Contoh KKM Prota dan Prosem Biologi Kelas 10 K-13
Semangat pagi para teman Rajasoal.com di manapun berada. Tulisan kali ini yang berjudul Download KKM Prota dan Prosem Biologi SMA-MA Kelas X Kurikulum 2013 supaya memberi manfaat dan sedikit banyak bisa memudahkan Anda dalam kaitannya dengan kiprah administratif guru.
Materi perangkat pembelajaran yang berisi pola KKM Prota dan Prosem Biologi SMA-MA Kelas X Kurikulum 2013 Biologi ini sangat lengkap dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu tumpuan dalam menyusun banyak sekali kiprah administrasi guru.
Berikut isi file yang hendak Anda download nantinya:
Pemetaan KompetensiIdentifikasi KI dan KDRancangan Penilaian KognitifKriteria Ketuntasan MinimalProgram TahunanProgram SemesterRincian Minggu EfektifSilabus BerkarakterRencana Pelaksanaan Pembelajaran
Selanjutnya, kami sajikan link download KKM Prota dan Prosem Biologi SMA-MA Kelas 10 Kurikulum 2013 di bawah ini, dipersilahkan:
Baca Juga:
Agar Anda tidak terlalu penasaran, bisa sedikit membaca sebagian file perangkat pembelajaran Biologi Sekolah Menengan Atas Kelas 10 tersebut di bawah ini:
Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal Per Kompetensi Dasar dan Indikator
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kompetensi Inti:
Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya
Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan mengatakan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali per- masalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar dan Indikator
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan perihal keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup
- Memahami dan mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan perihal keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses
- Memahami, menyadari, dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses
Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan mencintai lingkungan sebagai manifestasi pengamalan aliran agama yang dianutnya
- Memiliki sikap peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan mencintai lingkungan sebagai manifestasi pengamalan aliran agama yang dianutnya
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, beropini secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melaksanakan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium
- Memiliki sikap ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, beropini secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melaksanakan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium
Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja dikala melaksanakan aktivitas pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar
- Memiliki sikap peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja dikala melaksanakan aktivitas pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar
1. Ruang lingkup dan kiprah biologi
Memahami perihal ruang lingkup biologi (permasalahan pada banyak sekali objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah, dan prinsip keselamatan kerja menurut pengamatan dalam kehidupan sehari-hari
Menyajikan data perihal objek dan permasalahan biologi pada banyak sekali tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memerhatikan aspek keselamatan kerja serta menya- jikannya dalam bentuk laporan tertulis
- Memahami objek-objek biologi dan permasalahannya
- Memahami perihal metode ilmiah
- Memahami cara mengatasi permasalahan biologi
- Menjelaskan manfaat dan ancaman perkembangan biologi
2. Keselamatan kerja
Memahami perihal ruang lingkup biologi (permasalahan pada banyak sekali objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah, dan prinsip keselamatan kerja menurut pengamatan dalam kehidupan sehari-hari
Menyajikan data perihal objek dan permasalahan biologi pada banyak sekali tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memerhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis
- Menjelaskan macam-macam materi kimia yang berbahaya di laboratorium
- Menjelaskan tindakan yang harus dilakukan terhadap materi kimia berbahaya di laboratorium
- Menerapkan tindakan keselamatan kerja di laboratorium
3. Keanekaragaman hayati di Indonesia
Menganalisis data hasil observasi perihal banyak sekali tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis, dan ekosistem) di Indonesia
Menyajikan hasil identifikasi proposal upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia menurut hasil analisis data ancaman kelestarian banyak sekali keanekaragaman binatang dan tumbuhan khas Indonesia yang dikomunikasikan dalam banyak sekali bentuk media informasi
- Menjelaskan keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem
- Menjelaskan keanekaragaman hayati di Indonesia
- Menjelaskan persebaran keanekaragaman hayati di Indonesia
- Menjelaskan upaya pemanfaatan dan pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia
- Menjelaskan sistem penjabaran makhluk hidup
4. Virus dan bakteri
Menerapkan pemahaman perihal virus berkaitan dengan ciri, replikasi, dan kiprah virus dalam aspek kesehatan masyarakat
Menyajikan data perihal ciri, replikasi, dan kiprah virus dalam aspek kesehatan dalam bentuk model/charta
- Mendeskripsikan ciri-ciri virus
- Menjelaskan replikasi virus
- Menjelaskan peranan virus dalam kehidupan
Menerapkan prinsip penjabaran untuk menggolongkan Archaebacteria dan Eubacteria menurut ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis
Menyajikan data perihal ciri-ciri dan kiprah Archaebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan menurut hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis
- Mendeskripsikan ciri-ciri Archaebacteria dan peranannya bagi kehidupan
- Menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri
- Menjelaskan penggolongan basil menurut ciri-ciri yang dimiliki
- Menjelaskan peranan basil dalam kehidupan
5. Protista
Menerapkan prinsip penjabaran untuk menggolongkan Protista menurut ciri-ciri umum kelas dan kiprahnya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis
Merencanakan dan melaksanan pengamatan perihal ciri-ciri dan kiprah Protista dalam kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk model/charta/gambar
- Menyebutkan ciri-ciri Protista
- Menjelaskan macam-macam Protista
- Menjelaskan siklus hidup Protista
- Menjelaskan peranan Protista
Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapat file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:
0 comments