/16/2019
kisi ujian nasional ini dibutuhkan menjadi semacam pedoman berguru bagi para penerima didik Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia SMA/MA: IPA-IPS-Keagamaan

Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia SMA/MA: IPA-IPS-Keagamaan


Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 telah diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) .

Kisi-kisi ujian nasional ini dibutuhkan menjadi semacam pedoman berguru bagi para penerima didik. Pedoman yang dimaksud ialah sebagai alat pemetaan bahan yang seharusnya dipelajari.

Pemetaan semacam ini dibutuhkan sanggup menciptakan proses berguru dalam mempersiapkan ujian nasional SMA/MA ini menjadi efisien dan efektif.

Efisien dalam pengertian menghemat waktu belajar. Penghematan ini menjadi masuk kebijaksanaan manakala penerima didik sanggup mengalokasikan waktu hanya untuk bahan yang kiranya akan diujikan. Efektif dalam pengertian bahwa penerima didik sanggup meningkatkan skor hasil ujian nasionalnya dikarenakan telah berguru dengan mempelajari bahan yang tepat.

Berikut adalah Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia SMA/MA untuk Jurusan IPA-IPS-Keagamaan dalam format pdf: 



Berikut ialah kutipan dari Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia SMA/MA: IPA-IPS-Keagamaan:


Level Kognitif Lingkup Materi
Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata, Kalimat, danParagraf Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai Peserta didik dapat- memaknai istilah/kata- mengidentifikasiinformasi tersurat Peserta didik dapat- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra- memaknai isi tersurat dalam karya sastra Peserta didik dapat- melengkapi kalimat/ paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/ peribahasa Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif- mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Level Kognitif Lingkup Materi
Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata,Kalimat, danParagraf Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan Peserta didik dapat- menemukan pandangan gres pokok- menemukan inti kalimat- memilih makna rujukan- menyimpulkan isi tersirat dalam teks- memilih kalimat utama- memilih kalimat penjelas Peserta didik dapat- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, lantaran konflik, akhir konflik, amanat, nilai- nilai) Peserta didik dapat- melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)- melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)- menggabungkan kalimat- mengurutkan unsur teks Peserta didik dapat- memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)- mengisi dengan konjungsi yang sesuai Peserta didik dapat- memakai ejaan- memakai tandabaca
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Memvariasikan Peserta didik dapat- membandingkan isi, contoh penyajian, dan atau bahasa teks- menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks- membandingkan penggunaan bahasa dan contoh penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi,prosedur, editorial,ulasan/resensi)- mengomentari isi teks- mengatakan buktisuatu simpulan Peserta didik dapat- membandingkan isi, contoh penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)- menganalisis hubungan antarbagian karya sastra- pertanda akhir dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)- mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini Peserta didik dapat- memvariasikan kata yang bermakna sama- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai- memvariasikan unsur teks- mengubah bentuk teks lain Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat- memperbaiki kesalahan paragraf- memilih alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca- memilih alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Level Kognitif Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata, Kalimat, danParagraf Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Memaknai Peserta didik dapat- memaknai istilah/kata- mengidentifikasiinformasi tersurat Peserta didik dapat- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra- memaknai isi tersurat dalam karya sastra Peserta didik dapat- melengkapi kalimat/ paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/ peribahasa Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif- mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Level Kognitif Lingkup Materi
Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata,Kalimat, danParagraf Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Aplikasi Menginterpretasi Menggunakan Peserta didik dapat- menemukan pandangan gres pokok- menemukan inti kalimat- memilih makna rujukan- menyimpulkan isi tersirat dalam teks- memilih kalimat utama- memilih kalimat penjelas Peserta didik dapat- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, lantaran konflik, akhir konflik, amanat, nilai- nilai) Peserta didik dapat- melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)- melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)- menggabungkan kalimat- mengurutkan unsur teks Peserta didik dapat- memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)- mengisi dengan konjungsi yang sesuai Peserta didik dapat- memakai ejaan- memakai tandabaca
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari Merefleksi Mengevaluasi Memvariasikan Peserta didik dapat- membandingkan isi, contoh penyajian, dan atau bahasa teks- menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks- membandingkan penggunaan bahasa dan contoh penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi,prosedur, editorial,ulasan/resensi)- mengomentari isi teks- mengatakan buktisuatu simpulan Peserta didik dapat- membandingkan isi, contoh penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)- menganalisis hubungan antarbagian karya sastra- pertanda akhir dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)- mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini Peserta didik dapat- memvariasikan kata yang bermakna sama- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai- memvariasikan unsur teks- mengubah bentuk teks lain Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat- memperbaiki kesalahan paragraf- memilih alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca- memilih alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca

Demikian goresan pena tentang:

Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia SMA/MA: IPA-IPS-Keagamaan

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 comments