Download Buku Panduan Penerima Guru Pembelajar Moda Daring

1/09/2019
Download Buku Panduan Peserta Guru Pembelajar Moda Daring/Online_Guru mempunyai tugas, fungsi, dan kiprah yang penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Supaya sanggup melaksanakan tugas, fungsi dan kiprah tersebut, guru perlu untuk meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan. Sebagai langkah mengaktualisasikan guru professional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan kegiatan kegiatan Guru Pembelajar (GP). Program GP merupakan kegitan yang penting bagi pengembangan diri guru. Karena jumlah guru yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, maka dikembangkan sistem GP secara elektronik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang lalu disebut Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan).

Dengan penggunaan moda daring ini, dibutuhkan semua guru penerima sanggup secara aktif dalam mengakses sumber belajar, mencar ilmu secara individu sesuai kebutuhan, dan sanggup saling berbagi
pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan guru lainnya).

Guru Pembelajar Moda daring ini terdiri dari 3 (tiga) model ialah GP Moda Daring Penuh-Model 1, GP Moda Daring Penuh-Model 2, dan GP Moda Daring Kombinasi. GP Moda Daring Penuh-Model 1 hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Selama proses pembelajaran, penerima dibimbing dan difasilitasi secara daring oleh pengampu. GP Moda Daring Penuh-Model 2 melibatkan pengampu, mentor, dan peserta. GP moda daring model ini menggabungkan interaksi antara penerima dengan mentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring.

Sedangkan pada moda kombinasi ini, penerima melaksanakan interaksi mencar ilmu secara daring dan tatap muka. Interaksi mencar ilmu secara daring dilakukan secara berdikari dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan sanggup dilakukan kapan saja dan dimana saja, sedangkan interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan penerima GP lainnya di sentra mencar ilmu (PB) yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Penetapan KKG dan difasilitasi oleh seorang mentor.

Buku manual ini memperlihatkan citra rinci wacana teknis penggunaan moda untuk Guru Pembelajar (GP) dengan memakai moda daring (dalam jaringan). Buku manual GP moda daring ini disusun sebagai pegangan bagi peserta, mentor, dan pengampu dalam melaksanakan dan menjamin serta meningkatkan mutu kegiatan GP moda daring. Buku manual ini memuat klarifikasi secara detail wacana pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam GP moda daring sesuai dengan petunjuk pelaksanaan GP secara umum.

0 comments