Soal USBN Bahasa Indonesia SD MI Tahun 2018 2019 (dan Kunci Jawaban – Pembahasan). Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi pelajaran yang sangat penting di sekolah. Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia yaitu semoga siswa mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta sanggup menghayati bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan situasi dan tujuan berbahasa serta tingkat pengalaman siswa sekolah dasar. Akhadiah dkk. (1991: 1).
Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa yaitu untuk berbagi kemampuan berbahasa Indonesia sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, sedangkan bagi guru yaitu untuk berbagi potensi bahasa Indonesia siswa, serta lebih sanggup bangun diatas kaki sendiri dalam memilih materi asuh kebahasaan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan siswa.
Saat ini Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah dasar sampai sekolah menengah atas.Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut : 1: Mendengarkan; 2) Berbicara 3) Membaca: 4. Menulis.
Selain sebagai mata pelajaran wajib mata pelajaran Bahasa Indonesia Juga termasuk salah satu mata pelajaran yang di-USBN-kan atau pelaksanaan ujian termasuk kelompok Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sebagai salah satu mata pelajaran wajib, tentunya nilai mata pelajaran ini kuat terhadap kelulusan siswa dari sekolah.
Untuk membantu siswa dalam menghadapi Soal USBN Bahasa Indonesia SD MI Tahun 2019 berikut ini admin pola Latihan soal dan pembahasan Soal USBN Bahasa Indonesia SD MI Tahun 2018. Semoga dengan mempelajari Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SD MI Tahun 2019 yang sudah terang disusun sesuai kisi-kisi USBN Bahasa Indonesia SD tahun 2018/2019 ini akan membantu para siswa SD – MI dalam menghadapi USBN tahun 2018/2019 yang akan datang.
Berikut ini Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SD MI Tahun 2018-2019 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN Bahasa Indonesia SD Tahun 2018.
Link Download Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SD MI Tahun 2018-2019 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN Bahasa Indonesia SD Tahun 2018 ----disini--
Berikut Pembahasan atau Kunci Jawaban Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SD MI Tahun 2018-2019 yang diambil dari Naskah Soal Asli USBN Bahasa Indonesia SD Tahun 2018.
PEMBAHASAN USBN BAHASA INDONESIA SD – MI TAHUN 2018
1. Jawaban B (Lihat kalimat pertama)
2. Jawaban D (Antonim merupakan lawan kata)
3. Jawaban B (Cara membersihkan sekolah dijelaskan pada kalimat ke-3)
4. Jawaban D (Hal yang sesuai dengan paragraf ditunjukkan pada kalimat ke-3)
5. Jawaban D (Tidak padu / tidak sesuai dengan paragraf ditunjukkan pada kalimat terakhir. Pada awalnya menceritakan tentang lomba cepat tepat tetapi pada kalimat terakhir menceritakan perihal memainkan catur)
6. Jawaban D (Menceritakan tentang pengalaman menjadi dokter gigi)
7. Jawaban D (Pernyataan yang sesuai harus merujuk pada kalimat iklan)
8. Jawaban C (Melibatkan observasi panca indra)
9. Jawaban A (Kesimpulan paragraf sama dengan inti dari paragraf
10. Jawaban C
11. Jawaban A (Anggun 5 lebih rendah dari budi = 70, Cinta sama dengan rata-rata = 80, dan Indah 5 lebih tinggi dari rata-rata = 85)
12. Jawaban D (Pernyaataan ini sesuai dengan kalimat ke-3)
13. Jawaban A (Latar waktu ditunjukkan pada paragraf terakhir kalimat terakhir. Sinar matahari dari ufuk timur yang berarti pagi hari)
14. Jawaban A
15. Jawaban A
16. Jawaban B
17. Jawaban C (Kesimpulan dari teks yang paling sesuai)
18. Jawaban B
19. Jawaban D (Konfliks merupakan titik puncak cerita)
20. Jawaban D
21. Jawaban D
22. Jawaban B (Semangat untuk pengalaman yang pertama)
23. Jawaban D
24. Jawaban B (Konsleting merupakan hubungan arus pendek pada listrik)
25. Jawaban B (Prestasi berkaitan akrab dengan juara)
26. Jawaban C
Air dengan minyak => tidak pernah akur Air di daun t alas => dalam keadaan genting
Air tenang menghanyutkan => orang yang tidak banyak berulah biasanya bisa mengerjakan
Air beriak tanda tak dalam => orang yang banyak tingkah biasanya terbelakang
27. Jawaban B (Cari bagian awal yang tepat, bila kesulitan cari bab selesai yang tepat)
28. Jawaban A (Kalimat pertama yang tepat dalam pidato yaitu kalimat syukur)
29. Jawaban C (Perhatikan keterkaitan antar kalimat)
30. Jawaban C (Dimulai dari kalimat yang lebih umum dan diakhiri dengan kalimat yang lebih khusus)
31. Jawaban A
32. Jawaban D (Kata yang tepat harus sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia)
33. Jawaban B (Penulisan kata sepak bola harus dipisah)
34. Jawaban C (Penulisan kalimat langsung yang benar memakai tanda koma, dan kalimat perintah diakhiri dengan tanda seru)
35. Jawaban B (Fotocopy merupakan kata yang tidak baku, kata baku yang tepat yaitu fotokopi)
36. Jawaban C (Kalimat langsung)
37. Jawaban D (Nama negara dan nama provinsi harus memakai karakter capital)
38. Jawaban A (Kata baku yang tepat yaitu sekadarnya, bentuk tidak bakunya yaitu sekedarnya)
39. Jawaban A
40. Jawaban D
41. (Pertanyaannya tidak jelas)
42. Kesalahan penggunaan kata baku diantaranya rellief (seharusnya relief), cinderamata (seharusnya cenderamata), mempesona (seharusnya memesona, awalan k, p, t, s akan luluh bila menerima awalan meng-) Capai merupakan kata baku yang mempunyai arti lelah
43. 4 – 1 – 3 – 2 – 5
44. Nino melihat adiknya tertawa.
45. “Anak-anak, amati dan catatlah pertumbuhan biji kacang hijau secara kelompok!” kata Bu Sinta.
“Ya Bu, berapa hari kami harus mengamatinya Bu?” Tanya Udin.
“Kalian harus mengamatinya selama satu minggu,” jawab Bu Sinta.
Demikian informasi perihal Latihan Soal dan Pembahasan USBN Bahasa Indonesia SD – MI Tahun 2018-2019. Semoga bermanfaat dalam membatu persiapan siswa SD/MI dalam menghadapi USBN yang sebentar lagi akan dilaksanakan.
0 comments