Download Kkm Prota Dan Prosem Bahasa Indonesia Sma-Ma Kelas X Kurikulum 2013

11/12/2018
Download KKM Prota dan Prosem Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Download KKM Prota dan Prosem Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X Kurikulum 2013

Contoh KKM Bahasa Indonesia Kurikulum 2013



Tulisan kami kali ini berjudul yang KKM Prota dan Prosem Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X Kurikulum 2013 telah kami persiapkan dengan sebaik mungkin semoga bisa Anda ambil manfaat yang ada di dalamnya.

Seperti yang telah kita pahami bersama bahwa salah satu pedoman penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi yaitu memakai contoh kriteria, yakni memakai kriteria tertentu dalam memilih kelulusan siswa. Kriteria paling bawah untuk menyatakan akseptor didik mencapai ketuntasan dinamakan Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM]. KKM ditetapkan oleh satuan pendidikan menurut hasil musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang mempunyai karakteristik yang hampir sama dan KKM harus ditetapkan sebelum awal tahun pedoman dimulai.

Kami rasa cukup flashback perihal KKM-nya. Kini waktunya kami bagikan untuk Anda link download contoh KKM Prota dan Prosem Bahasa Indonesia jenjang SMA-MA Kelas 10 K-13 berikut ini:


KKM Prota dan Prosem Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X Kurikulum 2013

Baca Juga:

Selanjutnya kami petikkan sebagian isi dari file yang hendak atau telah Anda unduh tersebut di bawah ini:


Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Per Kompetensi Dasar dan Indikator

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : X/1

Satuan Pendidikan : SMA/MA/SMK/MAK

Kompetensi Inti:

 Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya

 Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan mengatakan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah

 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar dan Indikator

Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa

- Memahami dan mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa

Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis gosip mulut dan tulis melalui laporan hasil observasi

- Memahami dan mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis gosip mulut dan tulis melalui laporan hasil observasi

Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan gosip mulut dan tulis melalui laporan hasil observasi

- Memahami dan mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan gosip mulut dan tulis melalui laporan hasil observasi

Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam memakai bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi

- Berperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam memakai bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi

Menunjukkan sikap jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam memakai bahasa Indonesia untuk mengatakan tahapan dan langkah yang telah ditentukan

- Berperilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam memakai bahasa Indonesia untuk mengatakan tahapan dan langkah yang telah ditentukan

Menunjukkan sikap jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan pendapat mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik

- Berperilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan pendapat mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik

1. Panorama alam Nusantara

Memahami struktur dan kaidah laporan hasil observasi baik melalui mulut maupun tulisan

- Menjelaskan dan menuliskan struktur dan kaidah laporan hasil observasi

Membandingkan laporan hasil observasi baik melalui mulut maupun tulisan

- Membandingkan isi teks laporan hasil observasi

Menganalisis laporan hasil observasi baik melalui mulut maupun tulisan

- Menganalisis laporan hasil observasi secara mulut dan tulisan

Mengevaluasi laporan hasil observasi menurut kaidah-kaidah teks baik melalui mulut maupun tulisan

- Melakukan penilaian terhadap penyampaian laporan hasil observasi menurut kaidah-kaidah teks secara lisan

Menginterpretasi makna laporan hasil observasi baik secara mulut maupun tulisan

- Memberikan kesan, pendapat, atau pandangan mengenai makna atau isi laporan hasil observasi yang didengarkan

Memproduksi laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik secara mulut maupun tulisan

- Menulis laporan hasil observasi yang koheren se-suai karakteristik laporan

Menyunting laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara mulut maupun tulisan

- Menyunting laporan hasil observasi sesuai struktur dan sistematika laporan yang benar

Mengabstraksi laporan hasil observasi baik secara mulut maupun tulisan

- Menyusun ringkasan isi laporan hasil observasi

Mengonversi laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara mulut maupun tulisan

- Mempublikasikan teks laporan hasil observasi dalam puisi dan pantun

2. Kemasyarakatan

Memahami struktur dan kaidah mekanisme kompleks baik melalui mulut maupun tulisan

- Memahami bagian-bagian teks mekanisme kompleks

Membandingkan mekanisme kompleks baik melalui mulut maupun tulisan

- Membedakan isi teks mekanisme kompleks

Menganalisis pro-sedur kompleks baik melalui mulut maupun tulisan

- Menganalisis teks mekanisme kompleks secara mulut dan tulisan

Mengevaluasi mekanisme kompleks menurut kaidah-kaidah teks baik melalui mulut maupun tulisan

- Menilai pembacaan puisi sesuai mekanisme kompleks pembacaan puisi secara lisan

Menginterpretasi makna mekanisme kompleks baik secara mulut maupun tulisan

- Memahami petunjuk dalam teks mekanisme kompleks

Memproduksi mekanisme kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik secara mulut maupun tulisan

- Menyusun teks mekanisme kompleks dengan urutan yang sempurna serta memakai bahasa yang efektif dan spesifik

Menyunting mekanisme kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara mulut maupun tulisan

- Menyunting teks mekanisme kompleks yang sudah ditulis atau dibaca sesuai struktur dan ejaan yang benar

Mengabstraksi mekanisme kompleks baik secara mulut maupun tulisan

- Mengurutkan kalimat acak dari teks mekanisme kompleks yang akan disampaikan kepada orang lain

Mengonversi mekanisme kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara mulut maupun tulisan

- Menemukan teks mekanisme dalam dongeng pendek

3. Pola hidup sehat

Memahami struktur dan kaidah eksposisi baik melalui mulut maupun tulisan

- Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi

Membandingkan eksposisi baik melalui mulut maupun tulisan

- Membedakan jenis-jenis teks eksposisi

Menganalisis eksposisi baik melalui mulut maupun tulisan

- Menganalisis teks eksposisi secara mulut dan tulisan

Mengevaluasi eksposisi menurut kaidah-kaidah teks baik melalui mulut maupun tulisan

- Menilai penyampaian atau pembacaan teks eksposisi dalam bentuk pidato menurut kaidah-kaidah teks eksposisi secara lisan

Menginterpretasi makna eksposisi baik secara mulut maupun tulisan

- Menafsirkan makna teks eksposisi yang didengarkan

Memproduksi eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik secara mulut maupun tulisan

- Menyusun teks eksposisi sesuai karakteristik teks eksposisi yang benar

Menyunting eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara mulut maupun tulisan

- Menyunting teks eksposisi yang sudah ditulis atau yang dibaca sesuai sistematika dan ejaan yang benar

Mengabstraksi eksposisi baik secara mulut maupun tulisan

- Membuat tamat isi teks eksposisi

Mengonversi eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara mulut maupun tulisan

- Mengaktualisasikan teks eksposisi ke dalam bentuk puisi

Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya


Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Per Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : X/1

Satuan Pendidikan : SMA/MA/SMK/MAK

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

1. Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya

- Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa

- Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis gosip mulut dan tulis melalui eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks

- Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sabagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan gosip mulut dan tulis melalui eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks

2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan mengatakan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

- Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam memakai bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi

- Menunjukkan sikap jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam memakai bahasa Indonesia untuk mengatakan tahapan dan langkah yang telah ditentukan

- Menunjukkan sikap jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan pendapat mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah 

- Memahami struktur dan kaidah eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks baik melalui mulut maupun tulisan

- Membandingkan laporan hasil observasi, mekanisme kompleks baik melalui mulut maupun tulisan

- Menganalisis laporan hasil observasi, mekanisme kompleks baik melalui mulut maupun tulisan

- Mengevaluasi eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks menurut kaidah-kaidah teks baik melalui mulut maupun tulisan

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan

- Menginterpretasi makna eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks baik secara mulut maupun tulisan

- Memproduksi eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik secara mulut maupun tulisan

- Menyunting eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara mulut maupun tulisan

- Mengabstraksi eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks baik secara mulut maupun tulisan

- Mengonversi eksposisi, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks ke dalam bentuk lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara mulut maupun tulisan

Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya 

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapat file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:

KKM Bahasa Indonesia SMA-MA Kelas X Kurikulum 2013

Semoga sebaran bahan terkait manajemen guru ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!

0 comments