Silabus dan RPP Untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas BIOLOGI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019 |
Perencanaan termasuk di dalam RPP selalu memiliki arah yang hendak dicapai yaitu tujuan yang harus dirumuskan dalam bentuk sasaran yang terperinci dan terukur. Strategi untuk mencapai tujuan berkaitan dengan penetapan keputusan yang harus dilakukan oleh seorang perencana. Penetapan sumber daya yang sanggup mendukung diharapkan untuk mencapai tujuan meliputi penetapan sarana dan prasarana yang diperlukan, anggaran biaya dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Implementasi yakni pelaksanaan dari taktik dan penetapan sumber daya.
RPP disebut juga Perangkat Pembelajaran. RPP Untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas BIOLOGI Kurikulum 2013 yakni perangkat pembelajaran bagi guru SD / MI pada kelas yang bersangkutan. Adapun yang dimaksud Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat yakni alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran yakni proses atau cara menyebabkan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran yakni alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan akseptor didik melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 wacana Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bab dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.
Lalu apa tujuan dan fungsi RPP. Tujuan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) yakni untuk : 1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses berguru mengajar; 2) dengan menyusun planning pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan bisa melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi acara pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
Sedangkan, fungsi RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) yakni sebagai contoh bagi guru untuk melaksanakan kegiatan berguru mengajar ( kegiatan pembelajaran ) semoga lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain planning pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh alasannya yakni itu, planning pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes ( fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya. Kaprikornus tujuan RPP Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 yakni sebagian contoh bagi guru SD Kelas 1 dalam melaksanakan kegiatan berguru mengajar.
Bagimana cara menyusun RPP atau lebih khususnya cara menyusun RPP Untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas BIOLOGI Kurikulum 2013 ? Penyusunan RPP harus mengacu pada Komponen dan sistematika RPP yang berlaku. Komponen dan sistematika RPP berikut mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Adapun Komponen RPP SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2018 mengacu kepada Permendikbud Nomor 22 yakni sebagai berikut
- identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
- kelas/semester;
- materi pokok;
- alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
- kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
- materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga akseptor didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;
- media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran;
- sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan;
- langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- enilaian hasil pembelajaran.
1. Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik. Sebagai contoh guru menggunakan secara bergantian penayangan video klip, poster, acara fisik, dramatisasi atau bermain tugas sebagai teknik pembelajaran alasannya yakni gaya berguru setiap siswa berbeda-beda.2. Berpusat pada akseptor didik
Guru yang menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik pertama-tama memperlakukan siswa sebagai subyek didik atau pembelajar. Dilihat dari udut pandang akseptor didik, guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau birokrat. Guru bertindak sebagai pembimbing, pendamping, fasilitator, sahabat, atau abang/kakak bagi peserta didik terutama dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni kompetensi peserta didik. Oleh karena itu guru seyogyanya merancang proses pembelajaran yang mampu mendorong, memotivasi, menumbuhkan minat dan kreativitas peserta didik. Hak ini dapat berjalan kalau seorang guru mengenal secara langsung siapa (saja) siswanya, apa mimpi-mimpinya, apa kegelisahannya, passion-nya, dan sebagainya.3. Berbasis konteks
Pembelajaran berbasis konteks dapat terwujud apabila guru bisa mengidentifikasi dan memanfaatkan banyak sekali sumber berguru lokal (setempat), guru mengenal situasi dan kondisi sosial ekonomi peserta didik, mengenal dan mengedepankan budaya atau nilai-nilai kearifan lokal, tanpa kehilangan wawasan global. Sebagai contoh nilai gotong royong di Jawa atau pela gandong di Maluku dapat dijadikan inspirasi mengembangkan proses dan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran juga sanggup dimulai dari apa yang sudah diketahui oleh peserta didik sesuai dengan konteksnya dan gres pada konteks yang lebih luas.4. Berorientasi kekinian
Ini adalah pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.Guru yang berorientasi kekinian yakni guru yang “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan sebaiknya well informed, selalu meng-update dan meng-up grade ilmu pengetahuan yang menjadi bidangnya, termasuk teori-teori dan praktik baik di bidang pendidikan/pembelajaran. Dengan demikian rancangan pembelajaran yang dikembangkan guru dapat menjadi inspirasi bagi siswa dana abagi guru-uru yang lain.5. Mengembangkan kemandirian belajar
Guru yang mengembangkan kemandirian berguru (siswa) selalu akan berusaha semoga pada kesannya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri. Di samping itu guru tersebut juga selalu mendorong keberanian siswa untuk memilih tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yang ingin diketahui, memanfaatkan banyak sekali sumber belajar, dan bisa menjalin kerja sama, berkolaborasi dengan siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam planning kegiatan pembelajaran siswa.6. Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.7. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/ atau antarmuatan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.8. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Kegiatan pembelajaran dalam RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Sebagai contoh ketika guru menugasi siswa mengeksplorasi sumber-sumber pengetahuan lewat internet, guru harus bisa menunjukkan kepada siswa alamat situs-situs web atau tautan (link) yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan bertanggungjawab.Sudahkan Bapak/Ibu guru 10,11,12 Sekolah Menengan Atas BIOLOGI Kurikulum 2013 . Jika belum berikut ini kumpulan Link download 10,11,12 Sekolah Menengan Atas BIOLOGI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019 . Silahkan dimanfaatkan sebagai dokumen awal untuk Bapak/Ibu sesuaikan dengan keterampilan Bapak/Ibu, Kondisi sekolah Bapak/Ibu dan lainnya.
Silabus dan RPP Untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas BIOLOGI
Silabus dan RPP Untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas BIOLOGI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
1 | Silabus kurikulum 2013 biologi Sekolah Menengan Atas kelas X Revisi 2016,2017,2018,2019 | Aktif | Unduh |
2 | Silabus kurikulum 2013 biologi Sekolah Menengan Atas kelas XI Revisi 2016,2017,2018,2019 | Aktif | Unduh |
3 | Silabus kurikulum 2013 biologi Sekolah Menengan Atas kelas XII Revisi 2016,2017,2018,2019 | Aktif | Unduh |
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Silabus dan RPP Untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas BIOLOGI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019 ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- silabus BIOLOGI sma kelas xi kurikulum 2013 pdf
- silabus kurikulum 2013 sma revisi 2017
- silabus sma kurikulum 2013 revisi 2017 pdf
- rpp kurikulum 2013 sma BIOLOGI
- silabus BIOLOGI sma kurikulum 2013 pdf
- rpp sma kurikulum 2013 revisi 2017
- silabus BIOLOGI sma kurikulum 2013 revisi 2017 pdf
- silabus BIOLOGI sma kurikulum 2013 revisi 2017 pdf
0 comments